"http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd"> PERENCANAAN FILTER PASIF UNTUK MENGURANGI HARMONIK PADA INVERTER | - | Prosiding Seminar Nasional Teknoin

PERENCANAAN FILTER PASIF UNTUK MENGURANGI HARMONIK PADA INVERTER

Erhaneli -, Junaldi -

Abstract


Sumber utama harmonik dalam sistem tenaga listrik adalah beban non linear, beban non-linear adalah beban yang menarik gelombang arus tidak sinusoidal pada saat dicatu oleh sumber tegangan sinusoidal. Inverter merupakan salah satu sumber harmonik, apabila terdapat arus yang terdistorsi akibat adanya beban non-linear maka jatuh tegangan di saluran juga terdistorsi sehingga terjadi perambatan harmonik dalam sastem tenaga listrik yang dapat mengganggu unjuk kerja .

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik harmonik yang diakibatkan oleh inverter sebagai pengendali motor induksi dan merencanakan filter pasif untuk mengurangi harmonik yang sesuai dengan karakteristik harmonik yang terjadi. Dari hasil pengukuran harmonik yang terjadi melebihi standar yang telah ditetapkan dengan harmonik tertinggi terjadi pada orde harmonik ke-2 dan frekuensi cut-off = 100 Hz. Dan darii hasil perhitungan dan analisa data maka nilai-nilai komponen filter pasif yang optimal untuk dapat mengurangi harmonik yakni nilai induktansi L = 84 mH dan capasitansi C = 30 μF.

 

Kata Kunci : Beban non-linear, inverter, filter pasif


Full Text:

PDF