PELAYANAN PERPUSTAKAAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI (TI)

Widodo Widodo

Abstract

Tulisan ini membahas Pelayanan Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi (TI) di Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia (DP UII). Sebagai salah satu Perpustakaan Perguruan Tinggi DP UII telah menerapkan pelayanan berbasis TI dari berbagai kegiatan pelayanannya, meliputi ; 1. Layanan sirkulasi 2. Layanan ruang baca 3. Layanan refrensi
4. Layanan penelusuran informasi 5. Layanan e-Library 6. Layanan akses internet, Tujuan penerapan layanan berbasis informasi ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pemustaka. Metode yang dipakai dalam penyusunan tulisan ini adalah observasi partisipasi dalam kegiatan perpustakaan dan studi literature. Hasil yang didapatkan DP UII sudah
menerapkan pelayanan berbasis TI dengan program otomasi Simpus diberbagai unit pelayanan perpustakaan. Hal tersebut berdampak positif bagi pemustaka dan pustakawan, Karena pelayanan dapat dilaksanakan lebih cepat dan akurat, Sehingga kepuasan pemustaka dapat terwujud. Dengan adanya otomasi perpustakaan juga mempermudah tugas pustakawan dalam melayani pemustaka.

Keywords

pelayanan perpustakaan, Perpustakaan Perguruan Tinggi, Teknologi Informasi, DP UII

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 53 times
PDF - 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.