Analisis Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Pengembangan Profesi Pustakawan UII

Sungadi Sungadi(1*)
(1) Universitas Islam Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI : 10.20885/unilib.vol8.iss1.art1

Abstract

Riset ini menganalisis tentang kepercayaan diri pustakawan Universitas Islam Indonesia (UII) dalam menjalani profesinya. Subjek penelitian ini adalah pustakawan UII sebanyak 27 orang yang berada di berbagai unit kerja antara lain: di Direktorat Perpustakaan UII, Fakultas Ekonomi UII dan Fakultas Hukum UII. Selama ini profesi pustakawan masih dianggap sebagai profesi kelas dua oleh sebagian masyarakat, sementara itu bagi pustakawan sendiri masih ada sebagian kecil pustakawan yang belum “bangga” dengan profesinya. Dengan penelitian ini, akan diketahui seberapa besar/tinggi kepercayaan diri pustakawan UII dalam statusnya sebagai pustakawan. Hasil riset memberikan gambaran bahwa tingkat kepercayaan diri pustakawan UII dalam menjalani profesi pustakawan berada pada posisi tinggi sebesar 68%. Tingkat pengembangan karir pustakawan UII berada pada posisi tingkat sedang sebesar 50%. Berdasarkan hasil uji korelasi, dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam riset ini menolak hiphotesis yang menyebutkan bahwa terdapat pengaruh antara kepercayaan diri dengan pengembangan profesi pustakawan UII dalam menjalani profesinya. Tingkat korelasi antara kepercayaan diri dengan pengembangan profesi pustakawan UII adalah sebesar 30% (0,300). Artinya pengaruh pengembangan karir pustakawan dari kepercayaan diri hanya sebesar 30% saja, sementara masih ada faktor di luar kepercayaan diri sebesar 70% yang mempengaruhi pengembangan karir pustakawan. Faktor lain di luar kepercayaan diri tersebut antara lain: (1) adanya tugas ganda bagi pustakawan sehingga pekerjaan kepustakawanan hampir tidak tersentuh; (2) adanya program pelatihan dan peningkatan pendidikan yang lebih tinggi bagi pustakawan di bidang kepustakawanan; (3) adanya motivasi yang tinggi bagi pustakawan juga dapat mempengaruhi peningkatan profesi pustakawan; (4) lingkungan kerja yang kondusif; dan (5) adanya kepemimpinan profetik yang diberlakukan di lembaga dimana pustakawan mengembangkan profesinya.

Article Statistic

Abstract view : 54 times
PDF views : 295 times

Dimensions Metrics

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :