Main Article Content
Abstract
Perkembangan teknologi digital dewasa ini menutut pelaku usaha UMKM juga harus mengembangkan diri dan mengikuti perkembangan jaman. Pengguanaan teknologi digital diharapkan mampu mengubah cara kerja, pengolahan, penyimpanan dan juga pengiriman informasi. Digitalisasi UMKM yang beralih ke pola penjualan online melalui marketplace menjadi satu pemecahan masalah bagi UMKM untuk mampu bersaing dan tetap bertahan hidup dalam kondisi yang tidak menentu. Pendampingan pada UMKM dilakukan di Kelurahan Ngestiharjo Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul. Pelaku usaha UMKM di kelurahan itu hampir semua belum menggunakan teknologi digital. Pendampingan bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UKM DIY berupa pelatihan strategi pemasaran melalui teknologi digital. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari 20 kelompok tani se Kelurahan Ngestiharjo Kasihan Bantul. Di akhir kegiatan seluruh kelompok tani mendaftarkan diri dalam program Si Bakul Yogya yang merupakan program Diskop UKM DIY. Dengan mengikuti program SiBakul Jogja diharapkan dapat meningkatkan daya saing UMKM yang ada di Kelurahan Ngestiharjo Kasihan Bantul.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Nurfauziah Nurfauziah, Albari Albari, Suhartini Suhartini, Sri Mulyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Economic Journal of Emerging Markets by Center for Economic Studies, Universitas Islam Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Dewi, M., Hubeis, M., & Riani, E. (2020). Strategi Pemasaran UMKM Dalam Meningkatkan Daya Saing di Pasar Ritel Modern Carrefour (Kasus PT MadaniFood, Jakarta). MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 15(1), 77-83.
- Heryana, N., Fuad, M., Nugraheni, T., Darnilawati, Rachmawati, M., Triansyah, F. A., Susano, A., Defitri, S. Y., Iswahyudi, M. S., & Al-Sakinah, P. S. (2023). UMKM dalam digitalisasi nasional. Cendekia Mulia Mandiri.
- Mandasari, D. J., Widodo, J., & Djaja, S. (2019). Strategi pemasaran usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Batik Magenda Tamanan Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(1), 123-128.
- Muslimin, Z., Zainuddin, M. Z., & Saputra, M. K. (2022). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Umkm Sederhana. Sultra Journal of Economic and Business, 3(2), 132-149.Musyawarah, I. Y., & Idayanti, D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju. Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(1), 1-13.
- Wasan, G. H., & Sariningsih, A. (2021). Pelatihan pemasaran produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berbasis digital di Kecamatan Citeureup. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (Jpmm), 1(1), 31-36.
- Otoritas Jasa Keuangan. (2022). Peran Industri Jasa Keuangan dalam Mendukung Inklusi dan Digitalisasi UMKM. Diunduh 15 Agustus 2024. https://www.ojk.go.id/ojk-institute/id/capacitybuilding/upcoming/1220/peran-industri-jasa-keuangan-dalam-mendukung-inklusi-dan-digitalisasi-umkm
- Pemerintah Kabupaten Bantul. (2023). Bantul dukung UMKM naik kelas. Diakses pada 13 Agustus 2024, dari https://bantulkab.go.id/berita/detail/5885/bantul-dukung-umkm-naik-kelas.html
- Pemerintah Republik Indonesia. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Jakarta: Sekretariat Negara. Undang-Undang No 8 tahun Tentang UMKM, (2008).
- Sangadji, S. (2024). BI Dukung Digitalisasi UMKM. Pusat Pemberitaan RRI. Diakses 15 Agustus 2024 di https://www.rri.co.id/daerah/588153/bi-dukung-digitalisasi-umkm
References
Dewi, M., Hubeis, M., & Riani, E. (2020). Strategi Pemasaran UMKM Dalam Meningkatkan Daya Saing di Pasar Ritel Modern Carrefour (Kasus PT MadaniFood, Jakarta). MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 15(1), 77-83.
Heryana, N., Fuad, M., Nugraheni, T., Darnilawati, Rachmawati, M., Triansyah, F. A., Susano, A., Defitri, S. Y., Iswahyudi, M. S., & Al-Sakinah, P. S. (2023). UMKM dalam digitalisasi nasional. Cendekia Mulia Mandiri.
Mandasari, D. J., Widodo, J., & Djaja, S. (2019). Strategi pemasaran usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Batik Magenda Tamanan Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(1), 123-128.
Muslimin, Z., Zainuddin, M. Z., & Saputra, M. K. (2022). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Umkm Sederhana. Sultra Journal of Economic and Business, 3(2), 132-149.Musyawarah, I. Y., & Idayanti, D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju. Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(1), 1-13.
Wasan, G. H., & Sariningsih, A. (2021). Pelatihan pemasaran produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berbasis digital di Kecamatan Citeureup. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (Jpmm), 1(1), 31-36.
Otoritas Jasa Keuangan. (2022). Peran Industri Jasa Keuangan dalam Mendukung Inklusi dan Digitalisasi UMKM. Diunduh 15 Agustus 2024. https://www.ojk.go.id/ojk-institute/id/capacitybuilding/upcoming/1220/peran-industri-jasa-keuangan-dalam-mendukung-inklusi-dan-digitalisasi-umkm
Pemerintah Kabupaten Bantul. (2023). Bantul dukung UMKM naik kelas. Diakses pada 13 Agustus 2024, dari https://bantulkab.go.id/berita/detail/5885/bantul-dukung-umkm-naik-kelas.html
Pemerintah Republik Indonesia. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Jakarta: Sekretariat Negara. Undang-Undang No 8 tahun Tentang UMKM, (2008).
Sangadji, S. (2024). BI Dukung Digitalisasi UMKM. Pusat Pemberitaan RRI. Diakses 15 Agustus 2024 di https://www.rri.co.id/daerah/588153/bi-dukung-digitalisasi-umkm