Main Article Content

Abstract

Masjid sering kali dianggap sebagai pusat kegiatan keagamaan semata, namun, dalam konteks kampus, peran masjid dapat lebih luas lagi. Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran masjid sekitar kampus dalam memfasilitasi sinergi antara masyarakat dan lingkungan pendidikan, dengan memfokuskan pada studi kasus di Masjid Al Mukmin Plosorejo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam dengan pengurus masjid Al-Mukmin Plosorejo. Temuan menunjukkan bahwa Masjid Al-Mukmin Plosorejo bukan hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga menjadi pusat kegiatan sosial, pendidikan, dan pengembangan masyarakat. Peran masjid ini dalam mensinergikan antara masyarakat dan lingkungan pendidikan terbukti melalui berbagai program seperti pelatihan keterampilan, serta pembinaan karakter. Implikasi dari temuan ini adalah pentingnya memahami peran multifungsi masjid dalam konteks pendidikan tinggi dan bagaimana sinergi ini dapat ditingkatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan pendidikan. Studi ini memberikan kontribusi dalam memperluas pemahaman tentang peran masjid dalam konteks sosial dan pendidikan serta memberikan dasar untuk kebijakan dan praktik yang lebih inklusif di masa depan.


 

Keywords

Masjid Masyarakat Pendidikan Sosial Kampus

Article Details

References

  1. Alwi, M.A., M. M. (2020). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Masjid di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Al-Hikmah, 18(1), 99–116. https://doi.org/10.35719/alhikmah.v18i1.25
  2. Mannuhung, S., & Tenrigau, A. M. (2018). Manajemen Pengelolaan Masjid Dan Remaja Masjid Di Kota Palopo. To Maega | Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 14. https://doi.org/10.35914/tomaega.v1i1.69
  3. Ridwanullah, A. I., & Herdiana, D. (2018). Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Masjid. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 12(1), 82–98. https://doi.org/10.15575/idajhs.v12i1.2396
  4. Rifa’i, A. (2016). Revitalisasi Fungsi Masjid Dalam Kehidupan Masyarakat Modern. UNIVERSUM, 10(2). https://doi.org/10.30762/universum.v10i2.256
  5. Saleh, N., Djibu, R., & Duludu, U. A. T. A. (2022). Efektivitas Pembelajaran Taman Pendidikan Al-Qur’an Di Desa Biluhu Timur Kecamatan Batudaa Pantai. Student Journal of Community Education, 1–11. https://doi.org/10.37411/sjce.v1i2.909
  6. Sintasari, B. (2021). Pemberdayaan remaja masjid dan perannya dalam pendidikan islam. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 10(1), 100–114. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v10i1.251
  7. Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641