Main Article Content

Abstract

Latar Belakang: Infeksi Saluran Pernapasan Akut merupakan masalah kesehatan utama di seluruh dunia, karena merupakan penyebab kematian dan penyakit yang tinggi, terutama pada balita dan anak-anak di Indonesia.Penyakit ini menular dengan gejala seperti batuk, sesak napas, dan pilek yang menyebar melalui droplet, dan pencegahannya sangat bergantung pada etika batuk dan bersin yang benar.


Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas intervensi edukasi tentang etika batuk dan bersin terhadap pengetahuan siswa kelas 5 SDN 03 Kemiri, Kabupaten Tangerang.


Metode: Penelitian ini menggunakan metode survei analitik quasi eksperimental dengan pendekatan cross sectional one group pretest-post test design pada Siswa Kelas 5 SDN 03 Kemiri, Kabupaten Tangerang. Sampel ditetapkan menggunakan teknik total sampling dengan jumlah sampel 48 orang siswa.


Hasil: Penyuluhan tentang etika batuk dan bersin di SDN 03 Kemiri menunjukkan peningkatan pengetahuan yang signifikan, dengan 58,3% siswa memperoleh nilai 80 dan 41,7% mencapai nilai 100 setelah penyuluhan. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan perbedaan signifikan antara Pre-Test dan Post-Test, dengan nilai signifikansi 0,000.


Simpulan: Tingkat pemahaman siswa kelas 5 SDN 03 Kemiri mengenai Etika Batuk dan Bersin masih kurang baik.  Setelah dilakukan intervensi, terdapat perubahan yang signifikan terhadap pengetahuan siswa dan siswi. Disarankan agar institusi pendidikan rutin mengadakan penyuluhan serupa di sekolah dasar untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan etika batuk dan bersin dalam kehidupan sehari-hari.


Kata Kunci: Efektivitas; Intervensi; Etika Batuk dan Bersin; Pengetahuan

Article Details