Main Article Content
Abstract
Dengan lebih dari 200 juta penduduk, Indonesia memiliki potensi besar dalam sumber daya manusia, namun pendidikan masih menjadi polemik di negeri ini. Ketimpangan pelayanan pendidikan adalah salah satu dari banyak masalah yang menjadi polemik antar wilayah. Dalam banyak kesempatan, banyak yang mengatakan bahwa Pulau Jawa memiliki infrastruktur yang jauh lebih baik daripada pulau-pulau yang lain. Hal tersebut terkait dengan fakta bahwa ibukota Indonesia berada di Pulau Jawa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adakah keterkaitan antara kualitas pelayanan pendidikan dan jarak dari ibukota negara ke daerah. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode clustering untuk melihat kesamaan kualitas pendidikan di 33 provinsi di Indonesia. Dari clustering yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa jarak ke ibukota hampir tidak berpengaruh pada kualitas pelayanan pendidikan di daerah tertentu dan diyakini bahwa kualitas pendidikan adalah fungsi yang tergantung pada variabel yang lebih kompleks.
Article Details
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).