Main Article Content

Abstract

TransJogja sebagai salah satu produk transportasi kota Jogja yang konon pada awal mulanya dibangun untuk menyediakan angkutan kota yang bersih, rapi, dan nyaman bagi siapa saja. Namun layanan transportasi ini masih tidak luput dari keluhan-keluhan penggunanya. Beberapa keluhan terhadap busway adalah dari segi waktu tunggu yang lama, jarak tempuh yang panjang, keselamatan dan keamanan, kenyamanan, sistem informasi yang kurang memadai, serta aksesibilitas halte yang dirasakan belum optimal (Kompas, 2011). Sistem informasi mengenai penjadwalan serta rute bus dirasakan belum optimal karena di dalam bus tidak terdapat peta rute bus begitu pula pada halte-halte busway itu sendiri, tidak seluruhnya memiliki display peta rute bus. Hal ini tentu dapat menyulitkan penumpang khususnya turis atau wisatawan dari luar kota Yogyakarta. Metode 5S dapat diimplementasikan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas kerja dan lingkungan khususnya di area halte. Sistem informasi modern sederhana yang dapat diaplikasikan adalah dengan menggunakan konsep search engine menggunakan basis data dalam penyimpanan informasinya. Pengguna TransJogja akan lebih mudah dalam memperoleh informasi mengenai jalur bus yang digunakan dengan memperoleh peta sederhana berdasarkan asal dan tujuan halte. Kemudian perlunya meningkatkan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna TransJogja yang akan menjadikan sistem yang lebih efektif dan efisien bagi pengguna TransJogja pada umumnya dan bagi perusahaan yang menaunginya pada khususnya.

Article Details

Author Biographies

Muhammad Irfan Januar, Universitas Islam Indonesia

Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri

Gayuh Minang Lati, Universitas Islam Indonesia

Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri

Riza Rahma Panduwiranita, Universitas Islam Indonesia

Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri

Ratih Dianingtyas Kurnia, Universitas Islam Indonesia

Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri
How to Cite
Januar, M. I., Lati, G. M., Panduwiranita, R. R., & Kurnia, R. D. (2013). IMPLEMENTASI FASILITAS HALTE TRANSJOGJA BERBASIS TEKNOLOGI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN TRANSPORTASI DAERAH YOGYAKARTA. Khazanah: Jurnal Mahasiswa, 6(1), 41–49. https://doi.org/10.20885/khazanah.vol6.iss1.art5

References

  1. Agus Minang. 2012. Presentasi Pelayanan Angkutan Umum URBAN TRANSPORT WORLD ASIA 31 Oktober 2012 Di Jakarta.
  2. Juni Susanto, Adi Dewanto. 2012. Aplikasi Route Bus TransJogja dan Informasi Objek Wisata Di Kota Yogyakarta Berbasis J2ME. Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Informatika. Diakses pada tanggal 27 Februari 2013 dari http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel/628/54/174
  3. Moda Transportasi Jogja diakses online pada 24 Februari 2013 http://alkhasanijawi3.blogspot.com/2012/08/moda-transportasi-jogja.html
  4. Inilah Tujuh Keluhan Terhadap Busway diakses online pada 24 Februari 2013 http://lipsus.kompas.com/topikpilihanlist/2133
  5. Osada, Takashi M. 2000. Sikap Kerja 5S. Cetakan Ketiga. Jakarta: PPM.
  6. Ngintip Halte TransJakarta diakses pada 28 Februari 2013. http://galoeh11.blogspot.com/2012/05/ngintip-halte-transjakarta.html
  7. Transportasi London 1 Angkut 10 Juta Penumpang Per Hari, diakses pada 28 februari 2013 http://inspiringcikarang.wordpress.com/2012/11/25/transportasi-london-1/