Main Article Content

Abstract

Pembelajaran PAI seringkali menggunakan pendekatan TCL (Teacher Center Learning), yaitu pembelajaran yang lebih berpusat pada guru. Sehingga, pembelajaran seperti ini cenderung membosankan bagi para peserta didik. Oleh karena itu, dikembangkanlah penelitian ini dengan tujuan untuk menganalisis mengenai penerapan metode Card Sort dalam pembelajaran PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, wawancara, kuesioner, angket, dan dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini ialah, peserta didik kelas V di SD Negeri Bulus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kualitas pembelajaran di kelas pada mata pelajaran PAI dan juga peserta didik menjadi lebih aktif, dimulai dari siklus 1 sampai 2. Hal tersebut ditandai dengan ketuntasan pada kompetensi inti, dasar, dan indikator pencapaian kompetensi, melalui tes evaluasi tertulis dan lisan. Sehingga, penelitian ini dapat memberikan informasi sebagai pertimbangan, pendukung, dan sumbangan pemikiran kepada berbagai pihak, dalam melakukan variasa metode pembelajara. Adapun temuan yang didapat dalam penelitian ini yaitu, metode Card Sort mampu untuk menjadi pengembangan metode pembelajaran dalam PAI. Di sisi lain metode ini juga dapat diterapkan pada mata pelajaran lain, dan sekaligus dapat diterapkan di semua kelas

Keywords

Metode Card Sort Pendidikan Agama Islam Motivasi Belajar

Article Details

References

  1. Andayani, A. M. (2004). Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Kompetensi: Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  2. Dr. Farida Nugrahani, M. (2014). METODE PENELITIAN KUALITATIF dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta.
  3. Fadilah, N. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Penerapan Card Sort Learning. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 11, Nomor 2, 175.
  4. Fadilah, N. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Penerapan Card Sort Learning. Nadwa | Jurnal Pendidikan Islam, 172.
  5. Heti Trisnawati, K. (2023). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN RASUL ULUL AZMI DENGAN METODE CARD SORT. Jurnal Syntax Transformation, 88, Vol. 4 .
  6. Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.
  7. Ida Rosyidah, T. F. (2020). Metode Active Learning Type Card Sort dalam Meningkatkan Prestasi Siswa. ATTHULAB : Islamic Religion Teaching & Learning Journal, 181.
  8. KISMATUN. (2021). PENINGKATKAN BACAAN NUN MATI/TANWIN MENGGUNAKAN METODE CARD SORT. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran, 55.
  9. Mukhtar, H. (2020). Penerapan Metode Card Sort dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 9 Bujung Tangaya Kabupaten Pangkep. Ash-Shahabah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 6, Nomor 1, 24.
  10. Musya'Adah, U. (2018). Peran Penting Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. AULADA: Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, 12.
  11. Nurezkiana, A. (2018). Pengaruh Penerapan Active Learning terhadap Prestasi Siswa Kelas 8 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Al-Azhar 15 Cilacap. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.
  12. Siberman. (2006). Strategi Pembelajaran Aktif. Bandung: Nusa Media.
  13. Silberman. (2006). Strategi Pembelajaran Aktif. Bandung: Nusa Media.
  14. Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  15. Yasin, A. F. (2010). Dimensi - Dimensi Pendidikan Islam. Malang: UIN PRESS, 185.
  16. Yoyoh, M. E. (Juni 2021). Implementasi Strategi Card Sort untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar PAI Pada Materi Meraih Kesuksesan dengan Optimis, Ikhtiar dan Tawakal di Kelas IX A SMP Negeri 1 Rancakalong Kabupaten Sumedang. Tanzhimuna, 1 Volume 1. No 1, 87.