Main Article Content
Abstract
Generasi z merupakan generasi yang sangat dekat dengan teknologi. Kebanyak generasi ini memiliki prinsip you only live once sehingga banyak dari mereka yang belum memiliki manajemen keuangan yang baik bahkan memikirkan investasi masa depan. Kegiatan pengabdian ini diselenggarakan untuk memberikan edukasi kepada generasi z untuk dapat melakukan manajemen keuangan dan mulai berani melakukan investasi melalui lembaga resmi yang diawasi oleh OJK. Pemberian edukasi melalui talkshow terkait literasi investasi bagi generasi z memberikan pemahaman yang baik bagaimana cara melakukan manajemen keuangan, karena dengan manajemen keuangan yang baik generasi muda memiliki pos tabungan yang salah satu fungsi dari pos tabungan dapat digunakan untuk investasi. Saat ini banyak sekali aplikasi yang memberikan kemudahan untuk melakukan investasi dengan aman karena dibawah pengawasan OJK. Keberhasilan kegiatan ini dapat diukur dengan minat peserta kegiatan untuk mulai melakukan manajemen keuangan dan juga mulai berani untuk melakukan investasi dengan aplikasi smartphone.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2022 Yestias Maharani, Selfira Salsabilla, Afuan Fajrian Putra, Chivalrind Ghanevi Ayuntari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Economic Journal of Emerging Markets by Center for Economic Studies, Universitas Islam Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Bencsik, A., Juhasz, T., & Horvath-Csikos, G. (2016). Y and Z Generation at Workplaces. Journal of Competitiveness, 8 (3), 1-23. https://doi.org/10.7441/joc.2016.03.06
- Ghozie, P. (2021, 10 29). Tips Finansial: Persentase Menabung, Memenuhi Kebutuhan Hidup, dan Berfoya-foya. Retrieved, 2022, from Tempo.co: https://gaya.tempo.co/read/1522479/tips-finansial-persentase-menabung-memenuhi-kebutuhan-hidup-dan-berfoya-foya/full&view=ok
- Onasie, V., & Widoatmodjo, S. (2020). Niat Investasi Generasi Milenial di Pasar Modal. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 2 (2), 318-326. https://doi.org/ 10.24912/jmk.v2i2.7924
- Rizal , S. (2021). Fenomena Penggunaan Platform Digital Reksa Dana Online dalam Peningkatan Jumlah Investor Pasar Modal Indonesia. Humanities, Management and Science Proceedings (pp. 851-861). Pamulang: Universitas Pamulang Indonesia.
- Septiawati, E. (2021, 10 8). FOMO & YOLO Bikin Milenial Gagal Sejahtera, Ini Tips Jitu dari MotionBanking . Retrieved, 2022, from Oke Finance: https://economy.okezone.com/read/2021/10/08/622/2483058/fomo-yolo-bikin-milenial-gagal-sejahtera-ini-tips-jitu-dari-motionbanking
- Shaari, N. A., Hasan, N. A., Mohammed, R. M., & Sabri, M. A. (2013). Finansial Literacy: A Study Among The University Students. Interdisciplinary Journal Of Contemporary Research In Business, 5 (2), 279-299.
References
Bencsik, A., Juhasz, T., & Horvath-Csikos, G. (2016). Y and Z Generation at Workplaces. Journal of Competitiveness, 8 (3), 1-23. https://doi.org/10.7441/joc.2016.03.06
Ghozie, P. (2021, 10 29). Tips Finansial: Persentase Menabung, Memenuhi Kebutuhan Hidup, dan Berfoya-foya. Retrieved, 2022, from Tempo.co: https://gaya.tempo.co/read/1522479/tips-finansial-persentase-menabung-memenuhi-kebutuhan-hidup-dan-berfoya-foya/full&view=ok
Onasie, V., & Widoatmodjo, S. (2020). Niat Investasi Generasi Milenial di Pasar Modal. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 2 (2), 318-326. https://doi.org/ 10.24912/jmk.v2i2.7924
Rizal , S. (2021). Fenomena Penggunaan Platform Digital Reksa Dana Online dalam Peningkatan Jumlah Investor Pasar Modal Indonesia. Humanities, Management and Science Proceedings (pp. 851-861). Pamulang: Universitas Pamulang Indonesia.
Septiawati, E. (2021, 10 8). FOMO & YOLO Bikin Milenial Gagal Sejahtera, Ini Tips Jitu dari MotionBanking . Retrieved, 2022, from Oke Finance: https://economy.okezone.com/read/2021/10/08/622/2483058/fomo-yolo-bikin-milenial-gagal-sejahtera-ini-tips-jitu-dari-motionbanking
Shaari, N. A., Hasan, N. A., Mohammed, R. M., & Sabri, M. A. (2013). Finansial Literacy: A Study Among The University Students. Interdisciplinary Journal Of Contemporary Research In Business, 5 (2), 279-299.