At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam https://journal.uii.ac.id/thullab <span>at-Thullab Journal is Islamic Studies Student journal published by the Faculty of Islamic Studies in the Islamic University of Indonesia in 2019 which is published twice a year as a journal which becomes a forum for students to improve their abilities in the fields of Islamic Law, Islamic Education and Islamic Economics into Indonesian, English and Arabic.</span> en-US <p>Authors who publish with this journal agree to the following terms:</p><ul><li>Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a <a href="https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/" target="_blank">Creative Commons Attribution License</a> that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.</li></ul><ul><li>Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.</li></ul><ul><li>Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.</li></ul> [email protected] (Dr. Muhammad Roy Purwanto, M.Ag) [email protected] (Mulyadi) Tue, 24 Oct 2023 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.10 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 EFEKTIVITAS PENERAPAN BARCODE BASED TEST DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEDAGOGIS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 CANGKRINGAN https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/31100 <p>Barcode based test merupakan salah satu media yang bisa digunakan dalam meningkatkan kemampuan pedagogis guru. Penerapan barcode based test dapat membantu guru dalam menyiapkan media dan penilaian pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan barcode based test dalam meningkatkan kemampuan pedagogis guru. Kemampuan pedagogis guru tersebut mencakup persiapan, proses, dan penilaian pembelajaran.Penelitian ini berlokasi di SMP Negeri 1 Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan dilakukan dengan penelitian lapangan. Penelitian ini dilaksanakan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi penelitian. Adanya keefektifan penerapan barcode based test ini ditandai dengan adanya kemudahan yang didapatkan oleh guru, terutama dalam meningkatnya profesionalitas pengembangan administrasi media dan penilaian pembelajaran.</p> Rizal Aji Nugroho, Muh. Luthfi Laliu, Moh. Mizan Habibi Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/31100 Mon, 23 Oct 2023 00:00:00 +0000 EKSISTENSI PONDOK PESANTREN UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA DALAM PENERAPAN SISTEM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (STUDI KASUS) https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/31102 <p>Kehidupan di pondok pesantren sudah tidak asing dengan adanya keberagaman dan perbedaan sehingga diperlukan suatu sistem Pendidikan Multikultural, yaitu pendidikan yang menghargai perbedaan agar tidak menjadi sumber konflik atau perpecahan. Dalam Pendidikan Multikultural, setiap peradaban dan kebudayaan berada dalam posisi yang sejajar dan sama. Salah satu tujuan penting dari sistem pendidikan multikultural adalah dalam membantu peserta didik agar memperoleh pengetahuan dan mampu menghargai orang lain yang berbeda, baik dalam suku, budaya serta latar belakang dan kepribadianya. Penerapan sistem Pendidikan multikultural di Pondok Pesantren Universitas Islam Indonesia di rancang khusus terhadap santri dengan maksud dan tujuan yang sama, para santri dibekali pengetahuan untuk saling mengenal dan menghargai perbedaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengemukakan Eksistensi Pondok Pesantren Universitas Islam Indonesia dalam penerapan sistem Pendidikan Multikultural terhadap para santri. Metode penelitian ini adalah Deskriptif dengan menguraikan butir-butir penjelasan yang dilakukan pada saat mengumpulkan data. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Hasil analisis sederhana dalam penerapan sistem Pendidikan Multikultural menujukan adanya keterkaitan dengan nilai-nilai pendidikan islam yang selaras dengan berbagai kegiatan yang ada di Pondok Pesantren Universitas Islam Indonesia.</p> Diinu Tsabitul Azmi, Hilma Zurriyah Rabbaniyah, Kurniawan Dwi Saputra Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/31102 Tue, 24 Oct 2023 00:00:00 +0000 IMPLEMENTASI SUSTAINABLE MARKETING ENTERPRISE (SME) DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PADA INDUSTRI PRODUK HERBAL PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PADA CV. AGRADAYA INDONESIA) https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/31103 <p>Model <em>Sustainable Marketing Enterprise (SME)</em> perspektif ekonomi islam atau juga dikenal <em>Sharia Sustainable Marketing Enterprise</em>&nbsp; memiliki peranan yang strategis dalam menjawab persaingan pasar.&nbsp;Salah satu unsur SME perspektif ekonomi islam terdapat <em>syariah marketing value</em>&nbsp;yang terdapat tiga prinsip yaitu 1) <em>Brand</em>&nbsp;(Merek), 2) <em>Service</em>&nbsp;(Pelayanan), 3)&nbsp;<em>Proces</em>&nbsp;(Proses). Ketiga prinsip tersebut mendorong untuk mengambil <em>heart share</em> dari target pasar perusahaan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi <em>Sustainable Marketing Enterprise (SME)</em> dalam menghadapi persaingan pada industri produk herbal di CV. Agradaya Indonesia perspektif ekonomi islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan observasi langsung ke CV. Agradaya Indonesia dan wawancara langsung dengan f<em>ounder</em> dan <em>Chief Executive Officer (CEO) </em>sebagai informan penelitian. Hasil penelitian ini adalah CV. Agradaya Indonesia mengimplementasikan 1) <em>Brand</em> dengan metode <em>fungsional benefit</em> dan <em>emosional benefit</em> serta berkolaborasi. 2) <em>Service</em> dengan memberikan kecepatan, garansi, promosi<em>, bundling</em>, hadiah, edukasi dan membangun hubungan berkelanjutan 3)&nbsp;<em>Process, </em>bermitra dengan petani rempah ditanaman dengan metode agrofestari kemudian diproses oleh petani mitra dengan teknologi tepat guna rumah surya untuk penangan pasca panen yang kemudian distandarisasi akhir berbentuk bahan baku rempah kering dan kemudian dikemas oleh Agradaya sesuai regulasi BPOM dan HACCP</p> Zizi Whais Al Qoornie , Junaidi Safitri Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/31103 Tue, 24 Oct 2023 00:00:00 +0000 ANALISIS NILAI-NILAI KETAUHIDAN DALAM BUKU TUHAN ADA DI HATIMU KARYA HABIB HUSEIN JA’FAR AL-HADAR DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/31109 <p>Tauhid menjadi tema yang sangat penting dalam pandangan Islam. Betapa pentingnya dasar pendidikan yang menjadi pondasi pada seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai ketauhidan yang terkandung dalam sebuah buku Tuhan Ada di Hatimu dan bagaimana relevansinya terhadap pendidikan agama Islam yang diharapkan dapat menambah wawasan khasanah keilmuan. Tahapan penelitian dimulai dari penentuan objek analisis, pengumpulan data-data informasi, pengkajian klasifikasi secara deskriptif, dan penyimpulan mengenai nilai-nilai tauhid yang terkandung di dalam buku tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat kandungan nilai-nilai ketauhidan, yakni: 1) Tauhid rububiyyah dengan meyakini Allah maha kuasa dengan kekuatan sejati adalah miliknya, 2) Tauhid uluhiyyah dengan meg-Esakan Allah dalam penghayatan aktivitas sehari-hari, 3) Tauhid asma dan sifat Allah seperti bashiran, ilmun, dan aliman. Nilai ketauhidan tersebut perlu ditanamkan kepada anak. Namun tidak hanya secara kognitif saja, melainkan afektif dan psikomotorik juga</p> Dea Kurnia, Wanti Nur Aprilian, M Nurul Ikhsan Saleh Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/31109 Tue, 24 Oct 2023 00:00:00 +0000 ANALISIS PENERAPAN METODE CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS V SD NEGERI BULUS https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/31110 <p>Pembelajaran PAI seringkali menggunakan pendekatan TCL (Teacher Center Learning), yaitu pembelajaran yang lebih berpusat pada guru. Sehingga, pembelajaran seperti ini cenderung membosankan bagi para peserta didik. Oleh karena itu, dikembangkanlah penelitian ini dengan tujuan untuk menganalisis mengenai penerapan metode <em>Card Sort</em> dalam pembelajaran PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, wawancara, kuesioner, angket, dan dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini ialah, peserta didik kelas V di SD Negeri Bulus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kualitas pembelajaran di kelas pada mata pelajaran PAI dan juga peserta didik menjadi lebih aktif, dimulai dari siklus 1 sampai 2. Hal tersebut ditandai dengan ketuntasan pada kompetensi inti, dasar, dan indikator pencapaian kompetensi, melalui tes evaluasi tertulis dan lisan. Sehingga, penelitian ini dapat memberikan informasi sebagai pertimbangan, pendukung, dan sumbangan pemikiran kepada berbagai pihak, dalam melakukan variasa metode pembelajara. Adapun temuan yang didapat dalam penelitian ini yaitu, metode <em>Card Sort</em> mampu untuk menjadi pengembangan metode pembelajaran dalam PAI. Di sisi lain metode ini juga dapat diterapkan pada mata pelajaran lain, dan sekaligus dapat diterapkan di semua kelas</p> Siti Khasana, Siti Afifah Adawiyah Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/31110 Tue, 24 Oct 2023 00:00:00 +0000 PRINSIP KECUKUPAN MATERI PEMBELAJARAN TERHADAP MAHASISWA SEMESTER 3 PAI UII DALAM MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN TAHUN AJARAN 2022- 2023 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/31127 <p>Riset ini ingin menemukan sejauh mana Prodi Pendidikan Agama Islam mempertimbangkan prinsip kecukupan pembelajaran dalam kebijakan akademiknya&nbsp;serta mengetahui penyebab&nbsp;adanya&nbsp;mahasiswa yang belum memenuhi prinsip kecukupan materi pembelajaran bisa mengambil matakuliah lanjutan. Pentingnya riset ini adalah untuk memeberikan kontribusi dalam bidang keilmuan, khususnya dalam ilmu penerapan kurikulum mengenai prinsip kecukupan pembelajaran yang diterapkan prodi pendidikan agama islam dalam melaksanakan rancangan pembelajarannya. Riset ini adalah riset kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data megunakan teknik&nbsp; Observasi, wawancara dan dokumentasi. Riset ini ingin menjawab dua hal penting yaitu : cakupan kedalaman materi dan ketepatan prosedur. Berdasarkan penelitian di temukan bahwa pada tataran implementasi terjadi ketidakselarasan prinsip kecukupan materi pembelajaran yang di berikan kepada mahasiswa semester 3 Prodi PAI pada tahun ajaran tersebut. Oleh sebabnya pada tataran&nbsp; implementasi prinsip kecukupan materi pembelajaran tersebut perlu di kaji ulang. Adapun penyebab terjadi ketidakselarasan&nbsp; adalah di karenakan empat hal utama yaitu: Kesalahan prodi dalam mempertimbangkan materi pembelajaran serta mata kuliah yang akan di berikan, sistem KRS, peralihan kurikulum serta keterlambatan sosialisasi</p> Almuhaimin, Alam Al Akbar, Edi Safitri Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/31127 Tue, 24 Oct 2023 00:00:00 +0000 ANALISIS KAUSALITAS DISPENSASI NIKAH DI PONOROGO TERHADAP KEHIDUPAN RUMAH TANGGA DALAM TINJAUAN MAQASHID ASY-SYARIAH https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/31150 <p>Problematika dispensasi nikah menjadi sebuah problematika yang kasusnya terus naik dari waktu ke waktu, khususnya di Ponorogo. Jumlah kasus yang bocor ke media sosial menjadikan kasus dispensasi di Ponorogo marak diperbincangkan. Disebutkan dalam data bahwa jumlah kasus pada tahun 2019 sebanyak 97 kasus, tahun 2018 sebanyak 241, lalu tahun 2021 sebanyak 266 kasus. Namun daripada itu, kompleksitas problematika dispensasi nikah harus terus ditinjau ulang. Pertama, mengenai pentingnya pembatasan usia pernikahan dalam undang-undang, sedangkan Islam sendiri tidak membatasi hal tersebut. Kemudian tentang perubahan undang-undang yang mengatur pembatasan usia tersebut, dimana terdapat peningkatan usia minimal dan penyetaraan usia pernikahan calon pasangan. Kedua, mengenai perincian ‘alasan mendesak’ pengajuan dispensasi nikah yang disebutkan dalam undang-undang. Generalisasi frasa ‘alasan mendesak’ ini memicu subyektivitas penilaian dalam pemberian dispensasi nikah, perbedaan interpretasi hukum, konsistensi regional atau local, serta kebijakan yang bertentangan. Untuk itu, faktor-faktor yang melatarbelakangi dispensasi nikah akan dikaji ulang. Ketiga, mengenai implikasi diberikannya dispensasi nikah setelah pertimbangan hakim. Semua problematika itu kemudian ditinjau dalam Maqashid asy-Syariah Al-Syathibi, dimana terdapat sisi dharuriyat, hajiyat, dan tahsiniyat. Dari penelitian yang telah dilakukan, penulis menemukan bahwa pemberian dispensasi nikah oleh hakim sudah sesuai dengan peraturan yang sudah ada, serta memerhatikan maslahah dan mafsadat. Namun lebih jauh, penulis menganjurkan ‘alasan mendesak’ yang disebutkan oleh undang-undang harus segera diperinci, guna menekan angka dispensasi nikah dan menghindari problematika yang telah disebutkan</p> Faisal Ahmad Ferdian Syah , Fatimah Azzahra, Mukhsin Achmad Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/31150 Mon, 30 Oct 2023 00:00:00 +0000 MITIGASI BANJIR ROB DI KOTA PEKALONGAN DALAM PERSPEKTIF FIKIH LINGKUNGAN https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/31152 <p>Kota dan Kabupaten Pekalongan merupakan salah satu dari wilayah yang berada di pantai utara jawa, dengan keadaan yang langsung berhadapan dengan laut jawa, ancaman banjir rob selalu menjadi bagian penting dalam perjalanan sejarah Pekalongan. Pada tahun 2018 wilayah kota pekalongan tersentuh angka 30-40% berubah menjadi lautan, genangan air yang menyebar hingga ke pemukiman warga, bahkan air laut bisa menembus jauh dari bibir pantai yang meluap melalui sungai-sungai di sekitarnya. Mitigasi dan pencegahan rutin menjadi agenda pemerintah kota maupun provinsi, segala cara di upayakan namun hasil selalu kurang maksimal. Peneliti mencoba memberikan solusi bagaiaman mitigasi pencegahan banjir rob di daerah pesisir pantai utara jawa (PANTURA) khususnya kota dan kabupaten Pekalongan dengan konsep-konsep fikih lingkungan, menyatukan berbagai perspektif ideal dengan Islamic Worldview sebagai ide utamanya</p> Abdul Khaliq Napitupulu, Muhammad Miqdam Makfi Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/31152 Mon, 30 Oct 2023 00:00:00 +0000 ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA YOGYAKARTA DALAM BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN QRIS https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/31153 <p>Digitalisasi menciptakan kemudahan berbelanja dengan inovasi pembayaran berbentuk digital. Salah satu alat pembayaran digital yang paling sering ditemui di sekitar kampus Yogyakarta adalah QRIS. Keputusan seseorang memilih QRIS sebagai alat pembayaran saat bertransaksi dipengaruhi oleh banyak variabel. Penelitian ini ingin menganalisis variabel persepsi performance atau kinerja, persepsi effort atau usaha, dan persepsi security atau keamanan dalam mempengaruhi minat seseorang dalam menggunakan QRIS saat bertransaksi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa jenjang sarjana (S1) yang berkuliah di kampus Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta yang ada di Yogyakarta. Sampel yang didapatkan melalui penyebaran kuesioner online sebanyak 96 mahasiswa yang berasal dari UII, UGM, UNY, UIN SUKA, UAD, USD, dan IIQ An-NurYogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial persepsi kinerja memiliki pengaruh terhadap minat mahasiswa Yogyakarta dalam menggunakan QRIS saat bertransaksi. Namun demikian, persepsi effort atau usaha dan security atau keamanan secara parsial tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa Yogyakarta dalam menggunakan QRIS untuk bertransaksi. Ketiga variabel penjelas mampu menjelaskan variasi variabel minat penggunaan QRIS dalam bertransaksi sebesar 20,1 %</p> Deaz Aurellia Febrilianda, Istiqomah, Rakhmawati Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/31153 Mon, 30 Oct 2023 00:00:00 +0000 UPAYA STAKEHOLDER SEKOLAH DALAM MENGOPTIMALKAN POTENSI BELAJAR PESERTA DIDIK DI BRAINY BUNCH INTERNATIONAL ISLAMIC MONTESSORI SCHOOL MALAYSIA https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/31154 <p><em>Stakeholder </em>sekolah yang aktif dalam setiap lapisan masyarakat sekolah akan berdampak pada mudahnya tujuan pendidikan tercapai sehingga lembaga tersebut dapat berkembang dan semakin maju. Brainy Bunch <em>International Islamic </em>Montessori <em>School </em>Malaysia sebagai lembaga pendidikan Islam internasional memiliki manajemen yang sangat baik dan sistematis. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan metode deskriptif dan pendekatan lapangan. Informan dalam penelitian ini adalah <em>stakeholder </em>atau para pemangku kebijakan dalam lembaga pendidikan terkait yang meliputi <em>Chief Excecutive Officer</em>, Kepala Sekolah, dan Wakil Kepala Sekolah di Brainy Bunch. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah dengan teknik <em>Purposive Sampling.</em> Dalam pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan teknik model Mattew B. Miles dan A Michel Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verivikasi atau penyimpulan data. Dan adapun teknik keabsahan data yaitu Triangulasi data pada teknik analisis data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya <em>stakeholder </em>sekolah dalam mengoptimalkan potensi peserta didik di Brainy Bunch terupayakan dengan baik sejalan dengan nilai-nilai Islam dan Montessori, yaitu dengan menerapkan kebijakan yang tidak diskriminatif, merancang pembelajaran dengan pendekatan personal, melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada siswa, melaksanakan penilaian secara deskriptif pada masing-masing siswa, dan memfasilitasi berbagai aktivitas dalam pengembangan seni. Dengan demikian peserta didik benar-benar dapat maksimal dalam mengoptimalkan potensi belajar dalam setiap dirinya. Dan sebagai hasil dan capaian hal tersebut dapat dilihat bahwa di Brainy Bunch setiap peserta didik memiliki potensi yang beragam dan <em>expert </em>di bidangnya masing-masing</p> Utami Qonita Rahmi, Mir’atun Nur Arifah Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/31154 Mon, 30 Oct 2023 00:00:00 +0000