THE DETERMINATION OF VEGETABLE PRICING IN THE SUPERMARKET IN YOGYAKARTA

Suci Miranda, Nur Aini Masruroh

Abstract

Penelitian ini menjelaskan faktor - faktor yang mempengaruhi penentuan harga sayuran di supermarket di Yogyakarta. Diketahui bahwa harga sayuran di supermarket merupakan penjumlahan dari harga sayuran supplier dan mark up dari harga supplier tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga supplier merupakan salah satu variabel yang berpengaruh secara langsung terhadap harga sayuran di supermarket. Faktor - faktor yang mempengaruhi besaran mark up merupakan data kualitatifberdasarkan hasil wawancara dengan supplier dan survery di supermarket: segmentasi konsumen, pengaruh harga pasar, pengaruh harga impor, dan packaging. Hasil PCA memberikan  informasi variabel penting  terhadap besaran mark up harga sayuran  yaitu Pengaruh Harga Pasar, Pengaruh Harga Impor, dan Packaging. Ketiga variabel ini berkorelasi tinggi baik terhadap mark up maupun harga sayuran di supermarket. Segmentasi Pasar tidak berkorelasi secara signifikan terhadap besaran mark up dan harga sayuran di supermarket. Terakhir, dengan menggunakan Partial Least Squares (PLS) dibangun model matematis penentuan harga sayuran di supermarket. Model 1 dengan 25 data dan Model 2 dengan 14 data sayuran. Y sebagai mark up, dan X adalah variabel Segmentasi Konsumen, Pengaruh Harga Pasar, Pengaruh Harga Impor, dan Packaging. Diberikan contoh perhitungan harga sayuran di supermarket menggunakan model yang dibangun.

Full Text:

PDF


Copyright (c) 2016 Jurnal Teknoin



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.