Distribution Of The Difference Of Two Independent Poisson Random Variables And Its Application To The Literate Population Data

Atina Ahdika(1),
(1) 

Abstract


Kajian mengenai distribusi dari suatu fungsi peubah acak, khususnya mengenai distribusi dari jumlah dua atau lebih peubah acak, sudah banyak dilakukan. Sedangkan kajian mengenai distribusi dari selisih dua peubah acak masih jarang dilakukan, terlebih pada peubah acak-peubah acak diskrit. Penelitian ini berfokus pada penurunan distribusi selisih dua peubah acak Poisson yang saling bebas. Metode yang digunakan untuk menentukan distribusi tersebut adalah metode fungsi pembangkit momen dan metode fungsi massa peluang. Karakteristik-karakteristik dari distribusi diturunkan melalui sifat-sifat dari momen ke- k ; khususnya dari momen pertama hingga momen keempat. Selanjutnya, distribusi dari selisih dua peubah acak Poisson yang saling bebas ini akan dibandingkan dengan distribusi Poisson Difference (PD) yang diturunkan oleh Alzaid dan Omair (2010) atau dikenal juga dengan nama distribusi Skellam. Parameter-parameter dari distribusi diestimasi menggunakan metode momen dan maksimum likelihood. Aplikasi pada data penduduk melek huruf dilakukan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai distribusi tersebut.

Keywords


distribusi Poisson, distribusi Poisson Difference, fungsi pembangkit momen, fungsi massa peluang, metode momen, metode maksimum likelihood.

Full Text:

PDF
: https://doi.org/10.20885/eksakta.vol14.iss1-2.art7

Jurnal Eksakta
Published by: 
 Faculty of Mathematics and Natural Science
Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta

Creative Commons License

Jurnal EKSAKTA is licensed under a Creative Commons Attribution ShareAlike 4.0