Sinergitas Perpustakaan Dalam Membangun Komunikasi Ilmiah (Scholarly Communication) Pada Era Digital

Hartono Hartono(1*)
(1) Universitas Bung Karno Blitar
(*) Corresponding Author
DOI : 10.20885/unilib.vol7.iss1.art6

Abstract

Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (lPTEK) antara lain ditandai membanjirnya informasi (information explotions). Adanya berbagai invasi dalam abad modem ini telah membawa kemajuan berbagai praktek penelitian dari berbagai disiplin ilmu. ltu semua muncul karena adanya kegiatan komunikasi ilmiah. Proses komunikasi ilmiah merupakan proses penyampaian pesan antara komunikan dan komunikator pada tataran tradisi akademik ilmiah yang melibatkan berbagai komponen mulai dari pencipta informasi (ilmuwan, pengarang, inventor) kepada pengguna informasi. Komunikasi ilmiah juga melibatkan berbagai komponen pendukung semacam penerbit, penjual, agen dan toko buku, organisasi, perpustakaan, pusat dokumentasi, dan dukungan teknologi informasi. Mengkaji tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Perpustakaan Proklamator Bung Karno, bahwa perpustakaan sebagai lembaga!institusi yang bertugas dalam menghimpun, mengelola, mengembangkan, melestarikan, mendayagunakan, dan melayankan koleksi perpustakaan Bung Kamo. Dalam upaya membangun akses informasi, koleksi perpustakaan Bung Kamo terdiri dari berbagai media textual maupun digital. Kemudian ditinjau penyebaran koleksi Bung Kamo tersebar di seluruh Indonesia dan berbagai negera didunia. Dalam upaya mengembangkan komunikasi ilmiah yang lebih maksimal maka Perpustakaan Proklamator Bung Kamo membangun sinergitas dan penguatan peran sebagai berikut: Pertama, perpustakaan Bung Kamo perlu membangun sinergi infrastruktur komunikasi ilmiah yang melibatkan berbagai komponen pendukung semacam penerbit, penjual, agen dan toko buku, organisasi, perpustakaan, dan pusat dokumentasi. Kedua, perpustakaan perlu penyediakan infrastruktur untuk publikasi dengan akses terbuka (open access), koleksi e-resources pada akses ke jumal ilmiah khususnya subjek Bung Kamo. Ketiga, perpustakaan perlu membangun tempat penyimpanan (repositories) yang menyediakan akses pada arsip data serta dokumen digital yang dihasilkan dari karya-karya penelitian untiJk kepentingan penelitian tentang Sukamologi. Keempat, perpustakaan perlu mengoptimalkan peran dan fungsi perpustakaan untuk mendukung kegiatan riset tentang Sukarno.

Keywords


perpustakaan, komunikasi ilmiah dan Era lnformasi

Article Statistic

Abstract view : 49 times
PDF views : 66 times

Dimensions Metrics

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :