Main Article Content

Abstract

Carbon black merupakan bahan pengisi atau filler yang kerap digunakan dalam pembuatan kompon karet pada bantalan dermaga. Perusahaan selalu menggunakan carbon black N330 sebanyak 55 Phr pada produknya. Penelitian ini melakukan pengujian apakah dosis yang biasa ditambahkan merupakan dosis terbaik berdasar hasil pengujian fisis karet. Selanjutnya, penelitian ini memodelkan pengaruh penambahan carbon black terhadap performansi uji fisis sekaligus mencari titik optimumnya. Pengujian yang dilakukan yaitu uji kekuatan tarik atau tensile strength, uji ketahanan sobek dan uji kekerasan. Hasil pengujian menunjukkan semakin bertambahnya bahan pengisi carbon black maka nilai uji kekuatan tarik, ketahanan sobek dan kekerasan akan meningkat. Akan tetapi setelah titik tertentu, penambahan carbon black membuat kekuatan tarik dan ketahanan sobek menurun. Penelitian ini menghasilkan model matematis dan nilai optimal uji kekuatan tarik dan ketahanan sobek berdasarkan model. Sedangkan uji perpanjangan putus menunjukkan bahwa semakin bertambahnya bahan pengisi carbon black akan menurunkan nilai dari perpanjangan putus. Dengan menggunakan penelitian ini, perusahaan dapat menentukan jumlah carbon black yang optimum.

Article Details

How to Cite
SENO WULUNG, R. B., & Prasetyo, B. D. (2023). Optimisasi Penggunaan Carbon Black Pada Bantalan Dermaga dengan Mempertimbangkan Sifat Fisis Produk. INDONESIAN JOURNAL OF CHEMICAL RESEARCH, 8(1). https://doi.org/10.20885/ijcr.vol8.iss1.art8