Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan, tingkat kepahaman dan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan terhadap sistem rujukan online BPJS analisis kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Kuesioner digunakan untuk mendapatkan data dari pasien yang dirujuk dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Peryama (FKTP) ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjut (FKTL), dengan hasil yang tervalidasi oleh apliksi SPSS tersebut. Dengan sumbu x adalah kepuasan pasien dan sumbu y adalah kepahaman pasien BPJS tentang sistem rujukan online. Hasil dari penelitian ini didapat tingkat kepuasan peserta BPJS kesehatan tentang sistem rujukan online yang ada di Puskesmas Sukaasari Kabupaten Sumedang cukup puas, dan peningkatan kepuasan akan meningkat ketika kepahaman pasien terhadap sistem rujukan online juga meningkat. Kepahaman pasien terhadap sistem rujukan online yang ada di Puskesmas Sukasari Kabupaten Sumedang kurang memahami, itu karena kurangnya pemaparan secara keseluruhan di wilayah kerja Puskesmas Sukasari.

Article Details