Main Article Content

Abstract

Satu sistem informasi pemantauan perbaikan gangguan telepon telah dibangun. Sistem informasi ini berguna untuk memvisualkan data pelanggan telepon yang mengalami gangguan telepon. Sistem informasi ini mampu menjawab persoalan utama gangguan telepon, yaitu siapa yang mengalami gangguan, dimana alamat pelanggan yang mengalami gangguan, apa jenis gangguan yang dialami oleh pelanggan dan dari DP mana telepon tersebut dicatu. Metodologi rekayasa perangkat lunak waterfall digunakan dalam kajian ini. Waterfall ini terdiri dari tahapan analisis, perancangan, implementasi dan pengujian. Sistem dirancang untuk dapat membantu penyelesaian persoalan utama gangguan telepon. Setelah dirancang, sistem informasi ini diimplementasikan dengan menggunakan Ms Visual Basic, MapInfo, Foxpro dan SMS gateway. Wilayah yang dijadikan objek kajian adalah Padang Baru Timur Kelurahan Alai Parak Kopi Kota Padang. Data dikumpulkan melalui dua cara yaitu secara langsung ke lapangan dan meminta ke PT. Telkom Kota Padang Sumbar. Untuk menunjukkan kesesuaian sistem informasi ini dengan keperluan pemakai, sistem informasi ini diuji sesuai dengan persoalan utama gangguan telepon. Dari hasil pengujian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa sistem informasi ini telah sesuai dengan keperluan pemakai.

 

Kata kunci : Data pelanggan, SMS gateway, Gangguan telepon dan Pemantauan perbaikan, Petunjuk penulisan, makalah, Seminar Nasional Teknoin 2008..

Article Details