https://journal.uii.ac.id/thullab/issue/feedAt-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam2025-06-16T01:33:10+00:00Dr. Muhammad Roy Purwanto, M.Agmuhammadroy@uii.ac.idOpen Journal Systems<span>at-Thullab Journal is Islamic Studies Student journal published by the Faculty of Islamic Studies in the Islamic University of Indonesia in 2019 which is published twice a year as a journal which becomes a forum for students to improve their abilities in the fields of Islamic Law, Islamic Education and Islamic Economics into Indonesian, English and Arabic.</span>https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/39553MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS SUMBER DAYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM: KAJIAN TEORITIS DAN IMPLIKASI STRATEGIS2025-03-22T06:42:16+00:00Zaitun Qamariahzaitun.qamariah@iain-palangkaraya.ac.idAhmadiahmadi@iain.palangkaraya.ac.id<p><em>Penelitian ini mengkaji strategi manajemen pembelajaran berbasis sumber daya dalam pendidikan Islam untuk mengoptimalkan pemanfaatan tenaga pendidik, pendanaan, sarana, teknologi, dan lingkungan pembelajaran. Kompleksitas pengelolaan sumber daya tersebut memerlukan pendekatan konseptual yang menyeluruh serta strategi implementasi yang sistematis. Dengan metode kajian pustaka dan pendekatan kualitatif, penelitian ini menganalisis berbagai referensi ilmiah, termasuk artikel jurnal, buku akademik, dan laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan sumber daya pendidikan Islam mencakup optimalisasi peran guru sebagai pendidik dan teladan, sistem pembiayaan berbasis wakaf dan zakat, pengembangan infrastruktur Islami, pemanfaatan teknologi secara selektif, serta penciptaan lingkungan akademik yang kondusif. Rekomendasi strategis yang dihasilkan meliputi penguatan kapasitas tenaga pendidik, diversifikasi pendanaan, modernisasi infrastruktur, integrasi teknologi berbasis nilai Islam, dan penguatan budaya akademik yang mendukung pembentukan karakter peserta didik.</em></p> <p><strong> </strong></p>2025-06-02T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/38844PERAN KEARIFAN LOKAL SEBAGAI MEDIATOR DALAM HUBUNGAN MODERASI BERAGAMA TERHADAP KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DI INDONESIA2025-02-05T08:24:10+00:00anisaanisa anianisatunhasanah162@gmail.com<p><em>Indonesia, sebagai negara multikultural dengan keragaman agama dan etnis, menghadapi tantangan kompleks dalam menjaga kerukunan umat beragama. Penelitian ini mengeksplorasi peran kearifan lokal sebagai mediator dalam hubungan moderasi beragama terhadap kerukunan umat beragama. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional dan analisis Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM), studi ini melibatkan 100 responden dari berbagai latar belakang keagamaan. Hasil penelitian menunjukkan tiga temuan utama. Pertama, moderasi beragama memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kearifan lokal (β = 0,346, p < 0,001), mengindikasikan bahwa sikap moderat dalam beragama mendorong pelestarian nilai-nilai budaya lokal. Kedua, kearifan lokal berpengaruh positif terhadap kerukunan umat beragama (β = 0,454, p < 0,001), menunjukkan bahwa praktik budaya tradisional berkontribusi pada harmonisasi hubungan antarumat beragama. Ketiga, moderasi beragama memiliki dampak kuat terhadap kerukunan umat beragama (β = 0,847, p < 0,001). Secara khusus, penelitian mengungkap peran mediasi kearifan lokal dalam hubungan moderasi beragama dan kerukunan umat beragama (β = 0,293, p = 0,001). Temuan ini menggarisbawahi bahwa kearifan lokal tidak sekadar menjembatani perbedaan, melainkan memperkuat mekanisme integrasi sosial melalui nilai-nilai toleransi, musyawarah, dan solidaritas.</em></p>2025-06-02T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/39095IMPLEMENTASI IMPLEMENTASI METODE EKSPOSITORI UNTUK MENINGKATKAN BELAJAR SISWA KELAS X DI MAN 1 SOLOK PLUS KETERAMPILAN PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS 2025-02-20T12:41:43+00:00Fauzi Agusfauziagusdr8@gmail.comJulhadi Julhadijulhadi15@gmail.comSri Wahyunisriwahyuni20201988@gmail.com<p><em>Ekspositori sebagai upaya meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits di MAN 1 Solok Plus Keterampilan. Metode ekspositori, yang berfokus pada penyampaian materi secara verbal oleh guru, dirancang untuk membantu siswa memahami dan menguasai materi secara optimal melalui serangkaian tahapan, yaitu persiapan, penyajian, korelasi, generalisasi, dan aplikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif untuk menggambarkan objek penelitian sebagaimana adanya, sehingga penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Siswa di MAN 1 Solok Plus Keterampilan merupakan sumber data primer, sedangkan kepala sekolah dan guru mata pelajaran Al-Quran Hadits merupakan sumber data sekunder. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk memvalidasi data dengan menggunakan teknik dependabilitas, konfirmabilitas, kredibilitas, dan transferabilitas. Hasil penelitian ini somoga bisa membagikan kontribusi di dunia pendidikan dengan menawarkan metode pembelajaran yang efektif dan sistematis. Penerapan metode ekspositori yang terstruktur diharapkan dapat menciptakan suasana pembelajaran yang inovatif dan interaktif. Penelitian dapat menjadi panduan bagi guru dalam mengembangkan metode pengajaran sesuai dengan kebutuhan siswa di era modern.</em></p>2025-06-02T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/38853HUMAN AND ENVIROMENTAL HARMONY IN THE QUR’AN PERSPECTIVE: ANALYSIS OF ABDULLAH SAEED’S CONTEXTUAL TAFSIR APPROACH.2025-02-05T15:07:45+00:00Siti Zahrainisitizahraini0@gmail.comYazid Imam Bustomiyazidimambustomi@mail.ugm.ac.id<p style="font-weight: 400;"><em>Environmental issues are currently an interesting topic to discuss because of damage such as air pollution, deforestation, and damage to flora and fauna. Humans have a role in exploiting the environment due to a lack of awareness of the harmonious relationship between humans and the environment. Although Islam as a religion of rahmatan lil alaminprovides guidelines on man's relationship with the environment in the Qur'an, this tolerance is beginning to disappear and is increasingly marginalized. In this study, researchers used Abdullah Saeed's contextual interpretation approach to interpret Qur'anic verses that prohibited environmental damage. This prohibition is considered to have instructional value and falls into the category of legal ethics, in Abdullah Saeed's view. The research method used is qualitative with descriptive analysis, with literature studies as a data collection technique. Abdullah Saeed's contextual interpretation approach involves four essential steps. The survey results highlight the relationship between humans and the environment in the Quran, provide new insights to overcome the environmental crisis, and propose solutions based on the Quran’s guidelines to guide humanity.</em></p>2025-06-02T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/39876 STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS XI-8 SMAN 1 PACITAN2025-04-21T01:09:02+00:00Lutfa Zakiyyahelfazaki08@gmail.comEndang Sumiatiendangmia@isimupacitan.ac.id<p><em>Kecerdasan emosional mempunyai peran strategis dalam kehidupan manusia. Dengan kecerdasan emosional individu dapat mengenali, memahami, dan mengelola emosi dengan baik, membangun relasi yang positif, menangani stres, serta mengambil tindakan yang efektif. Pelaksanaan penelitian ini ditujukan untuk mengkaji Strategi Guru PAI dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas XI-8 di SMAN 1 Pacitan. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif deskriptif melalui analisis studi kasus. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah guru PAI dan siswa kelas XI-8 SMAN 1 Pacitan. Serta memanfaatkan teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa aspek strategi yang digunakan guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa, yaitu dengan menciptakan model dan metode pembelajaran yang efektif, pemanfaatan media pembelajaran yang interaktif, serta memberikan materi pembelajaran yang tepat. Selain meningkatkan empati dan motivasi siswa guru juga berupaya mengembangkan keterampilan sosial dan kepercayaan diri siswa dengan memberikan bimbingan dan pendekatan yang efektif.</em></p>2025-06-02T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/40097PERNIKAHAN ANTAR-PENGUNGSI ROHINGYA DI INDONESIA: ANALISIS KEKOSONGAN HUKUM DALAM SISTEM PERKAWINAN NASIONAL2025-05-05T21:45:08+00:00Agung Wicaksonoagung.wickz91@gmail.comAbnan Pancasilawatiabnanpancasilawati@gmail.comNurul Syobahsy.nurulsyobah@uinsi.ac.id<p><em>Penelitian ini membahas aspek hukum dan administratif terkait perkawinan pengungsi etnis Rohingya di Indonesia. Dengan menggunakan pendekatan normatif, studi ini menganalisis kerangka hukum nasional dan internasional, termasuk Undang-Undang Perkawinan, Peraturan Presiden Nomor 125 Tahun 2016, serta Konvensi Pengungsi 1951 dan Protokol 1967. Ditemukan bahwa tidak adanya regulasi khusus mengenai hak sipil pengungsi, termasuk dalam hal perkawinan, menyebabkan ketidakpastian hukum dan kesulitan administratif dalam pencatatan perkawinan serta perlindungan hak-hak keluarga pengungsi. Studi ini menekankan pentingnya reformulasi kebijakan melalui harmonisasi hukum nasional dengan prinsip hukum internasional, serta peningkatan peran negara dan lembaga terkait dalam memberikan kepastian hukum dan perlindungan terhadap pengungsi. Rekomendasi mencakup penyusunan regulasi khusus, penyediaan bantuan hukum, serta kolaborasi lintas sektor untuk mendukung hak keluarga bagi komunitas pengungsi. Penelitian ini bertujuan untuk mendorong kebijakan yang lebih humanis dan responsif terhadap kebutuhan pengungsi di Indonesia.</em></p>2025-06-02T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/40171PENGEMBANGAN BERKELANJUTAN KOMPETENSI GURU PAI 2025-05-07T06:26:36+00:00Ridho Ramadhon ridhoridhoramadhon02@gmail.comUmmi Baroroh24304011009@student.uin-suka.ac.id<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengembangkan strategi pengembangan berkelanjutan kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menghadapi tantangan zaman yang terus berkembang. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya efektivitas program pengembangan kompetensi guru yang bersifat jangka pendek dan kurang terintegrasi dengan kebutuhan riil di lapangan. Padahal, guru PAI dituntut untuk tidak hanya menguasai materi keislaman secara mendalam, tetapi juga mampu menyampaikannya secara kontekstual dan relevan dengan kehidupan peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan menganalisis berbagai sumber pustaka seperti jurnal ilmiah, buku, dan dokumen kebijakan yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan berkelanjutan kompetensi guru PAI harus mencakup tiga aspek utama: peningkatan kapasitas keilmuan dan pedagogik, integrasi teknologi dalam pembelajaran, serta penguatan karakter dan spiritualitas guru. Strategi yang efektif adalah program pelatihan berkelanjutan berbasis komunitas belajar, mentoring, serta kolaborasi dengan lembaga keagamaan dan pendidikan tinggi Islam. Penelitian ini merekomendasikan perlunya kebijakan institusional yang mendukung program pengembangan kompetensi jangka panjang dan berkelanjutan bagi guru PAI.</em></p>2025-06-02T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/40060RELEVANSI PENGGUNAAN REWARD CARD PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR KELAS 1 DI SD NU MA’ARIF SALAFIYAH 2025-04-30T15:12:57+00:00Nurkholisohichaaica06@gmail.comJaenal AbidinJaenal.abidin@fai.unsika.ac.idTahajudin NurTahajudin.nur@fai.unsika.ac.id<p><em>Reward merupakan metode pembelajaran yang lakukan oleh guru dalam memberikan penghargaan berupa tepuk tangan perkatan yang membangun perserta didik dalam memberikan semangat dan memberikan hadiah, dalam memberikan minat belajar peserta didik juga diberikan kepada peserta didik yang baik dalam menjalani proses belajar. Akan tetepi kata reward card ini adalah merupakan cara guru dalam meningkatkan movasi belajar peserta didik kelas 1 di SD NU MA’arif Salafiyah pada penelitian ini membahas kurang nya minat belajar pada pembelajaran Bahasa arab sehinga perserta didik yang merasa bosan dan jenuh pada saat pembelajaran bahasa arab , dengan di berikan cap oleh guru agar peserta didik mendapatkan nilai atau point dalam pembelajaran Bahasa arab dalam penggunaan pada rawed card tersebut guru membuat card atau kartu rreward dengan mengunakan karton yang sudah gunting dan diberikan kolom nama dan kelas di pada isi karton tersebut terdapat kotak kotak untuk di berikan cap oleh guru agar peserta didik mendapatka nilai atau point dalam pembelajaran Bahasa arab. Dengan tujuan agar pesrta didik semangat dalam belajar serta mengingkatnya minat belajar pada anak kelas 1di SD NU MA’arif Salafiyah pada penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif karena penelitian ini untuk menggetahui permasalahan yang terjadi di lapanggan oleh karna itu di butuhkan obeservasi secara mendalam. Pada penelitian ini dapat di simpulkan bahawasan penggunaan reward card pada pembelajaran bahasa arab dapat meningkatkan minat belajar peserta didik dan menghasil nilai yang baik pada pembelajaran bahasa arab kelas 1 di SD NU MA’arif Salafiyah </em></p>2025-06-02T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/335-347IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI RAUDHOTUL JANNAH2025-05-19T03:20:59+00:00Tiara Salsabilla2110631110201@student.unsika.ac.idKasja Eki Waluyokasja.waluyo@fai.unsika.ac.idH. Masykur H. Mansyurmasykur.mansyur@fai.unsika.ac.id<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MI Raudhotul Jannah. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode NHT mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar, membangun kerja sama antar siswa, dan membantu pemahaman materi SKI secara lebih mendalam. Meskipun terdapat beberapa kendala seperti pengelolaan waktu dan kesiapan siswa dalam bekerja kelompok, namun secara keseluruhan penerapan metode ini memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran.</em></p>2025-06-02T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/40604IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PERSPEKTIF HADIS2025-05-27T05:18:32+00:00Ahmad Syauky tarmizisyaukyfarqundez@gmail.comNurmila241003010@student.ar-raniry.ac.idSafrina Arianisafrinaariani@ar-raniry.ac.id<p><em>Dalam dunia pendidikan, guru dituntut agar mampu menggunakan media pembelajaran, yang mengikuti perkembangan zaman, dan sesuai dengan kondisi siswa. Nabi saw dalam mendakwahkan ajarannya sudah menggunakan media, meski masih sederhana. Artikel ini bertujuan untuk menggambarkan penggunaan media dalam perspektif hadis. Artikel ini menggunakan metode deskriptif yang berusaha untuk menggambarkan kesesuaian teori tentang media pembelajaran dengan penggunaan media dalam Hadis. Data dikumpulkan melalui buku , kemudian di analisis dengan dideskripsikan. Penelitian menemukan bahwa banyak hadis-hadis nabi yang sejalan dengan teori tentang penggunaan media di zaman sekarang seperti penggunan media audio, visual, sampai kepada media pembelajaran yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran. Diharapkan setelah membaca tulisan ini, guru semakin memahami betapa pentingnya penggunaan media dalam pandangan Islam. Karena dengan menggunakan media yang tepat, tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.</em></p>2025-06-02T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/40521METODOLOGI ILMIAH SEBAGAI DASAR PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM KONTEKSTUAL: PERSPEKTIF FILSAFAT C.A. VAN PEURSEN2025-05-24T08:04:57+00:00Novita Indana ZUlfa24204012014@student.uin-suka.ac.idUsmanusmanmbabsel@gmail.com<p><em>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya metodologi ilmiah sebagai fondasi dalam merancang pendidikan Islam yang kontekstual dan relevan dengan perkembangan zaman. Dalam hal ini, filsafat C.A. van Peursen menawarkan kerangka berpikir yang unik melalui tiga tahapan kebudayaan: mitis, ontologis, dan fungsional, yang dapat dijadikan dasar untuk memahami dinamika pendidikan dalam konteks sosial dan budaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kepustakaan (library research) yang bersifat deskriptif-analitis. Data diperoleh dari buku, artikel ilmiah, dan karya-karya Van Peursen yang relevan. Analisis dilakukan dengan menelaah isi, mengidentifikasi konsep kunci, dan menginterpretasikan makna secara kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran Van Peursen dapat digunakan untuk mengembangkan metodologi pendidikan Islam yang tidak hanya bersifat kognitif dan tekstual, tetapi juga mempertimbangkan konteks budaya dan realitas sosial peserta didik. Melalui pendekatan ini, pendidikan Islam dapat membentuk manusia yang tidak hanya beriman, tetapi juga mampu berpikir reflektif dan bertindak secara fungsional dalam kehidupan nyata. Dengan demikian, metodologi ilmiah berbasis filsafat Van Peursen sangat relevan untuk pengembangan pendidikan Islam kontekstual masa kini.</em></p>2025-06-02T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/41114TRANSFORMASI KARAKTER SISWA MELALUI PERAN STRATEGIS GURU PAI DI SD NEGERI SARDONOHARJO 12025-06-16T01:33:10+00:00Hilda21422021@students.uii.ac.idMulyadi24304011012@student.uin-suka.ac.idM Hajar Dewantoro91422021@uii.ac.id<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran strategis guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam transformasi karakter siswa melalui pendidikan karakter berbasis Islam di SD Negeri Sardonoharjo 1. Menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI berperan sebagai pendidik, teladan, fasilitator, motivator, dan evaluator dalam membentuk akhlak dan moral siswa. Meskipun terdapat kendala seperti keterbatasan waktu pembelajaran dan pengaruh negatif lingkungan luar, strategi pembelajaran yang integratif terbukti efektif dalam menanamkan nilai-nilai Islami. Studi ini merekomendasikan peningkatan kolaborasi antara sekolah, guru, dan orang tua guna memperkuat pendidikan karakter Islami siswa.</em></p>2025-06-16T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/41017AKTUALISASI NILAI-NILAI IHSAN TERHADAP ORANGTUA DALAM TAFSIR FII ZHILAALIL QUR’AN 2025-06-12T02:20:58+00:00Nirmala Dian Kartikanirmaladian2710@gmail.comMuhammad Mukharom Ridhoclevbook@gmail.comFajar Novitasarinovitasarifajar@gmail.com<p><em>Penelitian ini mengkaji tentang aktualisasi nilai-nilai ihsan terhadap orangtua berdasarkan Tafsir Fii Zhilaalil Qur’an karya Sayyid Quthb. Ihsan, yang berarti berbuat baik secara maksimal dan ikhlas karena Allah, merupakan nilai penting dalam ajaran Islam yang juga sangat ditekankan dalam hubungan anak dan orangtua. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (library research) dan tafsir tematik untuk menelusuri ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan kewajiban berbakti kepada orangtua. Sumber utama dalam penelitian ini adalah tafsir Fii Zhilaalil Qur’an, dengan didukung sumber sekunder dari jurnal dan literatur ilmiah lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sayyid Quthb menafsirkan ayat-ayat ihsan terhadap orangtua secara kontekstual, menghubungkannya dengan realitas sosial dan moral masyarakat. Ihsan terhadap orangtua dapat diwujudkan melalui pendampingan emosional dan fisik di masa tua, perhatian terhadap kondisi sosial, spiritual, dan psikologis mereka, serta pembiasaan nilai-nilai hormat sejak dini melalui pendidikan keluarga. Penafsiran Sayyid Quthb menekankan bahwa nilai-nilai ihsan bukan hanya ritual ibadah, tetapi juga etika sosial yang harus dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam konteks keluarga sebagai fondasi utama pembentukan karakter.</em></p>2025-06-16T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025