Main Article Content
Abstract
Berlakunya Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 20 Tahun 2021 pada tanggal 14 September 2021 tentang sertifikasi halal bagi Pelaku UMK mewajibkan bagi semua Pelaku Usaha untuk mengolah produk usahanya dan memiliki bukti sertifikat halal. Ditambah dengan disahkannya Undang-Undang terkait Jaminan Produk Halal menjadi tren industri halal. Dengan diterbitkannya regulasi tersebut, banyak perguruan tinggi yang mendirikan halal center untuk mengakomodir kepentingan masyarakat terkait sertifikasi halal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan mengenai strategi Metro halal center dalam meningkatkan kesadaran pelaku UMKM terhadap sertifikasi produk halal di Kota Metro. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif dengan melakukan wawancara, dokumentasi dan observasi sebagai Teknik deskriptif dalam mengumpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, peneliti menemukan peran metro halal center dalam meningkatkan sertifikasi halal diantaranya:1) Merealisasikan program sertifikasi halal gratis kepada UMKM. 2) Mengadakan sosialisasi secara langsung kepada UMKM dan bekerjasama dengan Dinas Perdagangan Kota Metro. 3) Menyiapkan anggota pendamping proses produk halal (PPH) dengan mengedepankan profesional kerja dan melayani UMKM sepenuh hati.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
- Akay, R., Kaawoan, J. E., & Pangemanan, F. N. (2021). Strategi Camat Dalam Meningkatkan Perangkat Desa Di Bidang Teknologi Informasi Di Kecamatan Ratahan Timur Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Governance, 1(2), 1–8. Jum'at, 2, Agustus, 2024 Pukul 11:00
- Daud, M., Mahmud, B., & Ternate, I. (2023). Pendampingan Proses Produk Halal ( Self Declare ) Dalam Pengajuan Sertifikasi Halal Produk Usaha Mikro Kecil Upaya Pemerintah Indonesia Dalam Merealisasikan Amanat Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Terus Digencarkan . Konsumen Di S. Al- Mulk: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–11. Jum'at, 2, Agustus, 2024 Pukul 11:25
- Gunawan, S., Juwari, J., Aparamarta, H., Darmawan, R., & Rakhmawati, N. A. (2021). Pendampingan Berkelanjutan Sistem Jaminan Halal Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm). Sewagati, 5(1), 8. Https://Doi.Org/10.12962/J26139960.V5i1.8120 Rabu, 14, Agustus, 2024, Pukul 12:00
- Jannati, R. (2022). Pengaruh Pengetahuan Produk Dan Pemahaman Keagamaan Terhadap Keputusan Membeli Makanan Halal Dengan Kesadaran Halal (Halal Awwarnes) Sebagai Variabel Intervening. 9, 356–363. Https://Eprints.Walisongo.Ac.Id/Id/Eprint/20095/ 12 April 2024, Pukul 14:15
- Kemenag. (2023). Kemenag Luncurkan Sehati Bagi Pelaku Umkm.
- Khairunnisa, H., Lubis, D., & Hasanah, Q. (2020). Kenaikan Omzet Umkm Makanan Dan Minuman Di Kota Bogor Pasca Sertifikasi Halal. Al-Muzara’ah, 8(2), 109–127. Https://Doi.Org/10.29244/Jam.8.2.109-127 12-April-2024, Pukul 20:00
- Maisyarah Rahmi. (2021). Maqasid Syariah Sertifikasi Halal. Bening Media Publishing.
- Maisyarah Rahmi Hs, Lc., M.A., P. . (2021). Maqasid Syariah Sertifikasi Halal (M. S. . Dr. Zarul Arifin (Ed.)). Rabu, 14, Agustus, 2024, Pukul 12:15
- Makhtum, A., & Farabi, M. E. (2021). Pemetaan Potensi Sertifikasi Halal Pada Sektor Produk Makanan Dan Minuman Unggulan Di Kabupaten Bangkalan. Ihtifaz: Islamic Economics, Finance, And Banking, June, 214–225.
- Mohamed. (2018). Halal Food Certification And Business Performance In Malaysia. Patridge Publising Singapore.
- Muhamad Humam. (2022). Metro Miliki 14 Ribu Umkm.
- Muhammad Syarof. (2024). Pendorong Percepatan Program Sertifkasi Halal. Adab.
- Mutia Fauzia. (2022). Peran Mui, Bpjbh, Dan Lph. Kompas.Com.
- Pangestu, G., Islami, M. R. R., & Sulistiyanto, S. (2023). Aplikasi E-Marketplace Perdagangan Skala Usaha Mikro Kota Metro. Journal Computer Science And Information Systems : J-Cosys, 3(1), 10–14. Https://Doi.Org/10.53514/Jco.V3i1.308 2-Mei-2024, Pukul16:00
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (2014). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal. Undang – Undang Republik Indonesia, 1, 1–40.
- Puspita Ningrum, R. T. (2022). Problematika Kewajiban Sertifikasi Halal Bagi Pelaku Usaha Mikro Dan Kecil (Umk) Di Kabupaten Madiun. Istithmar : Jurnal Studi Ekonomi Syariah, 6(1), 43–58. Https://Doi.Org/10.30762/Istithmar.V6i1.30 Selasa, 3 September, 2024 Pukul 22:23
- Sahira, F., Yafiz, M., Jannah, N., Islam, U., & Sumatera, N. (2024). Analysis Of The Role Of The Halal Center In Promoting Msme Halal Certification To Improve Halal Lifestyle In Medan City. 7, 3733–3744.
- Salam, A., & Makhtum, A. (2022). Implementasi Jaminan Produk Halal Melalui Sertifikasi Halal Pada Produk Makanan Dan Minuman Umkm Di Kabupaten Sampang. Qawwam: The Leader’s Writing, 3(1), 11–13. Selasa, 3 September, 2024 Pukul 22:50
- Siti Nur Azizah. (2021). Politik Hukum Produk Halal Di Indonesia (Abdul Rofi). Jagad Media Publis.
- Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif.
- Sukoso. (2023). Halal Indonesia Pemikin Ub Mewujudkan Jaminan Produk Halal Di Indinesia. Ub Press.
- Syaifudin, M. R., & Fahma, F. (2022). Analisis Kepemilikan Sertifikat Halal Terhadap Pendapatan Usaha Umkm Mendoan Ngapak. Performa: Media Ilmiah Teknik Industri, 21(1), 40. Https://Doi.Org/10.20961/Performa.21.1.52537 2-Mei-2024, Pukul 19:00
- Windisukma, D. K., & Widiyanto, I. (2015). Sikap Masyarakat Muslim Terhadap Produk Makanan Non-Halal Di Kota Semarang. Diponegoro Journal Of Management, 4(2), 512–523. Https://Ejournal3.Undip.Ac.Id/Index.Php/Djom/Article/View/13166
- Yulia, Lady. (2019). Halal Products Industry Development Strategy Strategi Pengembangan Industri Produk Halal. Jurnal Bisnis Islam, 8(1), 121–162.
- Zulaikha, S., Puji Lestari, E., Nurul Imtihanah, A., & Baidowi, M. (2024). Urgensi Pemahaman Dan Kesadaran Produk Halal Pelaku Usaha Di Kota Metro. Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syariah, 12(1), 2528–0872. Https://Doi.Org/10.32332/Adzkiya.V12i1.9352
References
Akay, R., Kaawoan, J. E., & Pangemanan, F. N. (2021). Strategi Camat Dalam Meningkatkan Perangkat Desa Di Bidang Teknologi Informasi Di Kecamatan Ratahan Timur Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Governance, 1(2), 1–8. Jum'at, 2, Agustus, 2024 Pukul 11:00
Daud, M., Mahmud, B., & Ternate, I. (2023). Pendampingan Proses Produk Halal ( Self Declare ) Dalam Pengajuan Sertifikasi Halal Produk Usaha Mikro Kecil Upaya Pemerintah Indonesia Dalam Merealisasikan Amanat Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Terus Digencarkan . Konsumen Di S. Al- Mulk: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–11. Jum'at, 2, Agustus, 2024 Pukul 11:25
Gunawan, S., Juwari, J., Aparamarta, H., Darmawan, R., & Rakhmawati, N. A. (2021). Pendampingan Berkelanjutan Sistem Jaminan Halal Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm). Sewagati, 5(1), 8. Https://Doi.Org/10.12962/J26139960.V5i1.8120 Rabu, 14, Agustus, 2024, Pukul 12:00
Jannati, R. (2022). Pengaruh Pengetahuan Produk Dan Pemahaman Keagamaan Terhadap Keputusan Membeli Makanan Halal Dengan Kesadaran Halal (Halal Awwarnes) Sebagai Variabel Intervening. 9, 356–363. Https://Eprints.Walisongo.Ac.Id/Id/Eprint/20095/ 12 April 2024, Pukul 14:15
Kemenag. (2023). Kemenag Luncurkan Sehati Bagi Pelaku Umkm.
Khairunnisa, H., Lubis, D., & Hasanah, Q. (2020). Kenaikan Omzet Umkm Makanan Dan Minuman Di Kota Bogor Pasca Sertifikasi Halal. Al-Muzara’ah, 8(2), 109–127. Https://Doi.Org/10.29244/Jam.8.2.109-127 12-April-2024, Pukul 20:00
Maisyarah Rahmi. (2021). Maqasid Syariah Sertifikasi Halal. Bening Media Publishing.
Maisyarah Rahmi Hs, Lc., M.A., P. . (2021). Maqasid Syariah Sertifikasi Halal (M. S. . Dr. Zarul Arifin (Ed.)). Rabu, 14, Agustus, 2024, Pukul 12:15
Makhtum, A., & Farabi, M. E. (2021). Pemetaan Potensi Sertifikasi Halal Pada Sektor Produk Makanan Dan Minuman Unggulan Di Kabupaten Bangkalan. Ihtifaz: Islamic Economics, Finance, And Banking, June, 214–225.
Mohamed. (2018). Halal Food Certification And Business Performance In Malaysia. Patridge Publising Singapore.
Muhamad Humam. (2022). Metro Miliki 14 Ribu Umkm.
Muhammad Syarof. (2024). Pendorong Percepatan Program Sertifkasi Halal. Adab.
Mutia Fauzia. (2022). Peran Mui, Bpjbh, Dan Lph. Kompas.Com.
Pangestu, G., Islami, M. R. R., & Sulistiyanto, S. (2023). Aplikasi E-Marketplace Perdagangan Skala Usaha Mikro Kota Metro. Journal Computer Science And Information Systems : J-Cosys, 3(1), 10–14. Https://Doi.Org/10.53514/Jco.V3i1.308 2-Mei-2024, Pukul16:00
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (2014). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal. Undang – Undang Republik Indonesia, 1, 1–40.
Puspita Ningrum, R. T. (2022). Problematika Kewajiban Sertifikasi Halal Bagi Pelaku Usaha Mikro Dan Kecil (Umk) Di Kabupaten Madiun. Istithmar : Jurnal Studi Ekonomi Syariah, 6(1), 43–58. Https://Doi.Org/10.30762/Istithmar.V6i1.30 Selasa, 3 September, 2024 Pukul 22:23
Sahira, F., Yafiz, M., Jannah, N., Islam, U., & Sumatera, N. (2024). Analysis Of The Role Of The Halal Center In Promoting Msme Halal Certification To Improve Halal Lifestyle In Medan City. 7, 3733–3744.
Salam, A., & Makhtum, A. (2022). Implementasi Jaminan Produk Halal Melalui Sertifikasi Halal Pada Produk Makanan Dan Minuman Umkm Di Kabupaten Sampang. Qawwam: The Leader’s Writing, 3(1), 11–13. Selasa, 3 September, 2024 Pukul 22:50
Siti Nur Azizah. (2021). Politik Hukum Produk Halal Di Indonesia (Abdul Rofi). Jagad Media Publis.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif.
Sukoso. (2023). Halal Indonesia Pemikin Ub Mewujudkan Jaminan Produk Halal Di Indinesia. Ub Press.
Syaifudin, M. R., & Fahma, F. (2022). Analisis Kepemilikan Sertifikat Halal Terhadap Pendapatan Usaha Umkm Mendoan Ngapak. Performa: Media Ilmiah Teknik Industri, 21(1), 40. Https://Doi.Org/10.20961/Performa.21.1.52537 2-Mei-2024, Pukul 19:00
Windisukma, D. K., & Widiyanto, I. (2015). Sikap Masyarakat Muslim Terhadap Produk Makanan Non-Halal Di Kota Semarang. Diponegoro Journal Of Management, 4(2), 512–523. Https://Ejournal3.Undip.Ac.Id/Index.Php/Djom/Article/View/13166
Yulia, Lady. (2019). Halal Products Industry Development Strategy Strategi Pengembangan Industri Produk Halal. Jurnal Bisnis Islam, 8(1), 121–162.
Zulaikha, S., Puji Lestari, E., Nurul Imtihanah, A., & Baidowi, M. (2024). Urgensi Pemahaman Dan Kesadaran Produk Halal Pelaku Usaha Di Kota Metro. Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syariah, 12(1), 2528–0872. Https://Doi.Org/10.32332/Adzkiya.V12i1.9352