Jaringan Saraf Tiruan dengan Metode Backpropagation untuk Mendeteksi Gangguan Psikologi

Kiki Kiki, Sri Kusumadewi

Abstract

Media Informatika Volume 2 Nomor 2 adalag edisi reguler yang berisi delapan artikel. Artikel pertama yang ditulis bersama oleh Kiki, Sri Kusumadewi membahas penggunaan Jaringan Saraf Tiruan untuk mendeteksi gangguan psikologi berdasar gejala-gejala yang tampak atau dirasakan. Pada artikel kedua yang berjudul Lessons from E-Government Initiatives in Indonesia, Fathul Wahid mendiskusikan perkembangan e-government di Indonesia dan pelajaran yang dapat diambil. Beberapa pelajaran yang dapat diambil adalah pentingnya sumberdaya manusia pengawal e-government, termasuk pentingnya peran pimpinan.

Pada artikel ketiga Teduh Dirgahayu, dan Muhammad Indra Utama membandingkan efisiensi dan kecepatan OLTP sistem berbasis 2-tier dan 3-tier. Artikel selanjutnya yang ditulis oleh Yudi Prayudi dan Iwan Aprizal membahas penggunaan Maya Embedded Language (MEL) Script untuk memodelkan wajah 3D berbasis foto diri.

Artikel kelima melaporkan penelitian tentang perancangan dan pembuatan Islamic Portal menggunakan teknologi Oracle Objects for OLE. Artikel ini ditulis oleh Nur Wijayaning Rahayu, Aris Tjahyanto, dan Darlis Heru Murti. Sri Kusumadewi pada artikel keenam, melaporkan penggunaan metode Fuzzy Multi Criteria Decision Making yang diaplikasikan untuk penentuan lokasi pemancar televisi.

Artikel ketujuh membahas aplikasi metode Fuzzy yang lain untuk pencarian kriteria kelulusan. Metode yang digunakan adalah Fuzzy Tahani. Artikel ini ditulis oleh Rian Anggraeni, Wawan Indarto, dan Sri Kusumadewi. Aplikasi algoritma Semut pada penjadwalan produksi jobshop dilaporkan pada artikel kedelapan yang ditulis oleh Zainudin Zukhri dan Shidiq Alhakim.

Full Text:

PDF


ISSN: 0854-4743. Diterbitkan oleh Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia.