Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, pendapatan dan akses media informasi terhadap minat calon waqif berwakaf pada instrumen wakaf uang berjangka. Pemilihan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling, dengan kriteria yaitu masyarakat muslim Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang beragama Islam yang sudah bekerja atau berpenghasilan, dengan kategori usia mulai dari 20 tahun keatas. Metode penelitiaan yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis menggunakan uji T, uji F, serta uji koefisien determinasi. Berdasarkan 150 sampel yang diteliti, menunjukkan hasil bahwa 3 variabel yang diteliti yaitu pengetahuan, dan akses media informasi memengaruhi minat calon waqif dalam memilih wakaf uang berjangka secara positif dan signifikan. Hasil tersebut dapat diartikan bahwa semakin tinggi pengetahuan dan akses media informasi maka akan meningkatkan minat calon waqif dalam memilih wakaf uang berjangka.
Keywords: Wakaf Uang Berjangka, Pengetahuan, Pendapatan, Akses Media Informasi, Minat.