Main Article Content

Abstract

Penelitian ini didasarkan oleh sitem pendidikan TPA yang masih tradisional, sehingga membutuhkan pembaruan dalam model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain konsep pembelajaran TPA yang berbasis penanaman karakter pada anak di TPA Al-Karim, Dusun Ngandong, Girikerto, Yogyakarta. Desain konsep pembelajaran yang disusun didasarkan pada pengamatan peneliti terhadap proses pembelajaran TPA yang sudah berlangsung dengan menyesuaikan kemampuan santri dan keadaan lingkungan TPA. Desain Konsep Pembelajaran yang disusun dirancang untuk diterapkan selam dua bulan yang terdiri dari Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Dasar, Rancangan Materi Pembelajaran dan Draf Budaya. Berdasarkan pengamatan dari hasil penerapan Desain Konsep Pembelajaran yang sudah dilaksanakan, terjadi peningkatan jumlah santri TPA Al-Karim Dusun Ngandong, serta juga terjadi pembiasaan-pembiasaan akhlak yang baik selama proses pembelajaran TPA berlangsung dengan menggunakan pedoman Draft Budaya.

Keywords

Karakter TPA Konsep Pembelajaran

Article Details

References

  1. Dilansir dari berita tempo.co tanggal 12 september 2018,
  2. Emzir. Metodologi Penelitian Pendidikan:Kuantitatif dan Kualitatif (Jakarta: Rajawali Pers.(2010)
  3. Milles dan Huberman, Analisis Data Kualitatif, (Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1992)
  4. Muhammad Ali Ramdhan, Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter Jurnal Pendidikan Universitas Garut Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut ISSN: 1907-932X,
  5. Sugiyono,Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, (Bandung:Alfabeta,2009).
  6. Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. (Bandung: Alfabeta. 2010).
  7. Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. (Bandung: Alfabeta. 2012)