Main Article Content
Abstract
Departemen Engineering adalah departemen yang sangat penting dalam PT. XYZ, karena departemen ini merupakan blue print facility yang mengemudikan operasional perusahaan. Namun, kinerja departemen ini belum pernah diukur dengan metode apapun. Penelitian ini menggunakan Balance Scorecard yang terdiri dari 4 aspek, yaitu aspek keuangan, pelanggan, pembelajaran dan pertumbuhan, dan proses bisnis internal untuk mengukur kinerja departemen engineering. Hasilnya: 1) Aspek keuangan memiliki sistem yang baik; 2) Perspektif pelanggan dianalisis menggunakan tingkat kepuasan pelanggan di mana 53,85% tidak puas; 3) Pembelajaran dan pertumbuhan dianalisis menggunakan survei kepuasan karyawan dan menunjukkan bahwa 50% puas; dan 4) Proses bisnis internal menunjukkan bahwa 66,67% dari total proyek selama tahun yang diamati telah tercapai.
Article Details
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).