Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari dari variabel Korean wave, kesadaran halal, dan literasi halal terhadap minat beli produk makanan Korea bulgogi. Populasi di dalam penelitian ini adalah generasi Z yang berada di D.I. Yogyakarta sebanyak 100 responden dengan metode pengambilan sampel purposive sampling. Metode pengambilan data pada penelitian ini menggunakan sebaran kuesioner yang disebarkan kepada seluruh populasi menggunakan google form. Metode analisis yang digunakan pada data menggunakan analisis linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Korean wave berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli makanan Korea Bulgogi. Kemudian variabel kesadaran halal tidak berpengaruh secara positif dan tidak signifikan terhadap minat beli produk makanan Korea Bulgogi. Namun variabel literasi halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli produk makanan Korea Bulgogi. Sedangkan secara simultan, Korean wave, dan literasi halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli makanan Korea bulgogi, dan kesadaran halal tidak berpengaruh terhadap minat beli produk makanan Korea Bulgogi.


Keywords: Korean wave, kesadaran halal, literasi halal, minat beli, Generasi Z

Keywords

Korean wave kesadaran halal literasi halal minat beli Generasi Z

Article Details

Author Biography

Fitri Eka Aliyanti, Program Studi Ekonomi Islam, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Indonesia

SINTA: http://sinta.ristekbrin.go.id/authors/detail?id=6697716&view=overview

Google Scholar: https://scholar.google.com/citations?hl=id&user=4tGwjF0AAAAJ

ResearchGate: https://www.researchgate.net/profile/Fitri_Eka_Aliyanti

How to Cite
Putra, A. Y. ., & Aliyanti, F. E. (2024). Korean Wave, Kesadaran Halal dan Literasi Halal Pada Konsumen Makanan Korea: Studi Kasus Generasi Z di Yogyakarta. ABHATS: Jurnal Islam Ulil Albab, 5(1), 36–48. https://doi.org/10.20885/abhats.vol5.iss1.art3