https://journal.uii.ac.id/selma/issue/feedSelekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen2025-08-29T08:21:02+00:00Abdur Rafik[email protected]Open Journal Systems<p><strong>Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen (Journal Initials: Selma, E-ISSN: 2829-7547)</strong> is a bimonthly scholarly journal concerning students works in science of business and management. This journal specifically aims to pool high-quality works of students in business and management. It receives scholarly articles stemmed from, but not limited to, a research-based thesis, business design-based thesis, and internship-based thesis. All topics in business and management are welcomed.</p> <p>Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen is published by Department of Management, Faculty of Business and Economics, Universitas Islam Indonesia. Although deliberately intended for student's works, the peer-review process is applied and ethical consideration is in our best interest. </p>https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/42979Performance Measurement and Management (PMM), Supply-Side Governance, dan Demand-Side Governance terhadap Business Performance di PT. KAI2025-08-25T05:48:49+00:00Muhammad Habibullah Al Ansori[email protected]Binarin Tirto Andika[email protected]<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh <em>performance measurement and management</em> (PMM), <em>supply-side governance</em>, dan <em>demand-side governance</em> terhadap <em>business performance</em> pada PT. KAI (Persero). Latar belakang penelitian didasarkan pada peran strategis PT. KAI dalam sistem transportasi nasional dan tuntutan peningkatan kinerja bisnis yang berkelanjutan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei menggunakan kuesioner kepada 226 responden yang merupakan pegawai aktif PT KAI. Analisis data dilakukan melalui uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, serta regresi linier berganda menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel independen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap <em>business performance</em> baik secara parsial maupun simultan. PMM berkontribusi pada peningkatan efisiensi operasional, pengambilan keputusan berbasis data, dan pencapaian tujuan strategis. <em>Supply-side governance</em> memperkuat hubungan dengan pemasok, menjamin ketersediaan dan kualitas material, serta mendukung keberlanjutan operasional. Sementara itu, <em>demand-side governance</em> meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan melalui pengelolaan hubungan yang proaktif dan responsif.</p>2025-11-10T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Muhammad Habibullah Al Ansori, Binarin Tirto Andikahttps://journal.uii.ac.id/selma/article/view/43017Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Efikasi Diri terhadap Organizational Citizenship Behavior yang Dimediasi oleh Kepuasan Kerja2025-08-26T08:38:37+00:00Mochamad Fahmy Amrullah[email protected]Andriyastuti Suratman[email protected]<p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kecerdasan spiritual dan efikasi diri terhadap <em>organizational citizenship behavior</em> (OCB) melalui mediasi kepuasan kerja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui kuesioner secara online via google form kepada 167 responden yang merupakan karyawan PT Ghuroba Madani. Analisis data dilakukan dengan menggunakan <em>partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM)</em> dengan pendekatan <em>second order disjoint two-stage</em>. Hasil penelitian menemukan bahwa kecerdasan spiritual dan efikasi diri memiliki pengaruh langsung yang positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja maupun OCB di PT Ghuroba Madani. Kepuasan kerja juga ditemukan berpengaruh positif terhadap OCB. Selain itu Kepuasan kerja juga terbukti mampu memediasi hubungan baik antara kecerdasan spiritual maupun efikasi diri terhadap OCB dengan kategori <em>partial mediation</em>. Penelitian ini memiliki keterbatasan berupa validitas diskriminan (nilai HTMT) sebagian pasangan konstruk dan reliabilitas <em>(cronbach’s alpha)</em> variabel efikasi diri yang belum sepenuhnya sempurna, yang diharapkan mendapatkan perhatian yang lebih pada penelitian berikutnya. Berdasarkan hasil penelitian, PT Ghuroba Madani disarankan untuk mempertahankan dan meningkatkan kecerdasan spiritual dan efikasi diri karyawan untuk mempertahankan dan meningkatkan kepuasan kerja dan <em>organizational citizenship</em> <em>behavior</em> karyawannya.</p>2025-11-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Mochamad Fahmy Amrullah, Andriyastuti Suratmanhttps://journal.uii.ac.id/selma/article/view/43073Pengaruh Sikap pada Produk, Kontrol Perilaku yang Dirasakan, dan Norma Subjektif terhadap Niat Membeli Kembali pada Produk Orisinal Sepatu Nike2025-08-28T09:14:37+00:00Bianca Fri Amalia[email protected]<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sikap terhadap produk, norma subjektif, dan kontrol perilaku yang dirasakan terhadap niat beli ulang produk orisinal sepatu Nike menggunakan <em>theory of planned behavior</em> (TPB). Penelitian dilakukan di seluruh wilayah Indonesia dengan sampel 150 responden, dipilih melalui teknik <em>convenience sampling</em>, dan data dikumpulkan menggunakan kuesioner berbasis skala Likert. Analisis data menggunakan <em>structural equation modeling</em> (SEM) dengan perangkat AMOS 24.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap terhadap produk, norma subjektif, dan kontrol perilaku yang dirasakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang. Sikap positif konsumen, tekanan sosial dari lingkungan, dan persepsi kemudahan akses produk orisinal Nike mendorong niat untuk membeli kembali. Temuan ini menegaskan relevansi TPB dalam memahami perilaku konsumen terhadap produk orisinal dan memberikan implikasi bagi strategi pemasaran Nike untuk memperkuat loyalitas konsumen melalui kualitas produk dan informasi yang menarik.</p>2025-10-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Bianca Fri Amaliahttps://journal.uii.ac.id/selma/article/view/42940Understanding Generation Z in the Workplace2025-08-25T03:06:33+00:00Ihsan Satrio Nugrohojati[email protected]Jaya Addin Linando[email protected]<p>The purpose of this study is to identify and analyze the career development of Generation Z. In addition, another objective of this study is to explore the application of career development to Generation Z employees. Using a qualitative approach, this study employed phenomenological methods to conduct in-depth interviews with six respondents working in companies in Indonesia. The results of this study suggest that the characteristics of Generation Z encompass both its advantages and disadvantages, as well as the challenges it faces. There are limitations in terms of time, energy, and the researcher's ability in this research. For further research, it is recommended to explore career development in Generation Z in various aspects. In addition, quantitative research can be used to measure the career development of Generation Z in detail.</p>2025-10-06T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Ihsan Satrio Nugrohojati, Jaya Addin Linandohttps://journal.uii.ac.id/selma/article/view/43023Pengaruh Influencer Attribute (Professionalism, Credibility, Interactivity, Attractiveness), Live Streaming Marketing, Brand Image, User Experience terhadap Purchase Intention di TikTok Shop2025-08-26T11:56:06+00:00Tinezia Hairunisya[email protected]Dwi Martutiningrum [email protected]<p>Fenomena belanja <em>online</em> di TikTok <em>Shop</em> dari berbagai faktor digital yang dapat memengaruhi niat beli konsumen menjadi isu utama dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh <em>influencer attribute </em>(<em>professionalism</em>, <em>credibility, interactivity</em>, <em>attractiveness)</em>, <em>live streaming marketing, brand image, user experience </em>dan <em>purchase intention</em> di TikTok <em>Shop</em>. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner <em>online</em>. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah<em> partial least square</em> <em>structural equation modeling </em>(PLS-SEM) untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel berpengaruh positif pada variabel <em>purchase intention</em>. Temuan ini menegaskan bahwa meskipun semua variabel berpengaruh, kualitas masing-masing stimulus dalam model S-O-R memiliki kekuatan yang berbeda dalam memicu pengaruh sosial dan respons niat beli konsumen. Penelitian ini menyimpulkan bahwa studi stimultan dari keempat variabel ini menghasilkan wawasan yang bervariasi. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi pelaku bisnis atau <em>brand, influencer </em>dan pengelola platform <em>e-commerce</em> dalam menyusun strategi pemasaran yang lebih efektif, dengan memprioritaskan faktor-faktor dari peran <em>influencer attribute, live streaming marketing, brand image,</em> dan <em>user experience,</em> masing-masing yang memiliki dampak paling kuat terhadap niat beli konsumen.</p>2025-10-04T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Tinezia Hairunisya, Dwi Martutiningrum https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/43101Pengaruh Pengalaman Pembelian yang Dimediasi Kesadaran Lingkungan dan Sikap Ramah Lingkungan terhadap Niat Pembelian Produk Ramah Lingkungan2025-08-29T08:21:02+00:00Syachrul Rahendra[email protected]<p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengalaman pembelian terhadap niat pembelian produk ramah lingkungan, yang dimediasi oleh kesadaran lingkungan dan sikap ramah lingkungan. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang telah membeli atau mengonsumsi produk Avoskin di Yogyakarta, dengan sampel minimal 180 responden yang dipilih menggunakan teknik <em>non-probability sampling </em>dengan metode <em>convenient sampling</em>. Data dikumpulkan melalui kuesioner berbasis Google Forms dengan skala <em>likert</em> 7 poin untuk mengukur setiap variabel. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik <em>structural equation modelling</em> (SEM) melalui aplikasi AMOS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman pembelian memiliki pengaruh positif terhadap kesadaran lingkungan dan sikap ramah lingkungan, yang pada gilirannya memengaruhi niat pembelian produk ramah lingkungan. Namun, sikap ramah lingkungan tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap niat pembelian. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman perilaku konsumen dalam sektor pemasaran hijau dan memberikan rekomendasi bagi perusahaan untuk meningkatkan penjualan produk ramah lingkungan.</p>2025-09-27T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Syachrul Rahendrahttps://journal.uii.ac.id/selma/article/view/43030Pengaruh Kualitas dan Inovasi Desain pada Produk Dowa Bag Factory terhadap Kinerja Operasional2025-08-26T17:28:32+00:00Destine Praharsi Dewayani[email protected]Nursya’bani Purnamanursya’[email protected]<p>Kualitas dan inovasi desain sebuah produk tentu akan terhubung terhadap kinerja operasional disini dilakukan pada Dowa Bag Factory dapat dilihat dari responden para konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas dan inovasi desain produk yang terhubung terhadap kinerja operasional perusahaan Dowa Bag terhadap pengambilan keputusan pembelian para konsumen. Pengujian dilakukan menggunakan metode kuantitatif pengambilan sampel kuesioner 50 responden konsumen yang sudah berbelanja di Dowa Bag Factory. Uji analisis menggunakan <em>software</em> IBM SPSS versi 25, dengan hasil penelitian menunjukan kualitas dan inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja operasional perusahaan. Penelitian ini memiliki keterbatasan pada jumlah sampel kuesioner dengan 50 responden, sehingga diharapkan peneliti selanjutnya dapat mengeksplorasi faktor lain. Implikasi manajerial yang harus dilakukan oleh perusahaan Dowa Bag Factory ialah harus terus mengembangkan kualitas dan inovasi produk serta kinerja operasional agar para konsumen terus menggunakan dan Dowa Bag Factory terus eksis di komunitas pasar.</p>2025-09-22T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Destine Praharsi Dewayani, Nursya’bani Purnamahttps://journal.uii.ac.id/selma/article/view/42950Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kepemimpinan Transformasional terhadap Kepuasan Kerja serta Dampaknya terhadap Kinerja Karyawan pada Fakultas Bisnis & Ekonomika Universitas Islam Indonesia (UII)2025-08-22T14:05:46+00:00Revo Wahyu Wicaksono[email protected]<p>Penelitian saat ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja dan model kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan di Fakultas Bisnis dan Ekonomika UII Yogyakarta, dengan kepuasan karja sebagai variable perantaranya. Penelitian dilakukan dengan analisis regresi linier, berganda 2 tahap menggunakan SPSS untuk mengetahui pengaruh masing – masing variabel serta melakukan analisis jalur pada variabel perantara. Sampel yang digunakan adalah 50 orang karyawan yang bekerja di Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia Yogyakarta yang dipilih secara <em>random</em>. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, 2) Kepemimpinan transformasional berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, 3) lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, 4) kepemimpinan transformasional tidak berpengaruh terhadap kepuasan kerja, 5) kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, 6) kepuasan kerja mampu memediasai pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja secara signifikan dan, 7) kepuasan kerja mampu memediasi pengaruh kepemimpinan trasformasional terhadap kinerja secara signifikan. Hasil penelitian saat ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan dalam pengembangan penelitian lanjutan berkaitan dengan kinerja karyawan.</p>2025-09-18T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Revo Wahyu Wicaksonohttps://journal.uii.ac.id/selma/article/view/43081Motivasi Kerja Karyawan Generasi Z pada PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasional 6 Yogyakarta2025-08-28T16:39:31+00:00Farhan Aditya Lazuardi[email protected]Arif Hartono[email protected]<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana generasi Z memaknai pekerjaan dan bagaimana peran manajemen dalam membentuk motivasi kerja mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pemilihan partisipan melalui <em>purposive sampling</em>. Sebanyak lima orang karyawan generasi Z yang bekerja di lingkungan PT KAI DAOP 6 Yogyakarta menjadi partisipan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, dan data dianalisis dengan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa generasi Z memandang pekerjaan bukan hanya sebagai tugas rutin, melainkan juga sebagai ibadah, tanggung jawab moral, dan sarana aktualisasi diri. Mereka mencari makna dalam pekerjaan serta mengharapkan lingkungan kerja yang mendukung pertumbuhan pribadi dan profesional. Peran manajerial yang dianggap paling berpengaruh meliputi arahan yang jelas, dukungan langsung, serta tindakan apresiatif yang nyata. Temuan ini juga menunjukkan bahwa partisipasi aktif atasan dalam proses kerja mampu meningkatkan motivasi dan loyalitas karyawan muda. Namun, birokrasi dan struktur kerja yang kaku menjadi tantangan tersendiri bagi generasi ini dalam mengekspresikan nilai-nilai pribadinya di tempat kerja.</p>2025-09-14T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Farhan Aditya Lazuardi, Arif Hartonohttps://journal.uii.ac.id/selma/article/view/42872Effect of Product Quality, Service Quality, Application Quality, and Familiarity on Trust in E-commerce and Purchase Intention2025-08-18T19:31:51+00:00Zahra Tsabitha Anureza[email protected]<p>This study investigates the effects of product quality, service quality, application quality, and familiarity on consumer trust in e-commerce, and their subsequent impact on purchase intention. Using a quantitative survey of 305 Shopee users in Indonesia, the data were analyzed with Structural Equation Modeling (SEM-AMOS). Hypothesis testing revealed mixed results: product quality (H1) showed a positive but insignificant effect on trust, indicating that inconsistent product reliability reduces its role in fostering trust. In contrast, service quality (H2), familiarity (H3), and application quality (H4) were found to have significant positive effects on trust, emphasizing the importance of responsiveness, brand experience, and application usability in shaping consumer confidence. Furthermore, trust (H5) significantly and positively influenced purchase intention, confirming its role as a key mediating factor in online buying decisions. These findings highlight that while product quality remains essential, it is the combination of reliable service, user-friendly applications, and platform familiarity that most strongly strengthens e-commerce trust and increases purchase intention.</p>2025-08-23T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Zahra Tsabitha Anurezahttps://journal.uii.ac.id/selma/article/view/42842Peran Inclusive Leadership terhadap Affective Organizational Commitment, Employee Work Engagement, dan Innovative Work Behavior2025-08-16T00:09:38+00:00Yusril Jazuli[email protected]Nabila Kharimah Vedy[email protected]<p>Industri properti merupakan sektor strategis yang berperan penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya di Kalimantan Timur yang mengalami lonjakan pembangunan seiring dengan penetapan sebagai lokasi Ibu Kota Negara (IKN). Di tengah pertumbuhan ini, tantangan utama yang dihadapi perusahaan adalah pengelolaan sumber daya manusia, terutama <em>employee work engagement</em> dan <em>innovative work behavior</em>. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh <em>inclusive leadership</em> terhadap <em>affective organizational</em> <em>commitment, employee work engagement, </em>dan <em>innovative work behavior</em> di industri properti, serta menelaah peran mediasi <em>affective organizational commitment</em> dalam hubungan antara <em>inclusive leadership</em> dan <em>employee work engagement</em>. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan pendekatan <em>non-probability sampling</em> yang berjumlah 51 responden. Data dikumpulkan dengan penyebaran kuesioner yang kemudian diolah menggunakan Smart-PLS 3 dengan teknik analisis <em>partial least square–structural equation modeling</em> (PLS-SEM). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel <em>inclusive leadership</em> memberikan dampak positif dan signifikan terhadap <em>affective organizational commitment, employee work engagement,</em> dan <em>innovative work behavior</em>. Sementara variabel af<em>fective organizational commitment </em>berhasil memediasi pengaruh antara <em>inclusive leadership </em>terhadap <em>employee work engagement</em>.</p>2025-08-20T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Yusril Jazuli, Nabila Kharimah Vedy