At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam https://journal.uii.ac.id/thullab <span>at-Thullab Journal is Islamic Studies Student journal published by the Faculty of Islamic Studies in the Islamic University of Indonesia in 2019 which is published twice a year as a journal which becomes a forum for students to improve their abilities in the fields of Islamic Law, Islamic Education and Islamic Economics into Indonesian, English and Arabic.</span> en-US <p>Authors who publish with this journal agree to the following terms:</p><ul><li>Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a <a href="https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/" target="_blank">Creative Commons Attribution License</a> that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.</li></ul><ul><li>Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.</li></ul><ul><li>Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.</li></ul> muhammadroy@uii.ac.id (Dr. Muhammad Roy Purwanto, M.Ag) mulyadifahlevi537@gmail.com (Mulyadi) Fri, 31 Jan 2025 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.10 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PERAN BAHAN AJAR, MEDIA DAN SUMBER BELAJAR: KUNCI SUKSES DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/37725 <p><em>Penggunaan bahan ajar, media, dan sumber belajar menjadi sangat krusial dalam proses pembelajaran. Adanya seperangkat alat pembelajaran yang berupa bahan ajar, media, dan sumber belajar yang berkualitas, menjadikan proses pembelajaran menghasilkan output Pendidikan yang berkulitas. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran bahan ajar, media, dan sumber belajar tersebut yang dapat mempengaruhi motivasi belajar dan efektivitas pembelajaran peserta didik, khususnya pada pembelajaran Pendidikan agama Islam yang mengajarkan pengetahuan agama, membentuk karakter, serta menanamkan nilai-nilai moral peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kajian literatur dengan penelusuran kepustakaan dengan bersumber dari buku, jurnal, dan terbitan-terbitan lainnya yang relevan dengan topik penelitian. Penelitian ini menghasilkan data-data berupa penelitian yang dilakukan oleh peneliti terdahulu mengenai pemanfaatan dari sumber belajar berbasis multimedia yang diuji coba di mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 1 Palu, dan MI Miftahul Hidayah. Adapun hasil pengamatan tersebut mendapat respon baik yang meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa, peranan bahan ajar, media, dan sumber belajar tersebut dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan menghasilkan output yang baik.</em></p> <p><strong>Kata kunci :<em> Bahan Ajar, Media, Sumber Pembelajaran, PAI</em></strong></p> Ceni_Amalia Ayu Lestari, Ana Dwi Lestari , Innayatul Magfirah, Samsul Susilawati Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/37725 Fri, 31 Jan 2025 00:00:00 +0000 DAMPAK GAYA HIDUP HEDONISME DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA MAGISTER ILMU AGAMA ISLAM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/38595 <p><em>Gaya hidup hedonisme dan perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa telah menjadi isu yang semakin mengkhawatirkan dalam beberapa tahun terakhir, kehadiran modernisasi dan kemajuan teknologi seiring perkembangan zaman berdampak pada gaya hidup serta perilaku mereka. Mahasiswa cenderung berlomba-lomba mengikuti tren yang mengarah pada gaya hidup hedonis, yang akhirnya menjadi kebiasaan favorit mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak gaya hidup hedonisme terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa Magister Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia menganggap bahwa prinsip moral yang menyamakan kebahagiaan dan kebaikan dengan kesenangan merupakan bagian dari tindakan serta tujuan hidup manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi dan menggunakan Studi Pustaka (library research) serperrtir artirkerl dan buku akadermirs terrkairt yang sersuair derngan Gaya hidup hedonism. Informan Penelitian tiga Mahasiswa Fakultas Ilmu Agama Islam UII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup hedonisme berdampak signifikan pada perilaku konsumtif mahasiswa, yang ditandai dengan peningkatan pengeluaran untuk barang-barang mewah, kegiatan hiburan, dan gaya hidup glamor. Penelitian ini menyimpulkan bahwa diperlukan upaya komprehensif dari pihak universitas, orang tua, dan mahasiswa sendiri untuk mengatasi dampak negatif gaya hidup hedonisme dan mempromosikan pola hidup yang lebih seimbang dan bertanggung jawab. Mereka cenderung menghasilkan dampak yang baik, seperti menghindari tindakan negatif.</em></p> Chairun Nisa Safitri, M. Husnaini Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/38595 Fri, 31 Jan 2025 00:00:00 +0000 ANALISIS STANDAR KOMPETENSI PENGAWAS MADRASAH DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/38375 <p style="margin: 0cm; margin-bottom: .0001pt; text-align: justify; text-indent: -.1pt;"><em><span lang="IN">Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi standar kompetensi pengawas madrasah berdasarkan Peraturan Menteri Agama Nomor 2 Tahun 2012 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara mendalam, analisis dokumen kebijakan, dan laporan supervisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan standar kompetensi, yang mencakup aspek kepribadian, supervisi akademik, evaluasi pendidikan, penelitian dan pengembangan, serta kompetensi sosial, telah memberikan dampak positif terhadap kualitas pendidikan madrasah di DIY. Namun, tantangan seperti kekurangan jumlah pengawas, tingginya beban kerja, dan keterbatasan penguasaan teknologi masih menjadi hambatan utama. Untuk mengatasi kendala tersebut, berbagai inovasi, seperti penggunaan aplikasi Jogja Madrasah Digital, dan kolaborasi melalui kelompok kerja pengawas madrasah (Pokjawas), diterapkan. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas supervisi melalui pelatihan berbasis teknologi, peningkatan jumlah pengawas, dan penguatan kebijakan alokasi sumber daya. </span></em></p> Fallya Putri Utami, Rossy Liana Hikma, Hanum Novariza Berliana, Muhammad Zainal Abidin Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/38375 Fri, 31 Jan 2025 00:00:00 +0000 MYSTICAL EXPERIENCE IN SUFISM THE STUDY OF UNIQUENESS OF SUFISM IN RELATION TO MYSTICISM https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/38557 <p><em>This article investigates Sufism and its closeness with the so-called mysticism. Indeed, mysticism is chiefly characterized by mystical experience, referring to, broadly speaking, that of union with the ultimate reality. On this basis, Sufism also evinces mystical experience from which the Sufis elaborate some terminological concepts such as fanā’, wahdat al-wujūd, ittihād, etc. As a qualitative study with a type of library research, this article employs content analysis to provide an in-depth interpretation of the texts analyzed, especially literature relevant to the field of study. The results of the analysis demonstrate twofold. On the one hand, Sufism is arguably Islamic mysticism due to its emphasis on mystical experience about God. On the other hand, Sufism has its own uniqueness since it also pays much attention to moral development and human behavior. In addition, Sufism has great contribution and significance to Islamic civilization in particular and modernity in general, ranging from Islamic psychology, metaphysics, art and literary world to human peace and spiritual crisis.</em></p> Angga Arifka Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/38557 Fri, 31 Jan 2025 00:00:00 +0000 KEHALALAN SEMBELIHAN NON-MUSLIM: KAJIAN BERDASARKAN AL-QUR’AN DAN HADITS https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/38481 <p><em>Penelitian ini membahas hukum kehalalan sembelihan non-Muslim dalam perspektif Islam, dengan berfokus pada pandangan Al-Qur'an dan hadits. Kajian ini menjadi penting mengingat globalisasi yang mendorong interaksi antaragama dalam masyarakat multikultural, termasuk dalam aspek konsumsi makanan. Tujuan penelitian adalah menganalisis hukum sembelihan non-Muslim, terutama Ahli Kitab, berdasarkan sumber-sumber utama Islam serta pandangan ulama, guna memberikan panduan praktis bagi umat Islam. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur, menganalisis ayat Al-Qur'an dan hadits yang relevan, serta tafsir para ulama. Data sekunder diperoleh dari literatur terkait hukum makanan halal dan pandangan fuqaha. Penelitian juga mencakup interpretasi modern terhadap status Ahli Kitab dan implikasinya dalam konsumsi makanan di era kontemporer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sembelihan Ahli Kitab (Yahudi dan Nasrani) pada prinsipnya halal, dengan syarat penyembelihan dilakukan sesuai ajaran agama mereka yang mengakui keesaan Tuhan. Pandangan ini didukung mayoritas ulama, meskipun terdapat perbedaan dalam interpretasi teknis terkait metode penyembelihan dan status Ahli Kitab di masa kini. Beberapa ulama menolak kehalalan sembelihan akibat penyimpangan ajaran Ahli Kitab </em><em>modern. Namun, pendekatan moderat yang merujuk pada surah Al-Maidah ayat 5 tetap mengakui kehalalan sembelihan mereka selama tidak bertentangan dengan prinsip syariat. Penelitian ini merekomendasikan umat Islam untuk memprioritaskan konsumsi daging yang dipastikan kehalalannya, terutama dari sesama Muslim, guna menghindari keraguan. Hasil kajian ini relevan untuk memperkuat pemahaman hukum Islam dalam konteks globalisasi.</em></p> Nidaan Khafiyya Yusbar Yusbar, Dzulkifli Hadi Imawan Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/38481 Fri, 31 Jan 2025 00:00:00 +0000 TEORI PENGETAHUAN DAN KEBENARAN ILMIAH PERSPEKTIF FILSAFAT ILMU https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/38515 <p style="margin: 0cm; text-align: justify; text-indent: -.1pt; line-height: normal;"><em><span lang="IN">Penelitian ini membahas tentang teori pengetahuan dan kebenaran ilmiah dari perspektif filsafat ilmu. Kebenaran merupakan elemen fundamental dalam kehidupan manusia yang mencakup berbagai makna, termasuk moral, logis, dan metafisik. Melalui filsafat, manusia dapat berpikir secara rasional dan bernalar tinggi untuk menemukan kebenaran yang hakiki. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka untuk menganalisis berbagai teori kebenaran, seperti teori korespondensi, koherensi, pragmatisme, dan performatif. Teori korespondensi menekankan kesesuaian antara pernyataan dan fakta, sedangkan teori koherensi menilai kebenaran berdasarkan konsistensi dengan pernyataan-pernyataan terdahulu. Teori pragmatisme mendasarkan kebenaran pada manfaat praktis dari suatu pernyataan, dan teori performatif menilai kebenaran dari penciptaan realitas oleh pernyataan tersebut. Selain itu, penelitian ini juga mengkaji agama sebagai teori kebenaran, dengan berlandaskan pada wahyu dan syariat Allah SWT sebagai sumber kebenaran mutlak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap teori kebenaran memiliki pendekatan yang unik dalam menilai kebenaran. Agama, sebagai landasan kebenaran, memberikan jawaban yang absolut terhadap berbagai persoalan manusia, mengarahkan pada kebenaran yang sejati dan tidak dapat disembunyikan. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami berbagai perspektif kebenaran dan relevansinya terhadap ilmu pengetahuan serta kehidupan manusia.</span></em></p> Haura Salil Jinan Murtadlo Hirtsa Nugroho Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/38515 Fri, 31 Jan 2025 00:00:00 +0000 MARTIN HEIDEGGER'S EXISTENTIALISM AS A PARADIGM IN ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/38359 <p><em>This research explores the application of Martin Heidegger's existentialist philosophy, especially the concept of Dasein, as a paradigm in Islamic Religious Education. This research examines how Heidegger's principles- self-awareness, freedom, and moral responsibility- can overcome the limitations of traditional dogmatic approaches in Islamic Religious Education, which often lack reflection. Using qualitative-descriptive methods and philosophical analysis, this research integrates Heidegger's existentialism with reflective pedagogy to offer an innovative teaching model. Data were collected through extensive literature observations and analyzed using qualitative content analysis, focusing on thematic reduction, categorization, and interpretation. Findings show that the existentialist approach fosters critical thinking and spiritual awareness, enabling students to authentically internalize Islamic values ​​and adapt them to modern challenges. This paradigm shifts the teaching of Islamic Religious Education.&nbsp; from rote memorization to a dialogical method, increasing moral responsibility and authentic self-development. Despite challenges such as resistance from traditional educators and curriculum limitations, this research highlights the transformative potential of existentialism in forming reflective and morally mature students.</em></p> Shidiq Agung Sutrisno Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/38359 Fri, 31 Jan 2025 00:00:00 +0000 MAPPING RESEARCH DEVELOPMENTS AND TRENDS: SUSTAINABLE ECONOMIC LITERACY IN ISLAMIC CONTEXT https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/38451 <p><em>This study presents a bibliometric analysis of islamic sustainable economic research from scopus indexed scientific publications. Data sources were obtained from searches using the publish or perish application with the keywords “islamic AND sustainable AND economy” total of 205 articles from 2007-2024. Statistical analysis of metadata using the VOS Viewer application. This study analyzes the trend of research development based on the year of publication, journal contribution, journal citation, country, co-authorship, authors, keywords used, and visualization analysis of the research landscape cluster. The results show that the keywords "sustainable development", "islamic finance", and "waqf" can be said to be developing quite well because each year shows an increase in the number of studies relevant to these keywords. The author who produces the most article is M. Kabir Hassan with 7 articles. The most articles were produced in 2022 with total 28 articles. Malaysia is the most contributing country to publish 64 articles. Research clusters consisting of 10 clusters. The direction of future research development that still rarely researched in the role of Islamic microfinance for sustainable economic development, Islamic financial performance to realize a sustainable economy, politics and regulation for an Islamic-based sustainable economy</em></p> Titania Mukti Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/38451 Fri, 31 Jan 2025 00:00:00 +0000 ANALISIS KUALITAS HADIS RIWAYAT SHAHIH MUSLIM NO. 2700: KAJIAN SANAD DAN MATAN https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/124-143 <p><em>Hadith has a central position as the second source of Islamic law after the Qur'an. One of the important hadiths is Saheeh Muslim No. 2700 which explains the virtues of congregational dhikr, including its impact in the form of calmness, mercy, angelic protection, and the attention of Allah SWT. This study aims to analyze the quality of the hadith through the takhrij method, which includes the evaluation of sanad and matan. The results of the study show that the main sanad of this hadith is classified as munqathi (disconnected) because of the significant time gap between several awi, so it does not meet the criteria of ittishal. However, the existence of mutabi' and shuahid paths in other histories such as Sunan Daud and Musnad Ahmad strengthens the validity of matan. In terms of matan, this hadith does not contradict Islamic principles and has high moral and spiritual value. This study emphasizes the importance of a scientific approach in assessing the quality of hadith, and recommends further exploration to strengthen the study of hadith in various aspects of life.</em></p> Fallya Putri Utami Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/124-143 Fri, 31 Jan 2025 00:00:00 +0000 MEMAHAMI PERAN PEREMPUAN DALAM BIDANG POLITIK: REFLEKSI ATAS PEMIKIRAN SITI MUSDAH MULIA https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/38629 <p>P<em>ersoalan mengenai posisi perempuan dalam bidang politik masih menjadi isu yang kompleks, terutama dalam konteks budaya patriarkal yang mendominasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pandangan Siti Musdah Mulia mengenai kesetaraan gender dan peran perempuan dalam politik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis pendekatan kepustakaan yang mengandalkan sumber primer berupa buku Kemuliaan Perempuan dalam Islam karya Siti Musdah Mulia dan sumber sekunder dari beberapa artikel terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun terdapat peningkatan jumlah perempuan dalam bidang politik, kaum perempuan setidaknya masih menghadapi tantangan berupa stereotip dan norma sosial yang menganggap bahwa politik merupakan bidang yang hanya digeluti oleh laki-laki. Siti Musdah Mulia menegaskan bahwa Islam mendukung partisipasi perempuan dalam bidang politik dan menolak segala bentuk ketidakadilan. Kesimpulannya, bahwa untuk mencapai kesetaraan gender, diperlukan perubahan paradigma dalam masyarakat yang mengakui potensi perempuan dan mendukung keterlibatan mereka dalam pengambilan keputusan politik, sehingga mampu menciptakan kebijakan yang terbuka dan adil.</em></p> SHAFA KAMALIA, Mukhsin Achmad Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/38629 Fri, 31 Jan 2025 00:00:00 +0000 PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK PADA ASPEK LINGKUNGAN https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/38751 <p><em>Kerusakan lingkungan akibat ulah manusia adalah masalah global yang serius dan dapat memiliki dampak negative terhadap ekosistem bumi. Hal ini dapat terjadi terus-menerus dan akan meningkat apabila manusia tidak memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan. Sekolah di anggap menjadi tempat paling efektif untuk menumbuhkan sikap social pada aspek lingkungan dengan menanamkan ajaran agama Islam yang mengandung nilai-nilai etika dan moral dengan kesadaran dan tanggung jawab terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru PAI dalam menumbuhkan sikap social peserta didik pada aspek lingkungan di SDN Candirejo dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menumbuhkan sikap tersebut. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif, berbentuk observasi, wawancara, dan dokumen. Penelitian dan analisis menggunakan teori Miles dan Huberman dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru PAI di SDN Candirejo berperan sebagai sumber pengetahuan dan sebagai pembentuk karakter peserta didik dengan beberapa metode seperti keteladanan, pembiasaan, nasihat, motivasi, dan hukuman. Serta beberapa faktor pendukung dan penghamba, faktor pendukung seperta sarana dan prasana yang memadai dan faktor penghambat seperti kurangnya keterlibatan orang tua</em></p> Tazkiyatur Robihah, Muhamad Joko Susilo Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/38751 Fri, 31 Jan 2025 00:00:00 +0000 EPISTEMOLOGI PENDIDIKAN: PERSPEKTIF BARAT DAN ISLAM https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/34511 <p>A<em>rtikel ini membahas terkait epistemologi pendidikan yang dilihat dari perspektif Barat dan Islam. Pembahasan mengenai dua kutub keilmuan ini sangat esensial terlebih dalam ranah metodologi penggalian ilmu pengetahuan baik dari ranah hakikat, sumber, metode ataupun kebenaran suatu teori ilmu pengetahuan tersebut. Maka dari itu tulisan ini disusun untuk menggali lebih dalam terkait epistemologi pendidikan Barat dan Islam. Adapun metode penelitan dalam penulisan ini adalah menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (library research), dengan mengeksplor, meninjau, merangkum dan menganalisis beberapa karya ilmiah yang terdokumentasi dalam bentuk seperti; buku, jurnal, makalah dan artikel ilmiah lainnya yang membahas tema penelitian yang relevan. Hasil penelitian ini adalah kajian lebih luas terhadap epistemologi pendidikan Barat dan Islam berdasarkan indikator; hakikat, sumber, metode dan teori kebenaran. Lebih jelasnya akan diuraikan pada bab hasil pembahasan berikut ini. Hasil kajian ini diharapkan dapat berkontribusi untuk memberikan wawasan literatur yang lebih luas dan mendalam.</em></p> Dinda Nurviana, M. Husnaini Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/34511 Fri, 31 Jan 2025 00:00:00 +0000 PERAN KIYAI SEBAGAI PENDIDIK KARAKTER ISLAMI TERHADAP KEPUASAN HIDUP ALUMNI PONDOK PESANTREN DI INDONESIA https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/38789 <p><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Pondok pesantren di Indonesia memiliki peran strategis dalam membentuk karakter Islami generasi muda, dengan kiyai sebagai figur sentral yang bertanggung jawab terhadap pembinaan moral dan spiritual. Namun hubungan antara peran kiyai dalam pendidikan karakter Islami dan kepuasan hidup alumni belum banyak diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh peran kiyai sebagai pendidik karakter Islami terhadap tingkat kepuasan hidup alumni pondok pesantren. Metode penelitian yang digunakan adalah </span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Partial Least Squares Structural Equation Modeling</span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> (SEM-PLS) dengan pendekatan kuantitatif. Data diperoleh melalui kuesioner berbasis skala Likert yang diisi oleh 105 alumni pondok pesantren di Indonesia. Variabel utama meliputi peran kiyai dalam pendidikan karakter Islami dan kepuasan hidup alumni, yang mencakup dimensi kesejahteraan emosional, hubungan sosial, dan pencapaian hidup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kiyai mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan hidup alumni (β = 0,185; p &lt; 0,001). Temuan ini menekankan pentingnya peran Kiyai sebagai teladan moral yang mampu membentuk nilai-nilai Islami yang berkelanjutan dalam kehidupan alumni. Secara praktis, penelitian ini memberikan wawasan bagi pengelola pondok pesantren untuk meningkatkan kualitas pendidikan karakter Islami guna mendukung kesejahteraan hidup alumni. Keterbatasan penelitian ini terletak pada jumlah sampel yang terbatas dan penggunaan metode survei, yang dapat mempengaruhi generalisasi temuan. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mencakup populasi yang lebih luas dan menggunakan pendekatan campuran untuk eksplorasi yang lebih mendalam</span></span></em></p> HERI KURNIAWAN, Amanda Putri Widia Copyright (c) 2025 https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/38789 Wed, 05 Feb 2025 00:00:00 +0000