Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen
https://journal.uii.ac.id/selma
<p><strong>Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen (Journal Initials: Selma, E-ISSN: 2829-7547)</strong> is a bimonthly scholarly journal concerning students works in science of business and management. This journal specifically aims to pool high-quality works of students in business and management. It receives scholarly articles stemmed from, but not limited to, a research-based thesis, business design-based thesis, and internship-based thesis. All topics in business and management are welcomed.</p> <p>Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen is published by Department of Management, Faculty of Business and Economics, Universitas Islam Indonesia. Although deliberately intended for student's works, the peer-review process is applied and ethical consideration is in our best interest. </p>en-USabdurrafik@uii.ac.id (Abdur Rafik)deni.saputro@uii.ac.id (Deni Eko Saputro)Mon, 24 Feb 2025 20:45:36 +0000OJS 3.3.0.10http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss60Analisis Hubungan Brand Image, Kepuasan Konsumen, Brand Trust, dan Brand Loyalty
https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/36513
<p>Menjamurnya <em>coffee shop</em> dengan banyak munculnya pemain baru dalam industri FnB menyebabkan persaingan bisnis ini menjadi sangat ketat, sehingga perlu dilakukan analisis hubungan antara <em>brand image,</em> kepuasan konsumen, <em>brand trust,</em> dan <em>brand loyalt</em>y untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi para konsumennya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara <em>brand image,</em> kepuasan konsumen, <em>brand trust,</em> dan <em>brand loyalty</em>. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode SEM menggunakan <em>software</em> Smart-PLS. Metode pengumpulan sampel dipilih secara acak dengan populasi pelanggan dari <em>coffee shop</em> yang berada di Kota Solo. Kuesioner digunakan untuk metode pengumpulan data pada penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan pada hubungan antara <em>brand image,</em> kepuasan konsumen,<em> brand trust,</em> serta <em>brand loyalty</em>.</p>Muhammad Asyrof Iza Siregar
Copyright (c) 2025 Muhammad Asyrof Iza Siregar
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/36513Mon, 17 Mar 2025 00:00:00 +0000Integrasi Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planned Behavior (TPB) terhadap Penerimaan QRIS pada Generasi Muda
https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/36184
<p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang semakin pesat khususnya pada ranah pembayaran digital di era modern. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengintegrasikan dua model penelitian antara<em> technology acceptance model</em> (TAM) dan <em>theory of planned behavior</em> (TPB) terhadap penerimaan QRIS sebagai metode pembayaran digital. Penelitian ini dilakukan di Yogyakarta dengan pendekatan kuantitatif dimana instrumen pengumpulan datanya menggunakan teknik survei. Sampel dari penelitian ini adalah 100 orang mahasiswa di Yogyakarta, yang didapatkan dengan menyebar kuesioner online melalui media Google form. Hasil data yang telah berhasil terkumpul akan diolah menggunakan metode <em>partial least square structural equation modeling</em> (PLS-SEM) dengan bantuan aplikasi olah data SmartPLS. Hasil dari penelitian ini adalah beberapa variabel dari integrasi TAM dan TPB berpengaruh positif terhadap penerimaan teknologi QRIS pada mahasiswa di Yogyakarta. Sebagai contoh variabel kemudahan penggunaan yang dirasakan berpengaruh positif terhadap kegunaan yang dirasakan mahasiswa dalam menggunakan QRIS. Meskipun demikian masih ada variabel yang menunjukkan hasil yang kurang memuaskan seperti variabel kendali diri yang tidak memiliki pengaruh terhadap niat dari para mahasiswa untuk menggunakan QRIS.</p>Muhammad Badar Sunaryanto, Anjar Priyono
Copyright (c) 2025 Muhammad Badar Sunaryanto, Anjar Priyono
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/36184Thu, 13 Mar 2025 00:00:00 +0000Pengaruh Penggunaan Teknologi dan Keterampilan terhadap Kinerja UMKM
https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/39223
<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan teknologi dan keterampilan terhadap kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Nogosari, Boyolali. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda. Data diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada pelaku UMKM, kemudian dianalisis menggunakan uji T (parsial), uji F (simultan), dan koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, penggunaan teknologi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM (p-value = 0,403 > 0,05). Sebaliknya, keterampilan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM (p-value = 0,000 < 0,05). Hasil Uji F menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dan keterampilan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM dengan nilai F sebesar 36,320 dan p-value 0,000 < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan pelaku UMKM memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja usaha. Oleh karena itu, pelatihan dan pengembangan keterampilan perlu dioptimalkan agar UMKM dapat berkembang lebih baik.</p>Mahendra Cipta Pratama, Al Hasin
Copyright (c) 2025 Mahendra Cipta Pratama, Al Hasin
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/39223Sat, 01 Mar 2025 00:00:00 +0000Analisis Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio, dan Total Asset Turnover terhadap Pertumbuhan Laba pada Sektor Perbankan yang Terdaftar pada Indeks Saham LQ45
https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/38564
<p>Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh current ratio, debt to equity ratio, dan total assets turnover terhadap pertumbuhan laba pada sektor perbankan yang terdaftar LQ45 pada tahun 2015-2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan sumber data sekunder yang diambil dari IDX pada tahun 2015-2023. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh 5 perusahaan dengan 45 observasi laporan keuangan perusahaan perbankan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda yang diolah menggunakan software IBM SPSS Statistics. Hasil penelitian menemukan bahwa variabel current ratio dan total assets turnover berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan laba, sedangkan debt to equity ratio tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan laba.</p>Damar Mukti Jatmika, Kartini
Copyright (c) 2025 Damar Mukti Jatmika, Kartini
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/38564Thu, 27 Feb 2025 00:00:00 +0000Pengaruh Personal Resources terhadap Turnover Intention
https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/39149
<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efek mediasi keterikatan kerja karyawan dalam hubungan antara sumber daya pribadi (efikasi diri, harga diri berbasis organisasi, dan optimisme) terhadap niat berhenti kerja pada generasi Z di Yogyakarta. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel 100 yang dikumpulkan dari partisipan generasi Z yang telah bekerja minimal 1 tahun dan berdomisili di Yogyakarta. Data penelitian ini dianalisis menggunakan software Smart-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua sumber daya pribadi memiliki dampak positif pada keterikatan kerja; adapun keterikatan kerja memiliki dampak negatif pada keinginan untuk pindah atau berhenti. Hasil penelitian ini juga mengungkapkan bahwa meskipun harga diri berbasis organisasi dan optimisme memiliki dampak negatif pada keinginan untuk berhenti bekerja; namun efikasi diri tidak berpengaruh pada keinginan untuk berhenti bekerja. Selain itu, keterikatan kerja memediasi hubungan antara efikasi diri, harga diri berbasis organisasi, optimisme, dengan keinginan untuk berhenti bekerja. Penelitian ini tidak dapat sepenuhnya mengontrol variabel eksternal seperti faktor sosial-ekonomi, yang mungkin mempengaruhi hasil penelitian, ditambah dengan fakta sulitnya mencari pekerjaan pasca pandemi, bisa menjadi variabel yang diperhitungkan di penelitian selanjutnya.</p>Ahmad Fauzi Makarim, Muafi
Copyright (c) 2025 Ahmad Fauzi Makarim, Muafi
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/39149Mon, 24 Feb 2025 00:00:00 +0000