Author Guidelines

AUTHOR GUIDELINES

UNILIB JURNAL PERPUSTAKAAN

 

  1. Naskah berupa hasil penelitian, kajian kritis atau analisis teori, ulasan literature dalam bidang PUSDOKINFO yang belum pernah diterbitkan ditempat lain.
  2. Judul menggambarkan masalah yang dibahas dalam bentuk frase dengan jumlah maksimal 17 kata, ditulis dalam huruf capital dengan font Times New Roman 13,5 (Blod).
  3. Nama penulis dilengkapi nama lembaga, alamat lembaga tempat bekerja, e-mail penulis (diutamakan e-mail dari lembaga) dan nomor HP dengan font Times New Roman 12.
  4. Panjang abstrak antara 150 – 250 kata yang ditulis 1 spasi yang terdiri dari : (1) latar belakang, tujuan dan manfaat penelitian, (2) metode yang digunakan, (3) analisa data, (4) hasil pembahasan dan penutup dilengkapi dengan 3-7 kata kunci dengan font Times New roman 11.
  5. Latar belakang harus memberikan gambaran yang jelas tentang topic bahasan berdasarkan pandangan penulis yang didukung teori atau aparatur konseptual. Paparan tersebut dilanjutkan berupa alasan mengapa topik ini menarik dalam kerangka masalah yang akan dibahas. Masalah-masalah ini kolaborasi melalui fakta dan data yang dimiliki, lalu dikaitkan dengan pemilihan suatu lokasi atau media sebagai obyek. Terakhir, masalah – masalah lengkap sebelumnya du\irumuskan dalam kaitannya dengan lokasi kajian konseptual yang solutif (maksimal 500 kata).
  6. Kajian literature memuat teori konseptual yang betul – betul digunakan penulis dalam membaca fenomena atau obyek kajian (maksimal 500 kata).
  7. Metode dijelaskan secara singkat yang meliputi jenis dan pendekatan subyek dan obyek teknis pengumpulan data dan validasi dan analisis data (maksimal 300 kata)
  8. Hasil dan pembahasan dijelaskan disertai dengan ilustrasi berupa grafik, tabel, bagan atau sejenisnya untuk mempermudah dan menjelaskan hasil temuan.
  9. Penutup berisi kesimpulan saran dan ucapan terima kasih kepada pihak – pihak yang terlibat dalam hal bantuan financial ataupun pemikiran terhadap tulisan ini (maksimal 500 kata).
  10. Penulisan naskah ditulis 1,5 spasi dan ukuran front 12, atas 4,4,3,3 rata kanan dan kiri kecuali yang sudah ada ketentuan seperti judul dan abstrak , heading, dan nama penulis. Judul dan subjudul, dimulai dengan “I. Pendahuluan”, “1. Sub judul”, “a. Sub-sub judul” muncul dalam huruf besar dan kecil serta diatur dalam huruf tebal dan rata kiri. Mulai dari pendahuluan sampai pada ucapan terima kasih (persatuan).
  11. Semua kutipan dalam teks harus tertera dalam referensi.
  12. Gaya referensi menggunakan Mendeley dengan gaya APA 6 yang terdiri dari 80% primer dan 20% sekunder sepuluh tahun terakhir. Hanya nama yang terdapat pada kutipan teks yang tertulis dalam daftar referensi secara berurutan.