Main Article Content

Abstract

Pengembangan softskills dan hardskills merupakan langkah penting dalam membekali anak-anak panti asuhan untuk menghadapi tantangan kehidupan di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan, merancang, dan mengevaluasi program peningkatan softskills dan hardskills di Panti Asuhan Nurul Haq, Yogyakarta. Hasil menunjukkan bahwa program ini berhasil meningkatkan kepercayaan diri, kemampuan berkomunikasi, dan kerja sama tim sebagai bagian dari softskills. Di sisi lain, peningkatan keterampilan teknis seperti penguasaan teknologi dasar dan keterampilan praktis juga tercapai. Selain memberikan manfaat langsung kepada anak-anak panti, program ini membuka peluang untuk pengembangan model pembinaan serupa di panti asuhan lainnya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan softskills dan hardskills secara terintegrasi dapat memberikan dampak positif yang signifikan, baik dalam aspek sosial maupun ekonomi anak-anak panti. Diharapkan, program ini dapat menjadi langkah awal untuk menciptakan generasi muda yang lebih mandiri, kompetitif, dan mampu berkontribusi dalam masyarakat.

Keywords

soft skills hard skills panti asuhan pengembangan keterampilan

Article Details

How to Cite
Koeswandana, N. A., Purnama, D. A. ., Prasetyo, E., Agustin, A. F., Laksita, A. G., Sabila, R., Nugroho, W. A., Kamal, M. R., Istianah, I., Rahman, D. A., & Octyaningsih, Z. (2025). Peningkatan Softskills dan Hardskills pada Anak Panti Asuhan Nurul Haq, Yogyakarta. Rahmatan Lil ’Alamin Journal of Community Services, 5(1), 27–38. https://doi.org/10.20885/RLA.Vol5.iss1art4

References

  1. Dwyer, K. K., & Davidson, M. M. (2012). Is public speaking really more feared than death?. Communication Research Reports, 29(2), 99-107.
  2. Fatkhiyah, N., Masturoh, M., & Atmoko, D. (2020). Edukasi kesehatan reproduksi remaja. Jurnal Abdimas Mahakam, 4(1), 84-89.
  3. Hamzah, I., Wahyudin, A. Y., Oktaviani, L., Aldino, A. A., Alfathaan, M., & Julius, A. (2022). Pendampingan pembelajaran public speaking bagi siswa-siswi MAN 1 Lampung Tengah. Jurnal Widya Laksmi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 76-81.
  4. Huda, N. L. A. (2018). Speaking anxiety in the presentation of EFL students: A descriptive study at English department of UIN Walisongo Semarang in the academic year of 2017/2018. (Bachelor’s thesis). Walisongo State Islamic University, Semarang, Indonesia. Retrieved from http://eprints.walisongo.ac.id/8373/
  5. Imron, A., & Hantari, W. C. (2019). EFL students’ attitudes toward public speaking and anxiety in speaking impromptu speech. CaLLs (Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics), 5(1), 49-58.
  6. Indriasari, E., Widyastuti, T. V., Aryani, F. D., Mahardika, D., & Hamzani, A. I. (2023). Edukasi Hukum, Pemahaman dan Melek Hukum Bagi Siswi SMA/SMK Panti Asuhan Putri ‘Aisyiyah’Kota Tegal. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 4(1), 181-190.
  7. Kuswiyanti, T. S., Santoso, S., & Indriyani, F. (2020). Aplikasi Pengenalan Profesi pada Anak Usia Dini Berbasis Android. Academic Journal of Computer Science Research, 2(2).
  8. Krissanya, N., Monoarfa, T. A., Rizan, M., Purwana, D., Santoso, B., Hasanah, N., ... & Perdana, P. N. (2023). Nurturing Soft Skills and Entrepreneurial Mindsets: The BMC International Competition Experience. Rahmatan Lil'Alamin Journal of Community Services, 107-116.
  9. Krissanya, N., Sari, D. A. P., Febrilia, I., Prabumenang, A. K. R., Sadat, A. M., Parlina, R., & Dhinanty, R. D. (2024). Membangun Soft Skill Siswa SMK melalui Pelatihan Optimalisasi Pengelolaan Media Sosial Konten Pemasaran. Rahmatan Lil'Alamin Journal of Community Services, 39-46.
  10. Marinho, A. C. F., de Medeiros, A. M., Gama, A. C. C., & Teixeira, L. C. (2017). Fear of public speaking: Perception of college students and correlates. Journal of Voice, 31(1), 127-e7.
  11. Mulida, Y. (2021). Strategi Pemberdayaan Anak Yatim Dhuafa Melalui Kegiatan Budidaya Ikan Dan Tanaman Hidroponik Di Yayasan Pemberdayaan Insan Mandiri Ciledug Kota Tangerang (Bachelor's thesis, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).
  12. Mulyana, A., Hamid, F., Mansur, S., & Susilawati, S. (2019). Kepemimpinan efektif melalui kompetensi komunikasi di Media Nusantara Citra Group. Jurnal Kajian Komunikasi, 7(2), 184–197.
  13. Naufal, H. A. (2021). Literasi digital. Perspektif, 1(2), 195-202.
  14. O’Hair, D., Rubenstein, H., & Stewart, R. (2010). A pocket guide to public speaking (3rded.) Boston, MA: Bedford/St.Martin’s.
  15. Rahmah, A. N., Nasution, F. S. M., Salsabila, N. A., Nafisah, S., & Abdillah, T. K. (2024). Sosialisasi Membentuk Konsep Diri untuk Pengasuhan yang Positif pada Anak di Era Digital. Jurnal Pengabdian Inovatif Masyarakat, 1(1), 19-27.
  16. Raja, F. (2017). Anxiety level in students of public speaking: causes and remedies. Journal of Education and Educational Development, 4(1), 94-110.
  17. Ratih, P., Aswan, M., & Waliamin, J. (2023). Pengaruh Pengaruh Soft Skill dan Hard Skill terhadap Prestasi Kerja. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 3(4), 472-476.
  18. Safitri, I., Marsidin, S., Pendidikan, A.S.- E. J. I., & 2020, Undefined. (2020). Analisis kebijakan terkait kebijakan literasi digital di Sekolah Dasar. Core.Ac.Uk, 2(2), 176-180.
  19. Stein MB, Walker JR, Forde DR. Public speaking fears in a community sample: prevalence, impact on functioning, and diagnostic classification. J Genet Psychol. 1996;53:169-174
  20. Umasugi, N., Wajo, A. R., & Nasim, A. S. (2024). Hard Skill Dan Soft Skill Pada Distribusi Kinerja Pembangunan Ekonomi Daerah. Indonesian Journal of Islamic Jurisprudence, Economic and Legal Theory, 2(4), 1914-1945.
  21. Wakhyudi, Y. (2019). Kiat Praktis Kuasai Public speaking, Tips dan Trik Berbicara di Depan Umum dengan Asyik dan Memukau. Yogyakarta: Checklist.