Main Article Content
Abstract
Abstract. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sleman berperan sebagai pusat pelayanan
kesehatan bagi masyarakat, khususnya di Kabupaten Seman. Dalam proses pelayanan, RSUD
Sleman telah menggunakan sistem infromasi. Hal tersebut dilakukan untuk membantu
memudahkan dan meringankan kinerja karyawan. Selain itu, dengan menggunakan sistem
informasi diharapkan mampu meningkatkan kepuasan pasien atas pelayanan. Pengambilan
data yang dilakukan di RSUD Sleman dilakukan dengan cara observasi, pembagian kuesioner
kepada karyawan dan pasien, serta wawancara kepada Kepala Instalasi IT dan Direktur RSUD
Sleman. Audit ini bertujuan untuk menilai proses monitoring dan evaluasi sistem informasi,
menilai efektifitas, efisiensi, dan keandalan sistem informasi, menilai kepuasan pasien, dan juga
menilai kesesuaian sistem dengan kebutuhan yang ada di RSUD Sleman. Dalam proses audit
sistem informasi ini, peneliti menggunakan standar COBIT 5 pada domain Monitor, Evaluate,
and Assess.
Keywords: audit, sistem informasi, rumah sakit, COBIT
kesehatan bagi masyarakat, khususnya di Kabupaten Seman. Dalam proses pelayanan, RSUD
Sleman telah menggunakan sistem infromasi. Hal tersebut dilakukan untuk membantu
memudahkan dan meringankan kinerja karyawan. Selain itu, dengan menggunakan sistem
informasi diharapkan mampu meningkatkan kepuasan pasien atas pelayanan. Pengambilan
data yang dilakukan di RSUD Sleman dilakukan dengan cara observasi, pembagian kuesioner
kepada karyawan dan pasien, serta wawancara kepada Kepala Instalasi IT dan Direktur RSUD
Sleman. Audit ini bertujuan untuk menilai proses monitoring dan evaluasi sistem informasi,
menilai efektifitas, efisiensi, dan keandalan sistem informasi, menilai kepuasan pasien, dan juga
menilai kesesuaian sistem dengan kebutuhan yang ada di RSUD Sleman. Dalam proses audit
sistem informasi ini, peneliti menggunakan standar COBIT 5 pada domain Monitor, Evaluate,
and Assess.
Keywords: audit, sistem informasi, rumah sakit, COBIT