BUSINESS INTELLIGENCE UNTUK INSTANSI PELAYANAN KESEHATAN:MANFAAT DAN PELUANGNYA DI INDONESIA

Nurul Bahiyah, Rr. Hajar Puji Sejati

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) mendukung kemajuan segala aspek kehidupan, seperti ekonomi, kebudayaan, pendidikan, seni, bisnis dan kesehatan. Salah satu perkembangan TIK yaitu Business Intelligence (BI). Business Intelligence merupakan konsep, metode, proses, alat dan teknologi yang mengubah data menjadi informasi yang lebih bermakna dan dapat digunakan sebagai pendukung keputusan pihak manajemen. Oleh karena itu Bi dapat dikatakan sebagai salah satu Decision Support System (DSS). Tool utama BI yaitu data warehouse, OLAP dan data mining. Instansi kesehatan adalah instansi pelayanan kesehatan yang bertugas memberikan pelayanan kesehatan, pemulihan dan pengobatan masyaakat oleh perseorangan maupun kelompok. Pertumbuhan instansi pelayanan kesehatan seperti rumah sakit di Indonesia sangat pesat. Menghadapi persaingan tersebut, maka instansi kesehatan membutuhkan strategi competitive advantage untuk memenangkan persaingan pasar. Salah satu strategi yang dapat digunakan yaitu teknologi BI. BI dapat membantu rumah sakit dalam meningkatkan kinerja dan performa instansi dan juga dapat meningkatkan pelayanan dan kepuasan pasien.

Full Text:

Untitled