Main Article Content

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk melatih mitra dalam pengelolaan keuangan yang meliputi pemahaman dasar pengelolaan usaha seperti prosedur pencatatan dan pembukuan usaha serta meningkatkan produktivitas serta pemasaran usaha sabun melailui rebranding produk sabun. Kelompok Tani Tirta Lintang Songo merupakan kelompok usaha yang membawahi beberapa unit usaha di Pondok Pesantren Lintang Songo. Salah satu usaha yang dijalankan oleh kelompok ini adalah usaha sabun cuci. Akan tetapi, berkembangnya usaha ini tidak diiringi dengan perkembangan aspek finansial dikarenakan minimnya kemampuan pelaku usaha dalam mengelola keuangan dan juga target pemasaran yang belum terpenuhi karena belum optimalnya pelaku usaha dalam memanfaatkan media pemasaran secara online. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh tim pengabdian mengenai pemahaman peserta pelatihan terkait pengelolaan keuangan dan pemasaran produk, bahwa peserta pengabdian memahami tentang pentingnya melakukan pencatatan keuangan usaha walaupun secara sederhana dan pentingnya rebranding produk serta penggunaan media social dan e-commerce secara optimal sebagai strategi untuk meningkatkan pemasaran usaha.

Keywords

peningkatan aspek keuangan pengelolaan keuangan re-branding produk pemasaran digital

Article Details

How to Cite
Ruscitasari, Z., Nurcahyanti, F. W. ., & Savina, S. . (2022). Pemberdayaan Kelompok Tani Tirta Lintang Songo Melalui Penguatan Aspek Keuangan dan Pemasaran. Rahmatan Lil ’Alamin Journal of Community Services, 2(2), 98–107. https://doi.org/10.20885/RLA.Vol2.iss2.art5

References

  1. Budiyono, D., Kurniawan, H., & Sumiati, A. (2022). Pemberdayaan Ibu PKK Melalui Pemanfaatan Material Daur Ulang Botol Bekas Untuk Pembuatan Tanaman Hias Dengan Media Vertikal Garden Pada Masa New Normal Covid-19. JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 7(April), 107–114.
  2. Fadila, A., Sholihah, D. R., & Nugraheni, S. (2021). Pembinaan Pengelolaan Keuangan dan Pemasaran Digital pada pelaku UKM Kecamatan Ciomas Bogor. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 221. https://doi.org/10.35914/tomaega.v4i2.782
  3. Firdaus, D. W., & Widyasastrena, D. (2017). Perancangan Sistem Informasi Akuntasi Koperasi dan UMKM Berbasis Technopreneur. Riset Akuntansi Dan Keuangan, 5(2), 1423–1440. https://doi.org/10.17509/jrak.v5i2.8124
  4. Harahap, Y. W., Yaturramadhan, H., Silvia, E., Afrida, A., Hasibuan, R. P., Prodi, D., Masyarakat, K., Kesehatan, F., Aufa, U., Farmasi, D. P., Kesehatan, F., Aufa, U., Kesehatan, M. F., & Royhan, U. A. (2021). Perilaku Pencegahan Covid-19 dan Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Tangan Cair (Handsoap) di Rumah Tangga. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa, 3(1), 147–149.
  5. Kesuma, N., Nurullah, A., & Meirawati, E. (2020). Pendampingan Pencatatan dan Pembukuan Sederhana bagi Orang Pribadi sebagai Pelaku Usaha di Kelurahan Talang Jambe, Kota Palembang. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 1(2), 101–106. https://doi.org/10.29259/jscs.v1i2.18
  6. Lestanti, S., & Budiman, S. N. (2022). Pemanfaatan Barang Bekas Menjadi Barang Bermanfaat Bagi Masyarakat di Masa Pandemi. Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 77–86. https://doi.org/10.31537/dedication.v6i1.660
  7. Mubiroh, S., & Ruscitasari, Z. (2020). Implementasi SAK EMKM dan Pengaruhnya Terhadap Penerimaan Kredit UMKM. Berkala Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 4(2), 1. https://doi.org/10.20473/baki.v4i2.15265
  8. Muliawati, R., & Mushidah. (2021). Peningkatan Kemandirian Ekonomi di Masa Pandemi melalui Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Tangan pada Ibu PKK Desa Kutoharjo Kaliwungu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bakti Parahita, 2, 140–147.
  9. Ruscitasari, Z., Kamal, T., & Pratiwi, N. (2021). Analisis Adopsi E-Commerce Terhadap Kinerja Umkm Desa Pleret. Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI), 4(2), 63. https://doi.org/10.21927/ijubi.v4i2.1949
  10. Ruscitasari, Z., Nurcahyanti, F. W., & Nasrulloh, R. S. (2020). Analisis Praktik manajemen Keuangan UMKM di Kabupaten Bantul. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(2), 408–420.
  11. Wasan, G. H., & Sariningsih, A. (2021). Pelatihan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Berbasis Digital Di Kecamatan Citeureup. Jurnal Pengabdian Bina Mandiri, 1(1), 31–36. https://doi.org/10.51805/jpmm.v1i1.7