Evaluasi Pelaksanaan Praktik Menelusur Literatur (Literature Searching) Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Angkatan 2015/2016 Di Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada

Sukirno Sukirno(1*), Mukhotib Mukhotib(2)
(1) Universitas Gadjah Mada
(2) Universitas Gadajh Mada
(*) Corresponding Author

Abstract

Fakultas Kedokteran UGM memulai sejarah baru dengan memberlakukan strategi pembelajaran, pendidikan belajar berdasarkan masalah. Pelaksanaan inovasi pendidikan menekankan pada pemberian sarana-sarana belajar peserta didik aktif mandiri, bebas dalam menggali dan mensitesis kompentensi ilmu, ketrampilan, sikap perilaku, kepribadian profesi, psikomotor, dan afektif. Melalui pendekatan ini mahasiswa diharapkan mampu memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk web site. Satu diantara sarana untuk mendukung suksesnya inovasi pembelajaran di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada adalah tersediannya sumber-sumber belajar yang memadai, yaitu ketersediaan referensi di perpustakaan. Perpustakaan Fakultas Kedokteran UGM secara langsung dilibatkan dalam proses pembelajaran bagi mahasiswa Program Studi Ilmu Kedokteran, yaitu dengan memberikan praktik menelusur literatur (literature searching) pada blok A.1. pada topik “Being a Medical Student and Locomotor System”. Untuk itu guna mengetahui proses pelaksanaan praktek menelusur literature tersebut, maka dilakukan penelitian ini. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi pelaksanaan praktek menelusur literatur (literature searching) pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter angkatan 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ni adalah metode kuantitatif dengan populasi Mahasiswa Pendidikan Dokter angkatan 2015/2016 sebanyak 273, sedang yang menjadi sampel 100 mahasiswa. Variabel dalam penelitian ini, meliputi, (1) pemateri, (2) materi dan metode pelatihan, (3) waktu pelaksanaan, dan (4) manfaat. Hasil evaluasi    praktik menelusur literatur berdasarkan penelitian ini dikategorikan baik dengan nilai rata-rata skor 86,17 %. Adapun rekomendasi penelitian ini adalah praktek menelusur literatur, penyampaian materi dibuat lebih menarik dan lebih interaktif dengan diperbanyak untuk praktik menelusur.

Article Statistic

Abstract view : 42 times
PDF views : 37 times

Dimensions Metrics

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :