Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat Mahasiswa Universitas Islam Indonesia di Yogyakarta terhadap penggunaan e-money sebagai instrumen pembayaran non-tunai di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan metode analisis data regresi linier berganda menggunakan SPSS. Populasi yang digunakan adalah mahasiswa Universitas Islam Indonesia yang berjumlah 26.000. Sedangkan, sampel yang digunakan berjumlah 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai literasi keuangan, keamanan dan kemampuan finansial berpengaruh positif dengan taraf signifikasi 0.5 atau 5% terhadap minat mahasiswa menggunakan e-money. Nilai koefisien korelasi (R) menunjukkan angka sebesar 0,823. Hal tersebut berarti bahwa ada hubungan yang kuat antara variabel independen (literasi keuangan, keamanan, kemampuan finansial) dengan variabel dependen (minat menggunakan e-money) karena nilai R mendekati 1. Sementara itu, koefisien determinasi (Adjusted R Square) menunjukkan angka sebesar 0,668 yang artinya bahwa variabel independen berkontribusi mempengaruhi variabel dependen sebesar 66,8% sedangkan sisanya 33,2% dipengaruhi oleh faktor variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
- Aksami, N. M. D. and Jember, I. M. (2019) ‘Analisis Minat Penggunaan Layanan
- E-Money pada Masyarakat Kota Denpasar’, E-Jurnal EP Unud, 8(9), pp.
- –2470.
- Anam, C., & Ei, M. (2018). E-Money ( Uang Elektronik ) Dalam Perspektif Hukum Syari’ah. 95–112.
- Angela, E. A. Y. U., Ekonomi, F., & Bisnis, D. A. N. (2020). Pengaruh Kinerja Pelayanan , Customer Relationship Management Dan Digitalisasi Bank Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan ( Studi Kasus Bank Syariah Mandiri KCP Boyolali ) SKRIPSI.
- Ariani, M dan Zulhawati, 2016.Effect of Easy Transaction, Cosumer Interests, and
- Systems Security Level Measures Against Fraud Online Shopping in Lazada.
- (12) , pp. 187–206.
- Emik, J., & Hasanuddin, U. (2020). Penggunaan E-wallet di Kalangan Mahasiswa. 3.
- Firdauzi Indrawan (2016) ‘Pengaruh Kemampuan Finansial, Kemudahan, dan
- Perilaku Konsumen Terhadap Minat Penggunaan Uang Elektronik di Kota
- Yogyakarta’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), pp.
- –1699.
- Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
- Herawati, N. T. (2017) ‘Tingkat Literasi Keuangan Mahasiswa serta Faktor-Faktor
- yang Mempengaruhinya’, Seminar Nasional Riset Inovatif 2017, 5, pp. 131–
- Available at:
- http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/download/928/667/.
- Irawati, A. E., & Suhartono, E. (2020). Analisis technology acceptance model aplikasi linkaja. 13(3), 164–174.
- Negara, A. K., Immawati, S. A., Manajemen, P. S., Muhammadiyah, U., & Manajemen, J. S. (2020). Pertimbangan dan Sikap Milenial terhadap Minat Menggunakan E-Wallet : Pada Masa PSBB Pandemi Covid-19 di Kota Tangerang. 03(02).
- Noor, J. (2017). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Kencana.
- Nuswantoro. (n.d.). Desain Penelitian Pertemuan keempat. Retrieved February 28, 2021, from http://eprints.dinus.ac.id/14589/1/[Materi]_4._MP_-_DESAIN_PENELITIAN.pdf
- Pradana, F. (2018). Pengaruh Manajemen Hubungan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Pengalaman Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Nasabah Pt Fac Sekuritas Indonesia Di Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis, 9(2), 193–212. https://doi.org/10.18196/mb.9262
- Pradana, R.S. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Penggunaan
- E-money di Kota Malang. Journal Management, 1-10.
- Pravasanti, Yuwira Ariessa & Muhammad Tho’in. (2018). Meningkatkan Loyalitas
- Mahasiswa melalui Service Performance. Journal of Management and
- Business, 1(2), 107-118
- Radiansyah, M. (2016) ‘“Analisis Persepsi Masyarakat Muslim Terhadap
- Penggunaan Alat Pembayaran Non Tunai Di Kota Medan”’, AT-
- TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 1(1), pp. 125–151. Available at:
- http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/tawassuth/article/view/366.
- Rakyat, P. (2021). Pandemi Dongkrak Penggunaan E-money, Umumnya untuk Bayar Layanan Antar Makanan - Pikiran-Rakyat.com. Pikiran-Rakyat. https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-011327120/pandemi-dongkrak-penggunaan-e-money-umumnya-untuk-bayar-layanan-antar-makanan
- Sheth, J. (2020). Impact of Covid-19 on Consumer Behavior : Will the Old Habits Return or Die ? Journal of Business Research, 117(June), 280–283. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.05.059
- Sulistiani, S. L., & Bandung, U. I. (2019). Aspek Hukum Fintech Syariah Untuk Peningkatan. 11, 99–120.
- Universitas, E., & Pgri, I. (2020). sebesar 3,085 dan t. 7(2), 209–224.
- Utami, S. S. et al. (2017) ‘Balance Vol. XIV No. 2 | Juli 2017 Faktor-Faktor Yang
- Memengaruhi Minat Penggunaan E-Money (Studi pada Mahasiswa STIE
- Ahmad Dahlan Jakarta )’, XIV(2).
- Utari, P., Fitri, A., Setyanto, E., & Henny, C. (2020). Belanja on-line mahasiswa di era pandemi Covid-19 : modifikasi perilaku konsumen. 5(2), 143–154.
References
Aksami, N. M. D. and Jember, I. M. (2019) ‘Analisis Minat Penggunaan Layanan
E-Money pada Masyarakat Kota Denpasar’, E-Jurnal EP Unud, 8(9), pp.
–2470.
Anam, C., & Ei, M. (2018). E-Money ( Uang Elektronik ) Dalam Perspektif Hukum Syari’ah. 95–112.
Angela, E. A. Y. U., Ekonomi, F., & Bisnis, D. A. N. (2020). Pengaruh Kinerja Pelayanan , Customer Relationship Management Dan Digitalisasi Bank Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan ( Studi Kasus Bank Syariah Mandiri KCP Boyolali ) SKRIPSI.
Ariani, M dan Zulhawati, 2016.Effect of Easy Transaction, Cosumer Interests, and
Systems Security Level Measures Against Fraud Online Shopping in Lazada.
(12) , pp. 187–206.
Emik, J., & Hasanuddin, U. (2020). Penggunaan E-wallet di Kalangan Mahasiswa. 3.
Firdauzi Indrawan (2016) ‘Pengaruh Kemampuan Finansial, Kemudahan, dan
Perilaku Konsumen Terhadap Minat Penggunaan Uang Elektronik di Kota
Yogyakarta’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), pp.
–1699.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Herawati, N. T. (2017) ‘Tingkat Literasi Keuangan Mahasiswa serta Faktor-Faktor
yang Mempengaruhinya’, Seminar Nasional Riset Inovatif 2017, 5, pp. 131–
Available at:
http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/download/928/667/.
Irawati, A. E., & Suhartono, E. (2020). Analisis technology acceptance model aplikasi linkaja. 13(3), 164–174.
Negara, A. K., Immawati, S. A., Manajemen, P. S., Muhammadiyah, U., & Manajemen, J. S. (2020). Pertimbangan dan Sikap Milenial terhadap Minat Menggunakan E-Wallet : Pada Masa PSBB Pandemi Covid-19 di Kota Tangerang. 03(02).
Noor, J. (2017). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Kencana.
Nuswantoro. (n.d.). Desain Penelitian Pertemuan keempat. Retrieved February 28, 2021, from http://eprints.dinus.ac.id/14589/1/[Materi]_4._MP_-_DESAIN_PENELITIAN.pdf
Pradana, F. (2018). Pengaruh Manajemen Hubungan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Pengalaman Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Nasabah Pt Fac Sekuritas Indonesia Di Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis, 9(2), 193–212. https://doi.org/10.18196/mb.9262
Pradana, R.S. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Penggunaan
E-money di Kota Malang. Journal Management, 1-10.
Pravasanti, Yuwira Ariessa & Muhammad Tho’in. (2018). Meningkatkan Loyalitas
Mahasiswa melalui Service Performance. Journal of Management and
Business, 1(2), 107-118
Radiansyah, M. (2016) ‘“Analisis Persepsi Masyarakat Muslim Terhadap
Penggunaan Alat Pembayaran Non Tunai Di Kota Medan”’, AT-
TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 1(1), pp. 125–151. Available at:
http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/tawassuth/article/view/366.
Rakyat, P. (2021). Pandemi Dongkrak Penggunaan E-money, Umumnya untuk Bayar Layanan Antar Makanan - Pikiran-Rakyat.com. Pikiran-Rakyat. https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-011327120/pandemi-dongkrak-penggunaan-e-money-umumnya-untuk-bayar-layanan-antar-makanan
Sheth, J. (2020). Impact of Covid-19 on Consumer Behavior : Will the Old Habits Return or Die ? Journal of Business Research, 117(June), 280–283. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.05.059
Sulistiani, S. L., & Bandung, U. I. (2019). Aspek Hukum Fintech Syariah Untuk Peningkatan. 11, 99–120.
Universitas, E., & Pgri, I. (2020). sebesar 3,085 dan t. 7(2), 209–224.
Utami, S. S. et al. (2017) ‘Balance Vol. XIV No. 2 | Juli 2017 Faktor-Faktor Yang
Memengaruhi Minat Penggunaan E-Money (Studi pada Mahasiswa STIE
Ahmad Dahlan Jakarta )’, XIV(2).
Utari, P., Fitri, A., Setyanto, E., & Henny, C. (2020). Belanja on-line mahasiswa di era pandemi Covid-19 : modifikasi perilaku konsumen. 5(2), 143–154.