Main Article Content
Abstract
Rumah Sakit Islam Siti Khadijah Palembang merupakan salah satu Rumah Sakit di Palembang. Berdasarkan hasil observasi, pengolaan data dan pencarian informasi pasien rawat jalan dikerjakan dengan sistem yang tidak maksimal, sehingga mengakibatkan proses kerja yang tidak efektif dan tidak efisien dalam hal waktu penyelesaian laporan rawat jalan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan pelayanan terhadap pasien rawat jalan maka perlu dilakukan pengembangan Aplikasi sistem informasi pelayanan pasien rawat jalan pada Rumah Sakit Islam Siti Khadijah Palembang. Pengembangan aplikasi sistem informasi ini menggunakan metodologi terstruktur dengan mengambil model Air Terjun (Waterfall Modelling). Pengembangan ini dimulai dari tahap Requirement, tahap Specification, tahap Design yang menggunakan tools data flow diagram untuk pemodelan proses, spesifikasi proses, kamus data, dan entity relationship diagram untuk pemodelan data, tahap Implementation, dan Integration dan System Testing. Pengujian yang dilakukan hanya terbatas pada fungsional sistem saja dengan menggunakan black-box testing. Diharapkan hasil dari pengembangan sistem informasi ini memberikan kemudahan Bagian Administrasi dalam pengolahan data sampai dengan pembuatan laporanlaporan dan mancari informasi rawat jalan, sehingga proses kerjanya menjadi lebih efektif dan efisien.