Main Article Content
Abstract
Keterbatasan pengetahuan mengenai startegi pembelajaran dan pengolahan kelas yang belum optimal saat ini secara tidak langsung memanggil kami untuk menerapkan sebuah bentuk Pengabdian Masyarakat dengan mengambil kasus yang seringkali muncul dalam persoalan pendidikan dan jika di signifikankan pengelolaan kelas sangat menarik perhatian kami. Dan yang telah kami temui di lapangan bahwa pengajar baik peran guru di dalam ruang lingkup sekolah maupun peran ustadz dan ustadzah dalam ruang lingkup pondok pesantren juga TPA (Taman Pintar Al-Qur’an) saat dalam proses pembelajaran di masih belum menguasai teknik serta masih memiliki wawasan yang kurang menegani metode pembelajaran. Masalah tersebut masih belum terelesaikan alias berlanjut di karenakan kurangnya kreatifitas dari pengajar yang cenderung terpaku pada metode yang sudah diterapkan dari pengajar sebelumnya. Sehingga, proses pembelajaran TPA memberikan kesan yang monoton Sehingga dalam penerapan teknik maupun metode dengan baik dan memiliki pemahaman terhadap hal tersebut dapat memberikan dampak terhadap pengelolaan kelas terutama terhadap pemahaman anak atau peserta didik. Sedangkan dalam proses pembelajaran di TPA (Taman Pintar Al-Qur’an), para pengajar diharapkan dapat memberikan kemampuan dalam membawakan kelas dari masing-masing diri mengenai teknik serta metode belajar Al-Qur’an yang mereka miliki dengan se-kreatif mungkin, baik dalam penyampaian materi maupun dalam strategi pembelajaran. Maka dari itu, dalam rangka memunculkan dan mengembangkan pola kreatifitas pengajar dalam penyampaian metode serta stategi belajar Al-Qur;an yang baru dalam proses pembelajaran TPA, penulis melakukan sebuah Pengabdian Masyarakat untuk pengembangan metode dan strategi tersebut dengan menerapkan metode BCM (Belajar, Cerita, dan Menyanyi) dalam proses belajar mengajar baik pembelajaran mengenai Al-Qur’an maupun materi keislaman yang lain sebagainya di TPA.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2019 at-thullab Jurnal Mahasiswa Studi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
- Ahmad Susanto, Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar, PRENAMEDIA GROUP, Jakarta, hlm. 15.
- Sri Warsono, “Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Beajar Siswa”, Vol. 10, No. 5, November (2016) : 469
- Nanik Umaroh, “Pengembangan Pembelajaran Al-Qur’an Di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Riyadlus Sholihin Desa Klicebong Krasak Teras Boyolali”, Skirpsi Mahasiswa, Surakarta : IAIN Surakarta, (2017) : 2
- Di kutip dari https://pamuadzbinjabal.wordpress.com/metode-bcm/ di akses pada hari Selasa tanggal 21 April 2019 jam 16.00 WIB
- https://www.researchgate.net/publication/330933433_ di akses pada hari Selasa tanggal 21 April 2019 jam 16.00 WIB
- Di kutip dari https://www.researchgate.net/publication/330933433_ di akses pada hari Selasa tanggal 21 April 2019 jam 16.00 WIB
- Di kutip dari https://pamuadzbinjabal.wordpress.com/metode-bcm/ di akses pada hari Selasa tanggal 21 April 2019 jam 16.00 WIB
- Di kutip dari https://www.researchgate.net/publication/330933433_ di akses pada hari Selasa tanggal 21 April 2019 jam 16.00 WIB
- Wawancara dengan Risky di Yogyakarta, tanggal 06 April 2019
- Wawancara dengan Ilham Mashabi, tanggal 15 April 2019
- Wawancara dengan Wardini di Yogyakarta, tanggal 04 Mei 201
References
Ahmad Susanto, Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar, PRENAMEDIA GROUP, Jakarta, hlm. 15.
Sri Warsono, “Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Beajar Siswa”, Vol. 10, No. 5, November (2016) : 469
Nanik Umaroh, “Pengembangan Pembelajaran Al-Qur’an Di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Riyadlus Sholihin Desa Klicebong Krasak Teras Boyolali”, Skirpsi Mahasiswa, Surakarta : IAIN Surakarta, (2017) : 2
Di kutip dari https://pamuadzbinjabal.wordpress.com/metode-bcm/ di akses pada hari Selasa tanggal 21 April 2019 jam 16.00 WIB
https://www.researchgate.net/publication/330933433_ di akses pada hari Selasa tanggal 21 April 2019 jam 16.00 WIB
Di kutip dari https://www.researchgate.net/publication/330933433_ di akses pada hari Selasa tanggal 21 April 2019 jam 16.00 WIB
Di kutip dari https://pamuadzbinjabal.wordpress.com/metode-bcm/ di akses pada hari Selasa tanggal 21 April 2019 jam 16.00 WIB
Di kutip dari https://www.researchgate.net/publication/330933433_ di akses pada hari Selasa tanggal 21 April 2019 jam 16.00 WIB
Wawancara dengan Risky di Yogyakarta, tanggal 06 April 2019
Wawancara dengan Ilham Mashabi, tanggal 15 April 2019
Wawancara dengan Wardini di Yogyakarta, tanggal 04 Mei 201