Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan yang berkaitan dengan integrasi ilmu keislaman dan keumuman. Penelitian ini memanfaatkan pendekatan desain penelitian buku. Dalam Al-Qurán dan Hadits Nabi, diminta buat berpikir, mengamati, serta mempelajari alam semesta. Perihal integrasi ilmu umum dan ilmu agama sitilah “Islamisasi” mengacu pada proses islamisasi atau modifikasi (pemurnian) produk pengetahuan Barat yang telah dikembangkan dan dijadikan acuan dalam diskusi tentang islam. Paling sering digunakan untuk menggambarkan. Pengembangan system Pendidikan Islam untuk memperoleh pengetahuan tentang “Islam yang khas”. Bimbingan Wahyu, sumber ilmu agama Islam, memerlukan interprestasi akal karena keterbatasan akal sebagai sumber ilmu umum. Al-Quran Membimbing Perkembangan Ilmu Pengetahuan. Menyimak banyak bagian Al-Quran ini akan membuat kita semakin yakin bahwa Al-Quran adalah jalan kebenaran yang tanpa keraguan. Kemuliaan dan kesuciannya menggembirakan mereka yang membacanya dan meyakininya.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
- Amin, H. (2017). Integrasi Pendidikan Islam. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 2(1), 103–110. https://doi.org/10.48094/raudhah.v2i1.17
- Arifuddin. (2015). Konsep Integrasi Ilmu Dalam Pandangan Ismail Raji Al-Faruqi. Syamsil, 3(1), 41–70.
- Badriyyah, Y. (2022). Model Integrasi Antara Pendidikan Agama Islam Dengan Ilmu Psikologi. Misykah:Jurnal Pemikiran Dan Studi Islam Email, 7(1), 46–57.
- Chaeruddin B. (2016). Ilmu-Ilmu Umum dan Ilmu-Ilmu Keislaman (Suatu Upaya Integrasi). Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(1), 209–222.
- Fathul Mufid. (2013). Integrasi Ilmu-Ilmu Islam. Equilibrium, 1(1), 55–71. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/200
- Harahap, N. (2014). Penelitian Kepustaka. Jurnal Iqra’, 8(1), 68–73. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/iqra/article/view/65/245
- Ilyasin, M. (2012). Filsafat Hukum Islam: Implikasi Logis terhadap Konstruksi Pendidikan Islam. Asy-Syir’ah: Jurnal Ilmu Syari’ah Dan Hukum, 46(II), 551–570. http://www.asy-syirah.uin-suka.com/index.php/AS/article/view/50
- Latif, M. A. (2023). Integrasi Dzaka ‘Aqli, Dzaka Dzihni, dan Dzaka Qalbi; Analisis Filosofis Standar Nasional Pendidikan. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 4(2), 99–113.
- Subuki, M. (2017). Integrasi keilmuan, keislaman, dan keindonesiaan. FITK UIN Jakarta 101, 2(1), 101–104.
- Syah, F. (2023). Problematika Ilmu Pengetahuan dalam Islam. Az-Zarnuji: Journal of Islamic Education, 49–65. https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ajie/article/view/5620%0Ahttps://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ajie/article/download/5620/2450
References
Amin, H. (2017). Integrasi Pendidikan Islam. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 2(1), 103–110. https://doi.org/10.48094/raudhah.v2i1.17
Arifuddin. (2015). Konsep Integrasi Ilmu Dalam Pandangan Ismail Raji Al-Faruqi. Syamsil, 3(1), 41–70.
Badriyyah, Y. (2022). Model Integrasi Antara Pendidikan Agama Islam Dengan Ilmu Psikologi. Misykah:Jurnal Pemikiran Dan Studi Islam Email, 7(1), 46–57.
Chaeruddin B. (2016). Ilmu-Ilmu Umum dan Ilmu-Ilmu Keislaman (Suatu Upaya Integrasi). Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(1), 209–222.
Fathul Mufid. (2013). Integrasi Ilmu-Ilmu Islam. Equilibrium, 1(1), 55–71. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/200
Harahap, N. (2014). Penelitian Kepustaka. Jurnal Iqra’, 8(1), 68–73. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/iqra/article/view/65/245
Ilyasin, M. (2012). Filsafat Hukum Islam: Implikasi Logis terhadap Konstruksi Pendidikan Islam. Asy-Syir’ah: Jurnal Ilmu Syari’ah Dan Hukum, 46(II), 551–570. http://www.asy-syirah.uin-suka.com/index.php/AS/article/view/50
Latif, M. A. (2023). Integrasi Dzaka ‘Aqli, Dzaka Dzihni, dan Dzaka Qalbi; Analisis Filosofis Standar Nasional Pendidikan. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 4(2), 99–113.
Subuki, M. (2017). Integrasi keilmuan, keislaman, dan keindonesiaan. FITK UIN Jakarta 101, 2(1), 101–104.
Syah, F. (2023). Problematika Ilmu Pengetahuan dalam Islam. Az-Zarnuji: Journal of Islamic Education, 49–65. https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ajie/article/view/5620%0Ahttps://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ajie/article/download/5620/2450