Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat Mahasiswa Universitas Islam Indonesia di Yogyakarta terhadap penggunaan e-money sebagai instrumen pembayaran non-tunai di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan metode analisis data regresi linier berganda menggunakan SPSS. Populasi yang digunakan adalah mahasiswa Universitas Islam Indonesia yang berjumlah 26.000. Sedangkan, sampel yang digunakan berjumlah 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai literasi keuangan, keamanan dan kemampuan finansial berpengaruh positif dengan taraf signifikasi 0.5 atau 5% terhadap minat mahasiswa menggunakan e-money. Nilai koefisien korelasi (R) menunjukkan angka sebesar 0,823. Hal tersebut berarti bahwa ada hubungan yang kuat antara variabel independen (literasi keuangan, keamanan, kemampuan finansial) dengan variabel dependen (minat menggunakan e-money) karena nilai R mendekati 1. Sementara itu, koefisien determinasi (Adjusted R Square) menunjukkan angka sebesar 0,668 yang artinya bahwa variabel independen berkontribusi mempengaruhi variabel dependen sebesar 66,8% sedangkan sisanya 33,2% dipengaruhi oleh faktor variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords

Minat E-money Non-tunai Covid-19

Article Details

References

  1. Aksami, N. M. D. and Jember, I. M. (2019) ‘Analisis Minat Penggunaan Layanan
  2. E-Money pada Masyarakat Kota Denpasar’, E-Jurnal EP Unud, 8(9), pp.
  3. –2470.
  4. Anam, C., & Ei, M. (2018). E-Money ( Uang Elektronik ) Dalam Perspektif Hukum Syari’ah. 95–112.
  5. Angela, E. A. Y. U., Ekonomi, F., & Bisnis, D. A. N. (2020). Pengaruh Kinerja Pelayanan , Customer Relationship Management Dan Digitalisasi Bank Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan ( Studi Kasus Bank Syariah Mandiri KCP Boyolali ) SKRIPSI.
  6. Ariani, M dan Zulhawati, 2016.Effect of Easy Transaction, Cosumer Interests, and
  7. Systems Security Level Measures Against Fraud Online Shopping in Lazada.
  8. (12) , pp. 187–206.
  9. Emik, J., & Hasanuddin, U. (2020). Penggunaan E-wallet di Kalangan Mahasiswa. 3.
  10. Firdauzi Indrawan (2016) ‘Pengaruh Kemampuan Finansial, Kemudahan, dan
  11. Perilaku Konsumen Terhadap Minat Penggunaan Uang Elektronik di Kota
  12. Yogyakarta’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), pp.
  13. –1699.
  14. Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  15. Herawati, N. T. (2017) ‘Tingkat Literasi Keuangan Mahasiswa serta Faktor-Faktor
  16. yang Mempengaruhinya’, Seminar Nasional Riset Inovatif 2017, 5, pp. 131–
  17. Available at:
  18. http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/download/928/667/.
  19. Irawati, A. E., & Suhartono, E. (2020). Analisis technology acceptance model aplikasi linkaja. 13(3), 164–174.
  20. Negara, A. K., Immawati, S. A., Manajemen, P. S., Muhammadiyah, U., & Manajemen, J. S. (2020). Pertimbangan dan Sikap Milenial terhadap Minat Menggunakan E-Wallet : Pada Masa PSBB Pandemi Covid-19 di Kota Tangerang. 03(02).
  21. Noor, J. (2017). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Kencana.
  22. Nuswantoro. (n.d.). Desain Penelitian Pertemuan keempat. Retrieved February 28, 2021, from http://eprints.dinus.ac.id/14589/1/[Materi]_4._MP_-_DESAIN_PENELITIAN.pdf
  23. Pradana, F. (2018). Pengaruh Manajemen Hubungan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Pengalaman Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Nasabah Pt Fac Sekuritas Indonesia Di Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis, 9(2), 193–212. https://doi.org/10.18196/mb.9262
  24. Pradana, R.S. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Penggunaan
  25. E-money di Kota Malang. Journal Management, 1-10.
  26. Pravasanti, Yuwira Ariessa & Muhammad Tho’in. (2018). Meningkatkan Loyalitas
  27. Mahasiswa melalui Service Performance. Journal of Management and
  28. Business, 1(2), 107-118
  29. Radiansyah, M. (2016) ‘“Analisis Persepsi Masyarakat Muslim Terhadap
  30. Penggunaan Alat Pembayaran Non Tunai Di Kota Medan”’, AT-
  31. TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 1(1), pp. 125–151. Available at:
  32. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/tawassuth/article/view/366.
  33. Rakyat, P. (2021). Pandemi Dongkrak Penggunaan E-money, Umumnya untuk Bayar Layanan Antar Makanan - Pikiran-Rakyat.com. Pikiran-Rakyat. https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-011327120/pandemi-dongkrak-penggunaan-e-money-umumnya-untuk-bayar-layanan-antar-makanan
  34. Sheth, J. (2020). Impact of Covid-19 on Consumer Behavior : Will the Old Habits Return or Die ? Journal of Business Research, 117(June), 280–283. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.05.059
  35. Sulistiani, S. L., & Bandung, U. I. (2019). Aspek Hukum Fintech Syariah Untuk Peningkatan. 11, 99–120.
  36. Universitas, E., & Pgri, I. (2020). sebesar 3,085 dan t. 7(2), 209–224.
  37. Utami, S. S. et al. (2017) ‘Balance Vol. XIV No. 2 | Juli 2017 Faktor-Faktor Yang
  38. Memengaruhi Minat Penggunaan E-Money (Studi pada Mahasiswa STIE
  39. Ahmad Dahlan Jakarta )’, XIV(2).
  40. Utari, P., Fitri, A., Setyanto, E., & Henny, C. (2020). Belanja on-line mahasiswa di era pandemi Covid-19 : modifikasi perilaku konsumen. 5(2), 143–154.