Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari model pelayanan spiritual di Rumah Sakit Umum. Sebagai tempat penelitian adalah RSU PKU Muhammadiyah. Penelitian yang bersifat survei ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan penyebaran angket. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif maupun deskriptif statistik.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Sebagian besar pasien sangat membutuhkan pelayanan rohani dan mereka mempunyai keyakinan bahwa pelayanan rohani dapat membantu proses kesembuhan; (2) Diharapkan pelayanan rohani dilaksanakan oleh petugas khusus (rohaniwan), tetapi para profesional seperti dokter, psikolog dan perawat juga diharapkan oleh pasien untuk memberikan sentuhan rohani dalam melaksanakan tugas (3) Sebagian besar pasien meningkat frekuensi berdoa ketika sakit (4) Ada perbedaan frekwensi berdoa antara pria dan wanita ketika sakit. Wanita lebih sering berdoa dibandingkan dengan pria (5) Ada perbedaan antara kebutuhan pelayanan rohani antara pria dan wanita. Pria lebih membutuhkan pelayanan rohani daripada wanita (6) Tidak ada korelasi antara tingkat pendidikan dengan keyakinan bahwa pelayanan rohani dan doa dapat membantu proses kesembuhan.

 Berdasarkan penelitian di RSU PKU Muhammadiyah ini sebuah model pelayanan rohani di rumah sakit umum telah disusun. Oleh karena itu penelitian menyarankan agar unit pelayanan rohani perlu diperhatikan dan dikembangkan di setiap Rumah Sakit Umum.

 

Kata Kunci    :   Model pelayanan spiritual, Pasien rawat inap, Rumah sakit umum

 

 

Article Details