Main Article Content

Abstract

Ada 2 jenis fuell cell yang sedang dikembangkan di BPPT yaitu: Proton Exchange Membrane Fuel Cell (PEMFC) yang berbahan bakar hidrogen dan Direct Methanol Fuel Cell (DMFC) yang berbahan bakar metanol. Pemilihan pengembangan jenis ini adalah material komponennya mudah didapat dan karena menggunakan komponen utama yang lebih sederhana dan memiliki potensi lokal cukup strategis. Sistem fuel cell secara umum sama dengan baterai (accu) biasa yaitu energi listrik yang dihasilkan secara elektrokimia yang semua bagian unit baterainya berbentuk padat, dan elektrolitnya adalah polimer membran yang menghantarkan proton. Dalam proses ini terjadi reaksi bahan bakar (air, gas alam, alkohol, hidrokarbon) dan oksidator (oksigen dari udara) menjadi tenaga listrik, air dan panas. Sistem perubahan energi ini merupakan clean-technology system yang ramah lingkungan. Dalam makalah ini akan dibahas status pengkajian dan penerapan saat ini di BPPT masih pada penerapan fuel cell pada kendaraan sepeda motor 500 Watt dan akan dikembangkan ke otomotif.

Kata Kunci : Proton Exchange Membrane Fuel Cell, Hydrogen, Otomotif.

Article Details