Main Article Content

Abstract

Latar belakang: Nefrokalsinosis (NK) mengacu pada pengendapan deposisi kristal seperti kalsium oksalat (CaOx) atau kalsium fosfat (CaPi) di dalam korteks ginjal atau medula dan berhubungan dengan batu saluran kandung kemih (BSK). Modalitas pencitraan ditentukan oleh kondisi klinis dan kecurigaan adanya batu ureter atau ginjal. Kajian mengenai perbandingan evaluasi antar modalitas pada NK masih sangat minim, terutama ultrasonografi (USG) dengan foto polos.


Tujuan: untuk mengulas perbandingan gambaran modalitas USG dan foto polos abdomen pada NK karena kedua modalitas ini cukup terjangkau sehingga sering digunakan.


Metode:  Metode telaah konvensional kami meliputi: (1) Menelusuri kata kunci; (2) Melakukan seleksi 7 artikel; dan (3) Membaca 4 artikel inti secara mendalam


Hasil: Pada USG, karakteristik NK ditandai dengan kalsifikasi pada piramida ginjal, tepi piramida hyperechoic, dan bagian tengah yang lebih lusen. Sedangkan pada foto polos hanya memperlihatkan acoustic shadow posterior, yang setara dengan piramida hyperechoic pada USG. Meski demikian, foto polos abdomen dapat mengidentifikasi jenis batu, menilai ukuran batu, dan dapat digunakan untuk memantau perjalanan ukuran batu.


Simpulan: Kedua modalitas ini dapat saling melengkapi untuk pasien dengan NK, dimulai dengan USG dan foto polos abdomen untuk konfirmasi diagnosis dan kemudian foto polos abdomen untuk evaluasi perjalanan kondisi NK dari waktu ke waktu.

Article Details

Author Biographies

Prasetyo Budi Dewanto, Staf Medis Fungsional Radiologi, Rumah Sakit Soehadi Prijonegoro, Sragen, Indonesia

Head Departement of Radiology, Soehadi Prijonegoro Public Hospital, Sragen, Indonesia

 

 

Reza Ishak Estiko, Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Indonesia