Main Article Content

Abstract

This research conducts a critical examination of Tafsir al-Qummi by ‘Ali bin Ibrahim al-Qummi (d. 307 H), a foundational work representing the narrative consolidation phase of Imami Shi’ism in the Classical Era. The paper argues that Tafsir al-Qummi, written amid political oppression and the Occultation, successfully established the Shi’i theological and fiqhi identity by positioning Ahlulbayt traditions as the primary exegetical authority. However, its near-exclusive reliance on pure narration (riwā'ī) renders it vulnerable to authenticity critiques. This critical study employs Tafsir al-Mizan by Sayyid Muhammad Husain Tabataba’i (d. 1402 H) as a methodological benchmark. Al-Mizan represents the modern phase, which prioritizes the synthesis of intellect and text (Al-Qur’an bi Al-Qur’an). A comparative analysis of three crucial case studies, the Verse of Wilāyah (Q 5:55), the law of Mut’ah (Q 4:24), and gender relations (Qawwāmah) (Q 4:34), reveals an epistemological shift. It is found that while Al-Qummi focuses on narrative and ideological assertion, Al-Mizan maintains the Shi’i doctrinal conclusions but revolutionizes the process by providing philosophical, sociological, and rational justifications. This evolution marks a shift in exegetical authority from a historical-traditional basis to a universal-intellectual one within the Imami Shi’i tradition.


[Penelitian ini melakukan telaah kritis terhadap Tafsir al-Qummi karya ‘Ali bin Ibrahim al-Qummi (w. 307 H), sebuah karya fundamental yang merepresentasikan fase konsolidasi riwayat Syiah Imamiyah di Era Klasik. Makalah ini berargumen bahwa Tafsir al-Qummi, yang ditulis di tengah tekanan politik dan Ghaibah, berhasil menegakkan identitas teologis dan fikih Syiah dengan menempatkan riwayat Ahlulbait sebagai otoritas penafsiran utama. Namun, ketergantungannya yang nyaris total pada narasi murni (riwa’i) menjadikannya rentan terhadap kritik otentisitas hadis. Telaah kritis ini dilakukan dengan menggunakan Tafsir al-Mizan karya Sayyid Muhammad Husain Thabathaba'i (w. 1402 H) sebagai tolok ukur metodologis. Al-Mizan mewakili fase modern yang memprioritaskan sintesis akal dan teks (Al-Qur'an bi Al-Qur'an). Analisis komparatif atas tiga studi kasus krusial, Ayat Wilayah (QS 5:55), hukum Mut'ah (QS 4:24), dan relasi gender (Qawwāmah) (QS 4:34), menunjukkan sebuah pergeseran epistemologis. Ditemukan bahwa sementara Al-Qummi berfokus pada penegasan naratif dan ideologis, Al-Mizan mempertahankan kesimpulan doktrinal Syiah tetapi merevolusi prosesnya dengan memberikan justifikasi filosofis, sosiologis, dan rasional. Pergeseran ini mencerminkan evolusi otoritas penafsiran dari basis historis-tradisional ke basis universal-intelektual dalam tradisi Syiah Imamiyah.]

Keywords

Tafsir Al-Qummi Tafsir Al-Mizan Tafsir Riwa’i Imamiyah

Article Details

How to Cite
Haikal, M. A. (2025). Consolidation of Shia History in the Classical Era: A Critical Study of Al-Qummi’s Interpretation: Konsolidasi Riwayat Syiah di Era Klasik: Telaah Kritis terhadap Tafsir Al-Qummi . ABHATS: Jurnal Islam Ulil Albab, 6(2), 291–302. https://doi.org/10.20885/abhats.vol6.iss2.art14