Main Article Content

Abstract

Penelitian ini berfokus terhadap keinginan dan kebutuhan konsumen pada baju seragam TK, untuk meningkatkan penjualan yang berarti pula meningkatkan omzet perusahaan. Penelitian ini dilaksanakan melalui beberapa tahap dengan jenis produk yang dipilih sebagai objek penelitian adalah baju seragam TK. Pertama, atribut kualitas baju seragam TK diidentifikasi. Kedua, tingkat penting atribut kualitas baju seragam TK tersebut dicari dengan kuesioner. Ketiga, atribut kualitas baju seragam TK tersebut dikelompokkan ke dalam klasifikasi atribut kualitas Model Kano, dan Keempat hasil pengelompokkan Model Kano tersebut yang digunakan sebagai kebutuhan konsumen dalam pembuatan rumah kualitas pada QFD. Penelitian ini memberikan beberapa hasil, Pertama, terdapat enam dimensi atribut produk yaitu (1) estetika, (2) fitur, (3) kinerja, (4) kehandalan, (5) kesan kualitas, (6) ketahanan. Kedua, survei Model Kano tersebut menunjukkan bahwa dari 20 atribut yang telah disebarkan, terdapat 10 atribut yang masuk dalam kategori attractive, 9 atribut kategori indifferent dan 1 kategori one dimensional. Ketiga, atribut kualitas yang masuk dalam attractive dan one dimensional inilah yang dikembangkan untuk mendapatkan baju seragam TK yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.

Article Details

Author Biographies

Isywana Yupie Damayanti, Institut Sains & Teknologi AKPRIND

Industrial Engineering 

Endang Widuri Asih, Institut Sains & Teknologi AKPRIND

Industrial Engineering 

References

  1. Andanari, R., Kahdar, K., & Riyadi, S. (2019). Standardisasi Desain Seragam Sekolah Siswa Taman Kanak-Kanak. Jurnal Sosioteknologi, 18(3), 422–432. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2019.18.3.9

  2. Ardiyanto, F., Widodo, I. D., & Mansur, A. (2018). Perancangan Produk Bed Terapi Multi Fungsi untuk Terapi Fisik dengan Metode Kano. Jurnal Teknika Atw, 20(September), 19–27.

  3. Berger, C., Blauth, R., & Boger, D. (1993). Kano’s Methods for Understanding Customer-Defined Quality. Center for Quality Management Journal, 2(4), 3–36.

  4. Budiman, T. A., Aviasti, & Nasution, A. (2018). Perancangan dan Pengembangan Pakaian Anak dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD) di CV. Mustika Sari. Prosiding Teknik Industri, 4(2), 528–534.

  5. Decathlon_Indonesia. (2020). Bagaimana Memilih Ukuran dengan Benar. 2020. https://www.decathlon.co.id/

  6. Isawega, N., Pusporini, P., & Andesta, D. (2020). Penerapan Metode Quality Function Deployment pada Kualitas Produk Songkok. JUSTI (Jurnal Sistem Dan Teknik Industri), 1(1), 1–10. https://doi.org/10.30587/justicb.v1i1.2026

  7. Jatiningrum, W. S., & Mastrisiswadi, H. (2017). Studi Preferensi Konsumen terhadap Produk Sepatu Gunung. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 16(2), 164–170. https://doi.org/10.23917/jiti.v16i2.5250

  8. Kasan, A., & Yohanes, A. (2017). Improvement Produk Hammock Sleeping Bag dengan Metode QFD (Quality Function Deployment). Jurnal Dinamika Teknik, 10(1), 40–49.

  9. Lukman, M., & Wulandari, W. (2018). Peningkatan Kualitas Produk Cokelat dengan Integrasi Metode Kano dan QFD. Jurnal Teknik Industri, 19(2), 190. https://doi.org/10.22219/jtiumm.vol19.no2.190-204

  10. Mastrisiswadi, H., Izzhati, D. N., Jazuli, & Setyaningrum, R. (2018). Analisis Preferensi Konsumen terhadap Kemasan Ikan Asap dengan Menggunakan Metode Kano. Simposium Nasional RAPI XVII – 2018 FT UMS, 82–88. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/10628

  11. Nurjannah, A., & Purnomo, H. (2018). Rancangan Desain Produk Setrika Pegas Menggunakan Metode Kano. Teknik, 39(1), 9–15. https://doi.org/10.14710/teknik.v39i1.13495

  12. Orshella, D. D., & Asmoro, F. I. W. (2019). Penerapan QFD dan DFA pada Perancangan Produk Tas Laptop Multifungsi. Jurnal Media Teknik Dan Sistem Industri, 3(1), 22–29.

  13. Prabowo, R., & Zoelangga, M. I. (2019). Pengembangan Produk Power Charger Portable dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD). Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 8(1), 55–62. https://doi.org/10.26593/jrsi.v8i1.3187.55-62

  14. Rahmat, A. S. (2015). Peningkatan Mutu Produk Mochi Lampion Kaswari Sukabumi dengan Metode QFD. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.24912/jitiuntar.v3i1.504

  15. Sabit, M. I., Purba, R. D. A., Khairunisa, A., Fadhilah, N. A., & Mukarromah, N. R. (2018). Analisis Perancangan dan Pengembangan Inovasi Tas Multifungsi Menggunakan Integrasi Metode Kano Model dan Analytic Hierarchy Process. Seminar Nasional IENACO - 2018, 54–61. https://doi.org/10.4135/9781446251119.n3

  16. Sanusi, Bora, M. A., & Bayu.A. (2016). Pengembangan Kemasan Produk Khansa Pizza Untuk Meningkatkan Penjualan dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD). Seminar LIS, 69–78.

  17. Witell, L., & Löfgren, M. (2007). Classification of Quality Attributes. Managing Service Quality, 17(1), 54–73. https://doi.org/10.1108/09604520710720674