Main Article Content
Abstract
Kampus Mengajar menjadi salah satu program andalan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Adapun tujuan utama Kampus Mengajar yaitu pada peningkatan literasi, numerasi, dan adaptasi teknologi. Selain itu, tujuan utama Kampus Mengajar bagi mahasiswa adalah meningkatkan kemampuan pedagogi. Akan tetapi, pada kenyataannya program ini tidak hanya meningkatkan kemampuan pedagogi mahasiswa saja, tetapi banyak kemampuan lain yang meningkat dalam diri mahasiswa. Oleh karena itu, dilakukanlah penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui keahlian apa saja yang meningkat dalam diri mahasiswa semenjak mengikuti program Kampus Mengajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif, kemudian subjek penelitian ini yaitu mahasiswa Prodi PAI JSI UII yang telah mengikuti Kampus Mengajar dari angkatan 1 sampai 6. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Adapun untuk hasil yang peneliti dapatkan dalam penelitian ini yakni Kampus Mengajar menjadikan mahasiswa mengalami peningkatan dalam berbagai hal. Mulai dari interpersonal skill, yakni meningkatnya jiwa leadership, problem solving, skill komunikasi, membangun team player, membangun emotional intelligence, melatih kesabaran, menghargai orang lain serta terbuka terhadap feedback, baik dari teman satu kelompok, guru, ataupun DPL. Selain itu, keahlian lain yang meningkat yakni kemampuan manajemen pengelolaan perpustakaan, serta kemampuan merancang program kerja.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
- Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.
- Amelia L Pepayosa, K. B. (2022). Efektivitas Program Kampus Mengajar dalam Peningkatan Literasi Numerasi di SD Negeri Pertibi Tembe. 186 - 190: ZADAMA.
- Anggun Diyan Nurhasanah, H. N. (2021). Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS LANCANG KUNING (pp. 169 - 172). Bengkulu: Universitas Lancang Kuning.
- Atri Waldi, N. M. (2022). Peran Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Literasi, Numerasi dan Adaptasi Teknologi Peserta Didik Sekolah Dasar di Sumatera Barat. JCE : Journal of Civic Education, 288 - 290.
- Azmy Ali Muchtar, Y. W. (2023). Efektivitas Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bagi Mahasiswa Program Kampus Mengajar. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 252 - 257.
- Dasar, D. S. (2021). Peningkatan Literasi dan Numerasi Melalui Program Kampus Mengajar. Direktorat Sekolah Dasar.
- Doddy. (2022). Program Kampus Mengajar Sukses Atasi Learning Loss Akibat Pandemi. Jakarta: Humas Ditjen Diktiristek Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
- Erma Suryani Sahabuddin, A. H. (2022). Efektivitas Pelaksanaan Program Kampus Mengajar terhadap Kapasitas Kinerja Guru dan Mahasiswa. Seminar Nasiona Hasil Penelitian LP2M-Universitas Negeri Makassar (pp. 2340-2353). Makassar: LP2M-Universitas Negeri Makassar.
- Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.
- Ilham Bayu Nugraha. 2022. Dampak Program Kampus Mengajar dalam
- Mengembangkan Kompetensi Keguruan Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia. Skripsi. Fakultas Ilmu Agama Islam.
- Kebudayaan, K. P. (2021). Kemendikbud Luncurkan Kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2021. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Kementerian Pendidikan, K. R. (2021). Dorong Pemulihan Pembelajaran di Masa Pandemi, Kurikulum Nasional Siapkan Tiga Opsi . Aceh: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
- Merdeka, K. (2022). Apa itu Kampus Mengajar. Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
- Merdeka, K. (2022). Apa itu Kampus Mengajar. Kampus Merdeka Indonesia Jaya.
- Muhammad Hilmi, F. N. (2022). TANTANGAN DAN SOLUSI PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 2 DI YOGYAKARTA. At-Thullab, 1178-1179.
- Nur Indah Sari, A. &. (2022). EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR TERHADAP KAPASITAS KINERJA GURU DAN MAHASISWA DI SD INPRES SUGITANGNGA KECAMATAN BAJENG KABUPATEN GOWA. NSJ: Nubin Smart Journal.
- SangPejuang. (2021). Tantangan Guru Gagap Teknologi Musim Pandemi. Rokan Hulu: SMK Negeri 1 Rokan IV Koto.
- Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Thanzani, A. (2022). Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar di Daerah 3T (Tertinggal, Terluar, dan Terdepan). Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (pp. 215-221). Surabaya: LPPM UNTAG .
- Thuba Imam Fauzi, N. P. (2021). Program Kampus Mengajar (PKM) Sebagai Usaha Peningkatan Pembelajaran Peserta Didik di SDN 127 Sungai Arang, Bungo Dani, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. BUDIMAS, 486 - 490.
- Wika Mawar Lestari Sihaloho, F. D. (2023). Implementasi Efektivitas Pembelajaran Luar Jaringan di SDN 070977 Kota Gunungsitoli melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 3. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 37.
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.
Amelia L Pepayosa, K. B. (2022). Efektivitas Program Kampus Mengajar dalam Peningkatan Literasi Numerasi di SD Negeri Pertibi Tembe. 186 - 190: ZADAMA.
Anggun Diyan Nurhasanah, H. N. (2021). Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS LANCANG KUNING (pp. 169 - 172). Bengkulu: Universitas Lancang Kuning.
Atri Waldi, N. M. (2022). Peran Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Literasi, Numerasi dan Adaptasi Teknologi Peserta Didik Sekolah Dasar di Sumatera Barat. JCE : Journal of Civic Education, 288 - 290.
Azmy Ali Muchtar, Y. W. (2023). Efektivitas Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bagi Mahasiswa Program Kampus Mengajar. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 252 - 257.
Dasar, D. S. (2021). Peningkatan Literasi dan Numerasi Melalui Program Kampus Mengajar. Direktorat Sekolah Dasar.
Doddy. (2022). Program Kampus Mengajar Sukses Atasi Learning Loss Akibat Pandemi. Jakarta: Humas Ditjen Diktiristek Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Erma Suryani Sahabuddin, A. H. (2022). Efektivitas Pelaksanaan Program Kampus Mengajar terhadap Kapasitas Kinerja Guru dan Mahasiswa. Seminar Nasiona Hasil Penelitian LP2M-Universitas Negeri Makassar (pp. 2340-2353). Makassar: LP2M-Universitas Negeri Makassar.
Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.
Ilham Bayu Nugraha. 2022. Dampak Program Kampus Mengajar dalam
Mengembangkan Kompetensi Keguruan Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia. Skripsi. Fakultas Ilmu Agama Islam.
Kebudayaan, K. P. (2021). Kemendikbud Luncurkan Kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2021. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan, K. R. (2021). Dorong Pemulihan Pembelajaran di Masa Pandemi, Kurikulum Nasional Siapkan Tiga Opsi . Aceh: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Merdeka, K. (2022). Apa itu Kampus Mengajar. Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Merdeka, K. (2022). Apa itu Kampus Mengajar. Kampus Merdeka Indonesia Jaya.
Muhammad Hilmi, F. N. (2022). TANTANGAN DAN SOLUSI PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 2 DI YOGYAKARTA. At-Thullab, 1178-1179.
Nur Indah Sari, A. &. (2022). EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR TERHADAP KAPASITAS KINERJA GURU DAN MAHASISWA DI SD INPRES SUGITANGNGA KECAMATAN BAJENG KABUPATEN GOWA. NSJ: Nubin Smart Journal.
SangPejuang. (2021). Tantangan Guru Gagap Teknologi Musim Pandemi. Rokan Hulu: SMK Negeri 1 Rokan IV Koto.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Thanzani, A. (2022). Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar di Daerah 3T (Tertinggal, Terluar, dan Terdepan). Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (pp. 215-221). Surabaya: LPPM UNTAG .
Thuba Imam Fauzi, N. P. (2021). Program Kampus Mengajar (PKM) Sebagai Usaha Peningkatan Pembelajaran Peserta Didik di SDN 127 Sungai Arang, Bungo Dani, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. BUDIMAS, 486 - 490.
Wika Mawar Lestari Sihaloho, F. D. (2023). Implementasi Efektivitas Pembelajaran Luar Jaringan di SDN 070977 Kota Gunungsitoli melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 3. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 37.