Main Article Content
Abstract
Kecenderungan penurunan jumlah pengunjung Pasar Gede Hardjonagoro akan sangat mempengaruhi pendapatan pendagang. Namun penurunan kunjungan konsumen tidak dirasakan oleh pedagang jajanan pasar dan oleh-oleh khas Surakarta, hal ini disebabkan adanya peningkatan kunjungan konsumen luar kota yang berwisata ke Kota Surakarta. Los dawet telasih dan los lenjongan dipilih dalam penelitian karena dua obyek tersebut menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang berkunjung ke Pasar Gede Hardjonagoro. Penelitian ini akan membahas pendekatan Kansei Engineering untuk mendapatkan desain konsep visual los dawet telasih dan los lenjongan sesuai harapan konsumen. Tahapan proses penelitiannya dengan menggali emosi dan perasaan konsumen terhadap situasi riil yang ada. Hasil persepsi konsumen disintesakan ke dalam elemen-elemen desain dan disurveykan ke dalam bentuk pilihan konsep desain. Elemen-elemen desain digabungkan dalam bentuk desain awal yang akan disurveykan kembali dan dikonsultasikan dengan stakeholder terkait. Hasil dari penelitian adalah konsep desain akhir secara visual beserta elemen-elemen desain penyusunnya yang menarik sebagai media promosi bagi Pasar Gede Hardjonagoro.
Keywords
desain visual kansei
desain los pasar
kansei engineering
Article Details
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).