"http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd"> Kebijakan Pertanian dan Tanaman Pangan | Dewanta | Economic Journal of Emerging Markets

Kebijakan Pertanian dan Tanaman Pangan

Awan Setya Dewanta, Edy Suandi Hamid, Unggul Priyadi, Diana Wijayanti

Abstract


Kebijakan pertanian pangan belum mengalami perubahan sejak masa orde lama hingga sekarang. Kebijakan pertanian pangan masih diprioritaskan pada swasembada pangan (beras). Akibatnya adalah keswasembadaan tersebut memiliki arti politis karena dilakukan dalam rangka penghematan devisa, pengadaan pangan yang murah, dan mengendalikan inflasi. Kondisi ini memberikan dampak yang kurang menguntungkan bagi petani padi yang menganggap padi merupakan komoditi ekonomi sebagaimana komoditi pertanian lainnya.

Untuk tetap mengembangkan pertanian pangan, kebijakan pertanian pangan tidak dapat terlepas dari kebijakan pertanian secara keseluruhan dan kebijakan makro-ekonomi. Kebijakan makro di negara-negara berkembang terbukti mengurangi net protection yang diperoleh dari kebijakan pertanian (kebijakan langsung), dan terjadi diskriminasi kebijakan terhadap pertanian.


Keywords


kebijakan pertanian, tanaman pangan

Full Text:

PDF

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM


Economic Journal of Emerging Markets (EJEM)
ISSN 2086-3128 (print), ISSN 2502-180X (online)
Published by:
Center for Economic Studies, Department of Economics,
Universitas Islam Indonesia, Indonesia.

Creative Commons License
EJEM by http://journal.uii.ac.id/index.php/JEP/ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.