Main Article Content

Abstract

Kecenderungan penurunan jumlah pengunjung Pasar Gede Hardjonagoro akan sangat mempengaruhi pendapatan pendagang. Namun penurunan kunjungan konsumen tidak dirasakan oleh pedagang jajanan pasar dan oleh-oleh khas Surakarta, hal ini disebabkan adanya peningkatan kunjungan konsumen luar kota yang berwisata ke Kota Surakarta.  Los dawet telasih dan los lenjongan dipilih dalam penelitian karena dua obyek tersebut menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang berkunjung ke Pasar Gede Hardjonagoro. Penelitian ini akan membahas pendekatan Kansei Engineering untuk mendapatkan desain konsep visual los dawet telasih dan los lenjongan sesuai harapan konsumen. Tahapan proses penelitiannya dengan menggali emosi dan perasaan konsumen terhadap situasi riil yang ada. Hasil persepsi konsumen disintesakan ke dalam elemen-elemen desain dan disurveykan ke dalam bentuk pilihan konsep desain. Elemen-elemen desain digabungkan dalam bentuk desain awal yang akan disurveykan kembali dan dikonsultasikan dengan stakeholder terkait. Hasil dari penelitian adalah konsep desain akhir secara visual beserta elemen-elemen desain penyusunnya yang menarik sebagai media promosi bagi Pasar Gede Hardjonagoro.

Keywords

desain visual kansei desain los pasar kansei engineering

Article Details