Main Article Content

Abstract

SIKDA dan PCARE merupakan sistem informasi manajemen berbasis website, yang digunakan untuk membantu Puskesmas dalam mengelola data terkait dengan pelayanan keseha-tan kepada masyarakat. Puskesmas Pituruh termasuk dalam salah satu Puskesmas di Kabupaten Purworejo yang diberi wewenang untuk menggunakan SIKDA dan PCARE. Namun, dalam penggunaanya, masih terdapat banyak kendala yang ditemui. Diantaranya, SIKDA dan PCARE tidak menangani masalah keuangan khususnya dibagian rawat inap.
Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem informasi manajemen keuangan puskesmas (SIMK-Pus) guna membantu pegawai puskesmas dalam mengelola data pembayaran rawat inap. SIMPus dirancang menggunakan metode terstruktur dengan notasi perancangan berupa Data Flow Diagram (DFD). Sistem ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan MySQL sebagai Database Management System (DBMS).
Pada sistem yang sudah berhasil dikembangkan, pengguna yang memiliki hak akses sebagai Admin dapat melakukan pengelolaan data harga dan tarif serta mengelola data pengguna. Pengguna dengan hak akses petugas loket dapat melakukan pengelolaan data pasien, sedangkan hak akses bendahara dapat membuat bukti pembayaran rawat inap beserta laporannya. Hak akses manajemen hanya dapat mengakses bukti pembayaran untuk mengawasi traksaksi pem-bayaran. Dari hasil pengujian di Puskesmas Pituruh di Purworejo, SIMK-Pus dinilai sudah mampu meningkatkan kualitas pengelolaan data untuk kebutuhan proses bisnis terkait pelaya-nan kesehatan yang dilakukan, khususnya layanan rawat inap.

Article Details

Author Biographies

Beni Suranto, Universitas Islam Indonesia

Jurusan Teknik Informatika

Dwi Setiyo Kurniati, Universitas Islam Indonesia

Jurusan Teknik Informatika