Main Article Content

Abstract

Syariah merupakan gaya hidup yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia karena memiliki penduduk mayoritas muslim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mengembangkan bisnis syariah di kalangan generasi muda khususnya mahasiswa. Ada tiga faktor yang dianalisis dalam penelitian ini, yaitu ekspektasi pendapatan, lingkungan keluarga, dan pendidikan kewirausahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berbasis kausal komparatif dan analisis yang dilakukan pada seluruh populasi. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Ekonomi Islam Universitas Islam Indonesia angkatan 2016 dan 2017 sebanyak 101 mahasiswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner atau kuesioner yang diberikan kepada seluruh populasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ekspektasi Penghasilan berpengaruh positif terhadap Minat Bisnis Syariah. Begitu juga dengan lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap minat bisnis syariah. Sedangkan Pendidikan Kewirausahaansan berpengaruh terhadap Minat Bisnis Syariah dan secara simultan Ekspektasi Penghasilan, Lingkungan Keluarga, dan Pendidikan Kewirausahaan berpengaruh terhadap Keputusan Bisnis Syariah.

Keywords

Ekspektasi Pendapatan Lingkungan Keluarga Pendidikan Kewirausahaan Bisnis Syariah

Article Details

How to Cite
Indranata, C. J., & Safitri, J. (2022). Pengembangan Bisnis Berbasis Syariah: Studi Empiris Pada Entrepreneur Muda. ABHATS: Jurnal Islam Ulil Albab, 3(1), 33–48. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/Abhats/article/view/29250