Main Article Content
Abstract
Penelitian ini menjelaskan faktor - faktor yang mempengaruhi penentuan harga sayuran di supermarket di Yogyakarta. Diketahui bahwa harga sayuran di supermarket merupakan penjumlahan dari harga sayuran supplier dan mark up dari harga supplier tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga supplier merupakan salah satu variabel yang berpengaruh secara langsung terhadap harga sayuran di supermarket. Faktor - faktor yang mempengaruhi besaran mark up merupakan data kualitatifberdasarkan hasil wawancara dengan supplier dan survery di supermarket: segmentasi konsumen, pengaruh harga pasar, pengaruh harga impor, dan packaging. Hasil PCA memberikan informasi variabel penting terhadap besaran mark up harga sayuran yaitu Pengaruh Harga Pasar, Pengaruh Harga Impor, dan Packaging. Ketiga variabel ini berkorelasi tinggi baik terhadap mark up maupun harga sayuran di supermarket. Segmentasi Pasar tidak berkorelasi secara signifikan terhadap besaran mark up dan harga sayuran di supermarket. Terakhir, dengan menggunakan Partial Least Squares (PLS) dibangun model matematis penentuan harga sayuran di supermarket. Model 1 dengan 25 data dan Model 2 dengan 14 data sayuran. Y sebagai mark up, dan X adalah variabel Segmentasi Konsumen, Pengaruh Harga Pasar, Pengaruh Harga Impor, dan Packaging. Diberikan contoh perhitungan harga sayuran di supermarket menggunakan model yang dibangun.
Article Details
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).