Main Article Content
Abstract
Masjid sering kali dianggap sebagai pusat kegiatan keagamaan semata, namun, dalam konteks kampus, peran masjid dapat lebih luas lagi. Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran masjid sekitar kampus dalam memfasilitasi sinergi antara masyarakat dan lingkungan pendidikan, dengan memfokuskan pada studi kasus di Masjid Al Mukmin Plosorejo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam dengan pengurus masjid Al-Mukmin Plosorejo. Temuan menunjukkan bahwa Masjid Al-Mukmin Plosorejo bukan hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga menjadi pusat kegiatan sosial, pendidikan, dan pengembangan masyarakat. Peran masjid ini dalam mensinergikan antara masyarakat dan lingkungan pendidikan terbukti melalui berbagai program seperti pelatihan keterampilan, serta pembinaan karakter. Implikasi dari temuan ini adalah pentingnya memahami peran multifungsi masjid dalam konteks pendidikan tinggi dan bagaimana sinergi ini dapat ditingkatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan pendidikan. Studi ini memberikan kontribusi dalam memperluas pemahaman tentang peran masjid dalam konteks sosial dan pendidikan serta memberikan dasar untuk kebijakan dan praktik yang lebih inklusif di masa depan.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
- Alwi, M.A., M. M. (2020). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Masjid di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Al-Hikmah, 18(1), 99–116. https://doi.org/10.35719/alhikmah.v18i1.25
- Mannuhung, S., & Tenrigau, A. M. (2018). Manajemen Pengelolaan Masjid Dan Remaja Masjid Di Kota Palopo. To Maega | Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 14. https://doi.org/10.35914/tomaega.v1i1.69
- Ridwanullah, A. I., & Herdiana, D. (2018). Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Masjid. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 12(1), 82–98. https://doi.org/10.15575/idajhs.v12i1.2396
- Rifa’i, A. (2016). Revitalisasi Fungsi Masjid Dalam Kehidupan Masyarakat Modern. UNIVERSUM, 10(2). https://doi.org/10.30762/universum.v10i2.256
- Saleh, N., Djibu, R., & Duludu, U. A. T. A. (2022). Efektivitas Pembelajaran Taman Pendidikan Al-Qur’an Di Desa Biluhu Timur Kecamatan Batudaa Pantai. Student Journal of Community Education, 1–11. https://doi.org/10.37411/sjce.v1i2.909
- Sintasari, B. (2021). Pemberdayaan remaja masjid dan perannya dalam pendidikan islam. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 10(1), 100–114. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v10i1.251
- Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641
References
Alwi, M.A., M. M. (2020). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Masjid di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Al-Hikmah, 18(1), 99–116. https://doi.org/10.35719/alhikmah.v18i1.25
Mannuhung, S., & Tenrigau, A. M. (2018). Manajemen Pengelolaan Masjid Dan Remaja Masjid Di Kota Palopo. To Maega | Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 14. https://doi.org/10.35914/tomaega.v1i1.69
Ridwanullah, A. I., & Herdiana, D. (2018). Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Masjid. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 12(1), 82–98. https://doi.org/10.15575/idajhs.v12i1.2396
Rifa’i, A. (2016). Revitalisasi Fungsi Masjid Dalam Kehidupan Masyarakat Modern. UNIVERSUM, 10(2). https://doi.org/10.30762/universum.v10i2.256
Saleh, N., Djibu, R., & Duludu, U. A. T. A. (2022). Efektivitas Pembelajaran Taman Pendidikan Al-Qur’an Di Desa Biluhu Timur Kecamatan Batudaa Pantai. Student Journal of Community Education, 1–11. https://doi.org/10.37411/sjce.v1i2.909
Sintasari, B. (2021). Pemberdayaan remaja masjid dan perannya dalam pendidikan islam. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 10(1), 100–114. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v10i1.251
Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641