Main Article Content

Abstract

Pengetahuan tentang produk dan reputasi bank menjadi faktor penting dalam menentukan minat nasabah untuk bermitra dengan lembaga. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh pengetahuan produk dan reputasi terhadap minat masyarakat menabung di BSI. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini melalui analisis regresi linear berganda menggunakan data timeseries. Hasil penelitian bahwa variabel pengetahuan masyarakat tentang bank syariah mempengaruhi sikap masyarakat memilih produk yang ditawarkan, sehingga semakin baik pengetahuan masyarakat mengenai perbankan syariah maka akan meningkatkan minat menjadi nasabah, demikian pula sebaliknya. Sementara, pada variabel reputasi bank syariah berpengaruh positif terhadap Keyakinan Nasabah dalam memilih bermitra di bank syariah. Riset ini mengindikasikan bahwa reputasi perusahaan menjadi alasan nasabah dalam mempertahankan hubungannya dengan perusahaan. Nasabah akan tetap menggunakan jasa perusahaan dan memiliki keyakinan menabung yang kuat pada perusahaan terkait apabila perusahaan memiliki reputasi yang baik.


Keywords: Pengetahuan nasabah, Reputasi Bank, Bank Syariah

Keywords

pengetahuan nasabah reputasi bank bank syariah

Article Details

How to Cite
Masin, M., & Hasanah, A. (2023). Pengetahuan Produk dan Reputasi Bank Serta Pengaruhnya Terhadap Minat Masyarakat Menabung Di Bank Syariah Indonesia. ABHATS: Jurnal Islam Ulil Albab, 4(1), 28–38. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/Abhats/article/view/29101