Editorial Policies

Focus and Scope

Teknisia merupakan jurnal ilmiah yang memuat artikel-artikel bidang Teknik Sipil berupa hasil penelitian, telaah ilmiah dan kajian pustaka yang ditambah dengan pemikiran penerapan pada kasus-kasus tertentu. Teknisia menerbitkan artikel-artikel yang berfokus pada:

1. Teknik struktur
2. Geoteknik
3. Teknik hidro
4. Manajemen Konstruksi
5. Teknik Transportasi (struktur dan sistem)


 

Section Policies

Front Matter

Unchecked Open Submissions Unchecked Indexed Unchecked Peer Reviewed

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Tanggung jawab Reviewer

Reviewer bertanggung jawab untuk mengevaluasi/melakukan penilaian terhadap naskah paper yang sesuai dengan bidang keahliannya, disertai dengan memberikan masukan yang dapat dipertanggung jawabkan secara keilmuan, masukan yang membangun dan jujur kepada penulis terkait dengan naskah yang direview. Selain itu, diharapkan reviewer juga memberikan masukan terkait perbaikan yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas naskah, dan mengevaluasi keaslian naskah serta sumbangsihnya terhadap keilmuan.

Hal-hal yang harus dipertimbangkan reviewer sebelum melakukan review

  • Apabila naskah yang diterima oleh anda selaku reviewer tidak sejalan dengan bidang keahlian anda, dimohon untuk segera menghubungi editor atau pengelola jurnal.

  • Proses review jurnal harus diselesaikan dalam waktu maksimal 1 (satu) bulan, apabila anda selaku reviewer merasa tidak dapat menyelesaikan proses review berdasarkan durasi waktu yang diberikan, dimohon untuk segera menghubungi editor atau pengelola jurnal.

  • Apabila anda selaku reviewer jurnal telah menyetujui untuk melakukan review, tetapi dipertengahan proses review anda merasa tidak dapat menyelesaikan proses review sesuai jangka waktu yang diberikan, dimohon untuk segera menghubungi editor atau pengelola jurnal

Review artikel

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan review naskah paper antara lain:

  1. Keaslian dan kualitas konten

Perihal keaslian antara lain terkait novelty artikel, apakah artikel ini merupakan top 25% dari paper-paper dibidangnya. Kemudian terkait kualitas konten dapat dinilai antara lain dari apakah artikel memenuhi kaidah yang dipersyaratkan standar jurnal, seberapa besar sumbangsih terhadap ilmu pengetahuan, apakah tujauan atau latar belakang penelitian adalah hal penting.

  1. Pengorganisasian

Apakah terdapat pembagian bab sub-bab yang jelas antara lain latar belakang atau pendahuluan, metodologi, hasil dan pembahasan, kesimpulan serta terdapat pengorganisasian yang jelas untuk gambar dan tabel.

  1. Kejelasan konten 

Apakah artikel sesuai dengan tema atau topik yang diangkat oleh jurnal ini. 

Judul; apakah judul menggambarkan isi artikel secara jelas, dan apakah abstrak cukup baik merefleksikan isi artikel. 

Latar belakang atau pendahuluan; apakah tujuan penelitian dituliskan dengan jelas oleh penulis, dan apakah permasalahan yang diteliti diutarakan oleh penulis dengan jelas. Lazimnya, pada latar beakang atau pendahuluan penulis merangkum penelitian-penelitian terdahulu yang berkaitan dengan disertai hal-hal apa saja yang menjadi objek-objek penelitian terdahulu, sehingga dapat diketahui dengan jelas hal berbeda apa yang diteliti oleh penulis.

Metodologi; beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain apakah penulis menjelaskan dengan akurat bagaimana data-data dikumpulkan, apakah metode yang dilakukan sesuai untuk tujuan yang dituju penulis, apakah artikel mengidentifikasi prosedur yang dijalankan, apakah metode yang dijalankan adalah metode baru dan dijelaskan dengan detail dan baik, apakah sampling yang dilakukan mencukupi, apakah bahan dan alat dideskripsikan dengan cukup baik, dan lain sebagainya.

Hasil dan pembahasan; pada bagian ini seharusnya penulis menguraikan dengan jelas hal-hal apa saja yang ditemukan selama penelitian. Hal tersebut lazimnya disertai dengan penjelasan-penjelasan yang logis dan ilmiah. Apabila terdapat cara pengolahan data penulis yang menurut anda selaku reviewer dirasa kurang benar, dipersilahkan untuk memberikan masukan kepada penulis dan disampaikan kepada editor.

Kesimpulan; apakah keimpulan medukung atau berlawananan dengan hipotesa, apakah penulis menjelaskan bagaimana korelasi hasil penelitiannya dengan penelitian-penelitian sebelumnya, apakah dijelaskan dalam kesimpulan bagaimana sumbangsih penelitian terhadap ilmu pengetahuan.

Tabel dan gambar; apakah table atau gambar sesuai, apakah menunjukkan data dengan baik apakah cukup mudah untuk dipahami atau tidak. 

Hal-hal yang harus diperhatikan reviewer setelah melakukan review

  • Artikel yang didistribusikan ke reviewerbersifat confidential. Oleh karena itu, apabila anda selaku reviewer menghendaki untuk berdiskusi dengan kolega dalam satu bidang keahlian, dimohon untuk menanyakan hal tersebut kepada editor terlebih dahulu.

  • Reviewer dilarang menghubungi penulis secara langsung.

  • Reviewer dimohon memperhatikan etika publikasi:

  • Plagiarism: apabila ditemukan dugaan plagiarism dimohon untuk memberitahukan kepada editor atau pengelola jurnal disertai dengan kutipan artikel yang disalin sedetail mungkin.

  • Fraud: apabila ditemukan dugaan penipuan (fraudster) dimohon untuk memberitahukan kepada editor atau pengelola jurnal.

Prosedur melakukan review

Reviewer dimohon untuk dapat melakukan review dengan mengisikan form reviewer yang tersedia. Apabila dikehendaki untuk memberikan masukan atau koreksi lebih detail kepada penulis, sangat diperbolehkan untuk mengunggah file artikel yang sudah diberikan komentar. 

 

Publication Frequency

Jurnal Teknisia terbit dua kali dalam setahun pada bulan Mei dan November.

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Plagiarism Check

Semua artikel yang disubmit di Jurnal Teknisia akan dicek tingkat similaritas dan plagiarisasinya. Artikel yang tidak memenuhi kriteria akan ditolak oleh editor. Alat pengecek similaritas dan plagiarisasi menggunakan Turnitin.

 

Abstracting and Indexing

Jurnal Teknisia telah terindeks dalam lembaga pengindek sebagai berikut: