https://journal.uii.ac.id/thullab/issue/feed At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam 2024-06-10T01:50:49+00:00 Dr. Muhammad Roy Purwanto, M.Ag [email protected] Open Journal Systems <span>at-Thullab Journal is Islamic Studies Student journal published by the Faculty of Islamic Studies in the Islamic University of Indonesia in 2019 which is published twice a year as a journal which becomes a forum for students to improve their abilities in the fields of Islamic Law, Islamic Education and Islamic Economics into Indonesian, English and Arabic.</span> https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/33905 AKTUALISASI NILAI-NILAI PERSATUAN MENURUT QS. ALI-IMRAN AYAT 103 DALAM KONTEKS KEINDONESIAAN 2024-05-06T07:17:27+00:00 Hani NurWulan [email protected] Lindhia Tika Widiyawati [email protected] Anjar Maulana Muhamad [email protected] Bakti Fatwa Anbiya [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk memahami aktualisasi nilai-nilai persatuan dalam QS. Ali Imran Ayat 103 dalam konteks keindonesiaan. Di era digital, persatuan bangsa diuji dengan berbagai tantangan seperti radikalisme, intoleransi, dan separatisme. Ayat Al-Qur'an ini menegaskan pentingnya persatuan dan melarang perpecahan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kajian pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktualisasi nilai-nilai persatuan dalam QS. Ali Imran Ayat 103 dapat dilakukan dengan: menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika, meningkatkan toleransi dan saling menghormati, menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, memelihara kerukunan antarumat beragama. Aktualisasi nilai-nilai persatuan ini merupakan tanggung jawab bersama seluruh rakyat Indonesia. Dengan menerapkan nilai-nilai persatuan ini, diharapkan bangsa Indonesia dapat mencapai cita-cita kemerdekaan, yaitu mewujudkan masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera.</p> 2024-06-07T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/34197 PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP KESEJAHTERAAN MENTAL MAHASISWA: STUDI KASUS DI FAKULTAS ILMU AGAMA ISLAMA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA 2024-05-21T03:28:14+00:00 Hilda [email protected] Muhammad Roy Purwanto [email protected] <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media sosial terhadap kesejahteraan mental mahasiswa Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia (UII). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dan observasi partisipatif terhadap sejumlah mahasiswa yang aktif menggunakan media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial yang berlebihan berdampak negatif pada kesejahteraan mental mahasiswa. Dampak negatif yang paling signifikan adalah peningkatan tingkat stres dan kecemasan, gangguan kualitas tidur, serta perasaan isolasi sosial. Mahasiswa yang sering menggunakan media sosial melaporkan tekanan untuk memenuhi ekspektasi yang tidak realistis dan perbandingan sosial yang membuat mereka merasa tidak puas dengan diri sendiri. Temuan juga menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti durasi penggunaan, jenis konten yang diakses, dan cara penggunaan (aktif vs pasif) mempengaruhi dampak media sosial terhadap kesejahteraan mental. Dukungan sosial dari keluarga dan teman terbukti efektif dalam mengurangi dampak negatif tersebut. Penelitian ini menyarankan pentingnya edukasi tentang penggunaan media sosial yang bijak, peningkatan dukungan sosial, serta pembatasan waktu penggunaan media sosial untuk mengurangi dampak negatif terhadap kesejahteraan mental mahasiswa. Institusi pendidikan diharapkan dapat mengembangkan strategi dan program yang mendukung kesehatan mental mahasiswa di era digital ini</em></p> 2024-05-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/34055 ANALISIS ISI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM JENJANG SMA: FENOMENA DISPENSASI PERNIKAHAN REMAJA DI SLEMAN YOGYAKARTA 2024-05-14T07:54:28+00:00 Eni Fitria [email protected] Muhammad Joko Susilo [email protected] <p>Kurikulum Pendidikan Agama Islam merupakan konteks pembelajaran yang dibentuk untuk memberikan interpretasi mengenai ajaran Islam, salah satunya adalah bab tentang pernikahan. Di Dalam bab ini menghimpun tentang pernikahan yang bertujuan agar siswa dapat memahami ketentuan pernikahan dalam Islam. Dari kurikulum PAI inilah siswa dapat memiliki bekal pemahaman secara komprehensif dan memiliki pertimbangan kesiapan sebelum menikah. Fenomena dispensasi pernikahan yang terjadi saat ini menggambarkan tentang kompleksitas pernikahan dalam masyarakat yang berkaitan dengan budaya, sosial dan usia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis relevansi isi kurikulum Pendidikan Agama Islam jenjang SMA dengan fenomena dispensasi pernikahan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif studi lapangan (<em>field reaserch</em>) dan studi pustaka<strong>. </strong>Analisis data model Miles Huberman yang meliputi reduksi data, <em>display</em> data, penarikan kesimpulan dan verifikasi<strong>. </strong>Temuan penelitian ini. <em>Pertama</em>, rata-rata perkara remaja berusia 17-18 tahun<strong>, </strong>sebesar 74% disebabkan karena faktor kecelakaan. <em>Kedua</em>, kurikulum Pendidikan Agama Islam bab Indahnya Membangun Mahligai Rumah Tangga. dari aspek tujuan, isi, metode dan evaluasi, secara keseluruhan sudah komprehensif. <em>Ketiga</em>, Dispensasi pernikahan dengan kurikulum PAI memiliki relevansi yang signifikan. Namun, bertolak belakang dengan regulasi Undang-Undang No. 16 Tahun 2019 tentang batas minimal menikah harus berumur 19 tahun bagi laki-laki dan perempuan.</p> 2024-05-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/34033 UPAYA INOVATIF DOSEN MENUJU HARMONI ILMU: MEMBANGUN IKLIM INTEGRASI ILMU DI FAKULTAS ILMU AGAMA ISLAM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA 2024-05-13T11:23:29+00:00 Naila Rif'ah [email protected] M. Husnaini [email protected] <p>Di era globalisasi tantangan kehidupan manusia menjadi semakin kompleks. Kerja sama antar disiplin ilmu menjadi suatu keniscayaan bagi manusia untuk mempertahankan peradabanya. Oleh karena itu, dibutuhkan upaya pengembangan pola hubungan antara sains dan agama menuju ke arah integrasi. Dewasa ini, perguruan tinggi islam di Indonesia terutama Universitas Islam Negeri mulai mengembangkan konsep integrasi ilmu yang sesuai dengan ruh yang dimiliki masing-masing universitas. Universitas Islam Indonesia (UII) yang merupakan pergurun tinggi berbasis islam tertua dan besar di Indonesia juga mengembangkan paradigma integrasi ilmunya sendiri. Keberhasilan pengembangan paradigma integrasi ilmu pada suatu universitas akan melibatkan semua pihak yang ada di dalamnya. Tidak hanya <em>stakeholders</em> dan guru besar, peran dosen juga tidak kalah penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya inovatif dosen dalam membangun iklim integrasi ilmu di Fakultas Ilmu Agama Islam UII. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pengembangan integrasi keilmuan di UII adalah paradigma wasathiyah di mana perspektif tentang hubungan ilmu dan agama adalah bersifat objektif dan proporsional. Adapun upaya yang dilakukan dosen mencakup 3 bidang yaitu bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian pada masyarakat.</p> <p><em>Kata kunci :&nbsp; Upaya Inovatif,&nbsp; Dosen, Harmoni Ilmu,&nbsp; Integrasi Ilmu, Fakultas Ilmu Agama Islam UII</em></p> 2024-05-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/34196 PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA PRODUK FASHION MUSLIM 2024-05-21T03:12:05+00:00 Sechan Shaffbrian Shihab [email protected] Nayla Muchlisah [email protected] Rakhmawati [email protected] <p><em>Tranformasi digital mempengaruhi industri fashion, terutama dengan penggunaan teknologi Augmented Reality (AR). Penelitian ini menjembatani kesenjangan penelitian empiris dalam memahami perspektif psikologis konsumen pada industri tersebut. Dengan menggunakan survei lapangan terhadap 117 responden generasi Y dan Z di Indonesia, penelitian ini menyoroti pengaruh variabel indepeden value, enjoyment, informativeness, presence, dan consumer experience terhadap purchase intention. Metode yang digunakan dalam pengambilan data menggunakan metode survei lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah 223 warga negara Indonesia dari generasi Y dan Z dengan metode convenience sampling. Hasil regresi menunjukkan bahwa hanya consumer experience yang signifikan mempengaruhi purchase intention, menandakan potensi AR dalam meningkatkan pengalaman konsumen dan inovasi produk di industri fashion muslim. Penelitian ini memberikan kontribusi nyata terhadap pemahaman dan perkembangan industri tersebut.</em></p> 2024-05-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/34201 KONSEP HADIAH DALAM PRODUK PERBANKAN SYARIAH PERSPEKTIF FATWA DEWAN SYARI’AH NASIONAL DAN APLIKASINYA DIPERBANKAN SYARIAH 2024-05-21T06:39:11+00:00 Ryan Yusuf Pradana Ryan [email protected] Nur Kholis [email protected] <p>Persaingan perbankan syariah dengan perbankan konvensional mengakibatkan perbankan syariah harus berinovasi dalam menarik nasabah untuk menyimpan dana pada perbankan syariah. Salah satu bentuk inovasi yang dilakukan oleh perbankan syariah adalah dengan melakukan inovasi atas produk yang mereka tawarkan, salah satunya adalah dengan produk perbankan berhadiah. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis terkait dengan konsep hadiah dalam produk perbankan syariah perspektif fatwa DSN-MUI serta menganalisis contoh penerapan produk ini pada perbankan syariah. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan jenis kepustakaan dengan pendekatan hukum normative. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan studi kepustakaan dengan menggunakan sumber data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep hadiah dalam produk perbankan syariah berdasarkan fatwa DSN-MUI haruslah mengikuti ketentuan ketentuan serta jenis jenis produk perbankan syariah yang diperbolehkan untuk memberikan hadiah. Adapun pengaplikasian produk perbankan syariah berhadiah ini telah dilakukan dibeberapa perbankan syariah salah satunya Bank Muamalat Indonesia KCP Parepare.</p> 2024-05-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/34200 STUDI INTEGRASI ISLAM DAN SAINS: PERAN PENDIDIKAN ISLAM MENUJU ERA REVOLUSI INDUSTRI 5.0 2024-05-21T05:56:04+00:00 Diinu Tsabitul Azmi [email protected] M. Hajar Dewantoro [email protected] <p><em>Teknologi menjadi nilai primer di era revolusi industry 5.0. percepatan kemajuan teknologi informasi telah memberikan dampak signifikan terhadap pola kehidupan manusia terutama dalam dunia Pendidikan. Lantas bagaimana peran sebuah pola integrasi antara islam dan sains dalam dunia Pendidikan islam serta implikasinya berkaitan dengan perilaku manusia di era society 5.0. banyak anggapan bahwa islam dan sains merupakan suatu ikatan bersifat integral, hal ini menunjukan islam memandang positif ilmu pengetahuan modern yang semakin canggih karena dipengaruhi oleh arus teknologi. Artinya tidak ada dikotomi Pendidikan islam dan ilmu sains itu sendiri. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola strategi integrasi antara islam dan sains baik dalam perilaku atau perbuatan manusia serta tantanganya diera Society 5.0. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, yakni menelaah studi Pustaka dan mencari data yang bersumber dari jurnal,studi kepustakaan atau dokumentatif seperti kajian sumber data dari literature-literature yang berkaitan dengan judul pembahasan. Selanjutnya akan menghasilkan sebuah opini argumentatif berupa artikel yang akan di dipublikasikan menjadi sebuah jurnal ilmiah.</em></p> 2024-05-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/34161 PERAN MUSLIM DALAM DALAM PELESTARIAN LINGKUNGAN: AJARAN DAN PRAKTIK 2024-05-19T12:14:50+00:00 SYAIRA AZZAHRA [email protected] Siti Maysithoh [email protected] <p><em>Ajaran Islam secara komprehensif membahas tentang pemanfaatan dan pelestarian lingkungan, menekankan pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem serta melarang perusakan alam. Dalam artikel ini, dibahas dasar-dasar ajaran Islam yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan, termasuk lebih dari 750 ayat Al-Qur'an dan ratusan hadis yang menekankan pentingnya elemen alam seperti binatang, tumbuhan, tanah, air, dan udara. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana prinsip-prinsip Islam seperti khalifah (kepemimpinan), mizan (keseimbangan), dan amanah (tanggung jawab) mengarahkan umat Muslim untuk bertanggung jawab terhadap pelestarian alam. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka, menganalisis literatur yang relevan tentang ajaran Islam terkait lingkungan. Hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa Islam memberikan landasan filosofis dan etis yang kuat untuk menjaga lingkungan, termasuk prinsip kebersihan (taharah), penghindaran pemborosan (israf), dan edukasi lingkungan. Dengan menerapkan prinsip-prinsip ini dalam kehidupan sehari-hari, umat Islam dapat meningkatkan kualitas lingkungan sekaligus menjadikan tindakan tersebut sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT. Artikel ini menyimpulkan bahwa prinsip-prinsip Islam dapat menjadi panduan yang kuat dalam menghadapi tantangan lingkungan modern dan mendorong tindakan nyata untuk kelestarian lingkungan secara berkelanjutan.</em></p> 2024-06-07T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/34203 DESAIN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MITA (MENTAL IMAGERY THERAPY FOR AUTISM) BAGI TUNAGRAHITA DALAM MEMPELAJARI HURUF HIJAIYAH 2024-05-21T07:17:20+00:00 shofiah nur hasanah [email protected] Mir’atun Nur Arifah [email protected] <p>Pentingnya pendidikan Al-Qur’an tidak hanya diberikan kepada anak-anak biasa, tetapi juga kepada anak-anak berkebutuhan khusus. Terdapat tantangan tersendiri bagi SD N Pojok sebagai sekolah inklusi dengan jenis kebutuhan khusus siswa tunagrahita (lambat belajar) karena tidak adanya media yang dirancang secara khusus bagi siswa tunagrahita dalam mempelejari huruf hijaiyah, sehingga siswa tunagrahita tertinggal jauh dalam memahami bacaan huruf hijaiyah dari siswa normal lainnya. Pada penelitian ini berupaya untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis MITA berbentuk puzzle hijaiyah untuk membantu siswa tunagrahita mempelajari huruf hijaiyah. Desain penelitian ini menggunakan penelitian <em>research</em> and <em>development</em> model ADDIE 5 tahap: <em>Analysis, design, development, implementation </em>dan<em> evaluation</em>. Berdasarkan hasil penerapan puzzle hijaiyah dari analisis dilakukan identifikasi belajar huruf hijaiyah siswa tunagrahita dan wawancara, kemudian dilakukan rancangan media berbentuk puzzle hijaiyah menggunakan canva dan 3 akomodasi khusus dari MITA, tahap pengembangan dilakukan cetak kartu dengan bahan dan ukuran tertentu, dan melakukan implementasi media puzzle kepada siswa tunagrahita, terakhir di tahap evaluasi didapati hasil bahwa media puzzle hijaiyah berbasis MITA mampu membantu meningkatkan pemahaman huruf hijaiyah siswa tunagrahita karena mereka mampu membedakan huruf hijaiyah beserta dengan warna, bentuk dan ukuran yang berbeda dalam satu puzzle.&nbsp;</p> 2024-06-07T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/34204 IMPLEMENTASI ETIKA PEJABAT MK: STUDI KASUS KEPEMIMPINAN ANWAR USMAN 2024-05-21T07:21:30+00:00 M. Jundi Rabbani [email protected] Cahya Kusumajati Jati [email protected] Mukhsin Achmad [email protected] <p>Kasus pelanggaran etika terhangat datang dari Mahkmah Konstitusi, yakni Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman dinyatakan terbukti melakukan pelanggaran kode etik berat dan perilaku hakim konstitusi dalam penangangan perkara 90/PUU-XXI/2023 soal pengujian syarat usia calon presiden dan wakil presiden. Adapun tujuan penelitian ini yakni pertama, untuk menganalisis beberapa pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh hakim konstitusi Anwar Usman. Kedua, untuk menganalisis implementasi etika kepemimpinan hakim konstitusi Anwar Usman. Metode yang digunakan yakni kepustakaan atau biasa disebut dengan library research, dengan menggunakan berbagai literatur yang serupa, kemudian ditulis secara kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah pertama, Anwar Usman terbukti melanggar 5 prinsip, yaitu Prinsip Ketidakberpihakan, Integritas, Kecakapan dan Keseksamaan, Independensi, serta Kepantasan dan Kesopanan. Kedua, tindakan yang dilakukan oleh Anwar Usman sangat bertolak belakang dengan dua prinsip etika kepemimpinan, yaitu kejujuran dan keterbukaan, integritas dan profesionalisme.</p> <p><em>Kata kunci :&nbsp; </em><em>Etika, Anwar Usman, Kepemimpinan, Mahkamah Konstitusi</em></p> 2024-06-07T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/34206 PERAN FINANCIAL BEHAVIOR DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MAHASISWA UII TERHADAP INSTRUMEN INVESTASI SYARIAH UNTUK MASA DEPAN 2024-05-21T07:47:34+00:00 Afifatun Naja [email protected] Luthfi Hawari Setiawan [email protected] Anom Garbo [email protected] <p>Instrumen investasi syariah seperti Saham Syariah,&nbsp;&nbsp; Sukuk,&nbsp;&nbsp; Reksadana&nbsp; Syariah,&nbsp;&nbsp; Deposito&nbsp;&nbsp; Syariah&nbsp;&nbsp; dan&nbsp;&nbsp; Emas sangat diminati karena risikonya lebih rendah. Namun, banyak mahasiswa yang kurang paham tentang investasi syariah, yang dapat mempengaruhi keputusan mereka. Oleh karena itu, studi <em>financial behavior</em> mahasiswa UII dapat mengidentifikasi faktor-faktor seperti <em>overconfidence, risk perception, loss aversion, </em>dan <em>herding </em>yang mempengaruhi keputusan mereka. Tujuan penelitian ini untuk meneliti pengaruh<em> financial behavior </em>mahasiswa UII terhadap pengambilan keputusan investasi syariah dan untuk memahami preferensi mahasiswa dalam memilih instrumen investasi syariah untuk masa depan. Penelitian ini menggunakan pendekatan dual method (kuantitatif dan kualitatif) untuk mengeksplorasi persepsi dan faktor-faktor yang memengaruhi keputusan mahasiswa UII terhadap investasi syariah. Data dikumpulkan melalui kuisioner sebanyak 48 mahasiswa dan wawancara oleh 10 mahasiswa. Analisis data menggunakan partial least square melalui SMART-PLS untuk data kuantitatif, sementara data kualitatif direduksi dan disajikan. Hasil daripada penelitian ini menunjukkan bahwa <em>overconfidence, loss aversion, risk perception, </em>dan<em> herding</em> bias menghasilkan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Keputusan investasi mahasiswa Universitas Islam Indonesia pada instrument investasi syariah. Setiap jenis instrument investasi syariah memiliki <em>trade-off </em>antara keuntungan dan risiko atau kekurangannya, artinya investor harus memilih sesuai dengan profil risiko dan tujuan investasi yang mereka tuju.</p> 2024-06-12T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/34243 PENGUATAN BELAJAR ILMU AGAMA ISLAM DI ERA 5.0 PADA WALI SANTRI TPA RAHMATAN LIL 'ALAMIN DUSUN GONDANG SLEMAN 2024-05-22T01:20:37+00:00 Nada Nurfadhilah [email protected] Shinta Ayu Cahyaningrum [email protected] Mukhsin Achmad [email protected] <p>Masyarakat dunia akan berada pada era Society 5.0 yang menjadi jawaban dalam menyelesaikan masalah dengan menggunakan inovasi pada era sebelumnya di antaranya penggunaan teknologi seperti <em>AI. </em>Tentu dengan kehadiran teknologi memberikan dampak baik dan buruk bagi masyarakat. Penggunaan teknologi yang tidak diintegrasikan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari akan menjadi kurang maksimal, khususnya belajar ilmu agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk kepentingan wali santri dalam mengetahui pentingnya belajar ilmu agama Islam dan mencari sumber informasi keagamaan dengan menggunakan teknologi berupa media <em>online</em>. Metode penelitian yang digunakan ialah dengan dilakukan penyuluhan atau pendampingan kepada wali santri di Dusun Gondang Sleman. Adapun hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) masih banyak wali santri yang mengeluh karena anak-anaknya terlalu sering bermain gadget (2) wali santri sudah paham dan tepat dalam mencari dan memilih <em>website </em>yang dapat digunakan dalam mencari informasi terkait ilmu agama menggunakan media <em>online</em>.</p> 2024-06-09T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/34251 OPTIMALISASI PEMASARAN: STRATEGI DAYA TARIK MELALUI VISIBILITAS KEGIATAN MAHASISWA BAGI CALON MAHASISWA BARU DI FIAI UII 2024-05-22T05:36:37+00:00 Almeyda Asharsyira [email protected] Eka Fitriani [email protected] Moh Mizan habibi [email protected] <p>Penelitian ini mengekplorasi peran kegiatan mahasiswa dalam menarik minat calon mahasiswa baru di perguruan tinggi, yang fokus di Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia. Studi ini bertujuan untuk memahami persepsi dan harapan calon mahasiswa terhadap kegiatan mahasiswa serta dampaknya terhadap pilihan perguruan tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data primer melalui kuesioner dan formulir daring. Hasil menunjukkan bahwa kegiatan mahasiswa dianggap penting dalam meningkatkan kualitas mahasiswa, sementara minat calon mahasiswa baru memungkinkan dipengaruhi oleh variasi kegiatan dan keterlibatannya dalam organisasi mahasiswa. Terobosan penting dalam penelitian adalah peningkatan promosi dan kualitas kegiatan mahasiswa di FIAI , untuk menarik minat calon mahasiswa baru. Penelitian ini memberikan wawasan tentang strategi pemasaran yang lebih efektif bagi institusi pendidikan dan kebutuhan akan adaptasi terhadap perubahan tren pendidikan.</p> <p><em>&nbsp;</em></p> 2024-06-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024