Main Article Content

Abstract

Beragam bahan kimia berbahaya digunakan dalam kegiatan di laboratorium. limbah laboratorium memiliki kekhususan sebab biasanya jumlah limbah tidak banyak namun memiliki keragaman yang sangat tinggi. Jenis bahan yang digunakan dapat berubah dari waktu ke waktu bergantung aktivitas dalam laboratorium tersebut. Telah dilakukan penelitian tentang pengolahan penurunan kadar limbah laboratorium dasar PPSDM CEPU dengan menggunakan serbuk eceng gondok. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan dosis dengan variasi dosis serbuk eceng gondok (Eichornia crassipes) yang tepat dalam proses pengolahan penurunan kadar limbah lab. Parameter uji yang diamati adalah Cd, Cr dan Pb dengan menggunakan metode analisis AAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektifitas penurunan kadar konsentrasi limbah labolatorium dasar PPSDM CEPU  pada dosis serbuk 0,45 gram.

Keywords

Limbah Cd Cr Pb Eceng gondok

Article Details

How to Cite
Herianto, R., & Kurniawan, M. (2018). Analisis Penurunan Kadar Cr, Cd DAN Pb Limbah Laboratorium Dasar PPSDM Migas Cepu Dengan Adsorpsi Serbuk Eceng Gondok (Eichornia crassipes). INDONESIAN JOURNAL OF CHEMICAL RESEARCH (IJCR), 3(1), 40–46. https://doi.org/10.20885/ijcr.vol2.art1.art5

References

  1. Darmono, 2010, Lingkungan Hidup dan Pencemaran, Hubungannya dengan Toksikologi Senyawa Logam. Universitas Indonesia (UI-Press), Jakarta.
  2. Syahrul M. 1998. Pengaruh Waktu dan pH Terhadap Pengikatan Logam Berat Cd, Hg, dan Pb Oleh Eceng gondok (Eichornia crassipes). Disertasi IPB-UH.
  3. Fardiaz Srikandi. 2003. Polusi Air dan Udara. Kanisius. Bogor
  4. Hasim. 2003. Eceng Gongok Pembersih Polutan Logam Berat. Kompas dalamkolom Inspirasi. Jakarta.
  5. Nugraheni P, Trihadaningrum, Y., Pengaruh Sifat Payau Dan Kesadahan Sumber Air oleh Eceng gondok. Jurnal Kimia Lingkungan. Vol.3, No.2, 2002.