Main Article Content

Abstract

Pelepah bambu merupakan salah satu bagian dari pohon bambu yang belum dimanfaatkan oleh manusia. Pada penelitian kali ini dilakukan proses pencetakan produk berupa pelepah batang bambu yang dicetak menjadi produk piring kue dengan metode press hidrolik menggunakan dongkrak botol yang diberi manometer. Cetakan yang digunakan berbahan dasar aluminium alloy dan frame berupa alloy steel. Pemanas yang digunakan pada penelitian ini berupa kompor yang dibuat menjadi otomatis untuk menahan suhu pada cetakan pada rentang suhu 150-170°C. Microcontroller yang digunakan berupa arduino uno. Percobaan yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan beberapa variasi untuk mendapatkan hasil produk yang terbaik. Parameter yang digunakan adalah posisi pengepresan dan perekatan dua pelepah secara sejajar, pengepresan dan perekatan dua pelepah dengan posisi tegak lurus, pengepresan dengan posisi tegak lurus serta pendinginan diberi beban 1,5 kg, dan pengepresan dengan posisi sejajar serta pendinginan diberi beban 1,5 kg. Parameter yang diseragamkan adalah durasi lama waktu pengepresan yaitu 5 menit, durasi perebusan pelepah dengan air mendidih untuk memudahkan pembentukan pelepah bambu selama 5 menit, tekanan sebesar 800 kPa dengan lama suhu pengepresan antara 150-170°C. Pada proses pencetakan piring kue berbahan pelepah bambu dipilih metode menggunakan tekanan pada hidrolik sebesar 800 kPa, dengan rentang suhu 150-170°C. Ketika proses pendinginan dilakukan proses penimpaan produk sehingga produk tidak mengalami perubahan bentuk (melengkung).

Article Details

References

  1. Arfinda B. (2020). Perancangan Alat Pencetak Piring Berbahan Pelepah Pinang Menggunakan Metode Verein Deutsche Ingenieure VDI 2222. Pekanbaru: Penerbit UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

  2. Gusmailina. (2012). Kenali Manfaat Dan Khasiat Bambu. Pusat Litbang Keteknikan Kehutanan dan Pengolahan Hasil Hutan Bogor. 

  3. Hafids, Yernisa. (2020). Pengembangan Alat Pencetak Piring Pelepah Pinang( Areca catechu L, ) Dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment. JRPB, Vol. 8, No. 2., 236-243

  4.  

  5. Harsokoesoemo, H. D. (2004). Pengantar Perancangan Teknik. Institut Teknologi Bandung: Bandung.

  6. Husaina, I., Alalyanib, M., dan Hanga, A. H. (2015). Disposable plastic food container and its impacts on health. The Journal of Energy and Environmental Science, 130(12), 618–623.

  7. Mainaki R., Maliki, R. Z. (2020). Pemanfaatan Keanekaragaman Bambu Secara Hidrologis, Ekonomis, Sosial Dan Pertahanan. Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi Volume 4 Nomor 1 Juni 2020

  8. Martinus. (2023). Rekayasa Pembuatan Piring Sekali Pakai Berbahan Dasar Daun. Fakultas Pertanian Universitas Lampung.

  9. Muhtar D.F., Sinyo Y., Ahmad H. (2017). Pemanfaatan tumbuhan bambu oleh masyarakat di kecamatan Oba Utara kota Tidore Kepulauan. Jurnal. Saintifik@ MIPA. Vol 1 (1)

  10. Ramli I, Syafriandi, Ratna, Achmad A. (2022) Rancang Bangun Dan Pengujian Alat Hot Press Pelepah Pinang Sebagai Kemasan Di Desa Lamtamot Aceh Besar. Prosiding KOPEMAS, Universitas Negeri Malang. Vol 3.

  11. Sokop, S.J., Mamahit, D.J. Sompie, S.R.U.A. (2016) Trainer Periferal Antarmuka Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno. E-Journal Teknik Elektro dan Komputer vol.5 no.3 (2016),

  12. Tika K., Herawatiningsih R., Sisillia L. (2020) Identifikasi Jenis Bambu yang dimanfaatkan di hutan Tembawang dusun Tekalong desa Setia Jaya kecamatan Teriak kabupaten Bengkayang. JURNAL HUTAN LESTARI (2020) Vol. 8 (4): 747 – 758